cara budidaya ikan guppy dan semua jenis

5+ Panduan Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula Sampai Panen

Panduan budidaya ikan Guppy atau yang dikenal dengan Poecilia Reticulata, dapat kamu pelajari sebagai salah satu budidaya ikan hias yang hidup di air tawar. Peluang bisnis ikan Guppy sangat tinggi karena merupakan jenis ikan paling favorit di dunia.

Ikan tersebut memiliki kemampuan adaptasi secara mudah karena bisa bertahan hidup pada berbagai tempat. Bahkan budidaya ikan Guppy juga tergolong salah satu prospek bisnis menguntungkan karena ikan tersebut mudah beranak.

Cara Budidaya Ikan Guppy Khusus Pemula

Cara Budidaya Ikan Guppy Khusus Pemula

Agar tahu lebih banyak tentang bagaimana cara budidaya ikan yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah tahun 1866 ini, maka kamu bisa mempelajari bagaimana cara budidaya Million Fish tersebut sebagaimana berikut:

1. Memilih indukan

Langkah pertama memulai budidaya ikan Guppy adalah memilih indukan terlebih dahulu. Hal ini penting karena kamu harus melewati proses perkawinan indukan supaya jumlah ikan terus bertambah. Ikan Guppy yang kamu budidayakan harus punya kualitas sehingga bisa memperoleh harga tinggi di pasaran.

Pilih indukan yang baik supaya kamu bisa mengawinkan indukan tersebut dan memperoleh bibit bermutu. Betina yang berkualitas mempunyai badan bulat sedangkan warnanya tampak kusam dan tindakannya pasif dalam air. Betina sering berdiam diri pada bagian dasar maupun permukaan akuarium. Sebaliknya, pada Guppy jantan pasti mempunyai warna lebih cerah dan tubuh lebih langsing.

Supaya memperoleh anakan Guppy berkualitas, pilih indukan Guppy yang mempunyai ciri tersebut dan berumur paling rendah 4 bulan. Perhatikan ciri-ciri indukan pada ikan Guppy yang bagus dengan tidak ada bopeng pada bagian badan ikan ataupun cacat. Indikator kesuksesan budidaya tersebut adalah ikan jantan Guppy.

2. Siapkan tempat pada budidaya ikan Guppy

Jika kamu sudah memilih indukan yang berkualitas, langkah selanjutnya mempersiapkan tempat budidaya ikan Guppy. Kamu bisa menggunakan ember atau akuarium dilengkapi dengan tanaman air dan aerator.

Fungsi tempat budidaya adalah sebagai tempat pemisahan antara indukan jantan maupun indukan betina sebagai media pemijahan, sebagai media telur, serta kolam pendederan. Luas maupun ukuran tempat budidaya ikan Guppy dapat kamu sesuaikan mengikuti jumlah juga kebutuhan budidaya.

Perhatikan situasi termasuk kepadatan habitat. Hindari meletakkan terlalu banyak ikan maupun bibit supaya jenis ikan ini bisa berenang secara leluasa. Tempat ideal dalam budidaya tersebut harus mempunyai ketinggian minimal 30cm.

3. Cara Budidaya Ikan Guppy – Pemisahan indukan

Cara budidaya ikan Guppy berikutnya adalah pemisahan antara ikan putih betina maupun ikan Guppy jantan sebelum meletakkan keduanya pada kolam pemijahan. Pemisahan Guppy jantan dan betina harus kamu lakukan dengan cara ganti air yaitu 1 sampai 3 hari sekali. Kemudian kamu bisa mengganti air tersebut sebanyak sepertiga dari volumenya.

Setelah melakukan pemisahan pada ikan jantan dan betina berikan pakan secara rutin. Pakan ikan Guppy yaitu biada dan berikan pakan sebanyak 2 kali setiap hari. Pemberian pakan secara rutin bisa membantu agar indukan bukti tetap sehat dan dalam kondisi baik ketika proses pemijahan.

4. Budidaya ikan Guppy – proses perkawinan

Setelah kamu memisahkan indukan jantan dan betina maka kamu bisa melakukan pemijahan atau proses perkawinan antara ikan tersebut. Caranya dengan menyediakan wadah pemijahan khusus dan isi dengan air bersih. Endapkan selama 1 hari supaya proses pemijahan berjalan lebih cepat.

Saat pagi harinya, Letakkan ikan Guppy betina pada tempat yang sudah terisi air bersih. Sedangkan sore harinya dapat kamu masukkan bumi jantan sehingga proses pemijahan akan berlangsung sekitar 4 hingga 7 hari.

Berikutnya kamu bisa memasukkan seluruh ikan Guppy dengan perbandingan 5 indukan betina dan 1 indukan jantan. Masukan ikan Guppy betina lebih banyak daripada ikan Guppy jantan dan dalam proses pemijahan nanti tempat tersebut sebaiknya bisa menampung hingga 30 ekor indukan.

Proses pemijahan bisa membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 minggu di. Tujuannya adalah sampai embrio Guppy benar-benar lahir. Perhatikan proses pemijahan supaya apabila tampak guppy betina telah mengalami pembuahan, pindahkan guppy betina tersebut pada wadah khusus

5. Penetasan benih Guppy

Cara budidaya ikan Guppy setelah proses pemijahan maka kamu harus memisahkan seluruh indukan yang telah melewati proses pembuahan. Kemudian isi air dan tambahkan aerasi untuk menciptakan tempat penetasan benih yang ideal.

Tempatkan seluruh Larva ikan Guppy secara hati-hati supaya tidak mengganggu. Buang sebanyak 1 per 3 air untuk pergantian air bersih setiap 1 hingga 3 kali sehari.

6. Cara Budidaya Ikan Guppy – Pendederan

Pada saat pendederan, maka kamu harus meletakkan ikan Guppy pada tempat terbuka supaya ikan Guppy bisa bertahan hidup. Tidak hanya tempat terbuka, kamu juga harus menggunakan wadah yang terkena sinar matahari supaya warna ikan dapat terbentuk.

Cara berikutnya yaitu dengan menyediakan beberapa tanaman air untuk tempat berteduh. Misalnya kamu bisa menambahkan eceng gondok maupun hidrila. Berikan pakan sesuai kebutuhan selama mendidih dan.

Anakan Guppy yang usia 5 hari bisa kamu berikan infusoria, sedangkan untuk anakan Guppy usia lebih dari 5 hari bisa kamu berikan udang renik atau kutu air. Apabila ikan putih sudah dewasa dan menyentuh usia 20 hari kamu bisa mengganti pakan tersebut dengan cacing sutra atau juga terkenal dengan sebutan cacing rambut.

Ikan Guppy dapat kamu ketahui jenis kelaminnya apabila sudah mencapai usia 20 hari. Sekarang kamu sudah mengetahui apa langkah budidaya ikan Guppy. Dengan cara tersebut kamu bisa sukses memulai bisnis ikan Guppy sebagai pemula.

Sebagai budidaya ikan hias maka prioritasnya berbeda dengan budidaya ikan konsumsi. Pada ikan hias, kamu harus memperhatikan kualitas ikan sehingga bukan kuantitas ikan yang harus kamu kejar. Jika kamu mampu menghasilkan ikan berwarna menarik dengan tubuh yang lucu, maka akan semakin mahal harganya di pasaran.

Macam-macam ikan Guppy

Jika kamu tertarik melakukan budidaya ikan Guppy, maka kamu wajib mengetahui apa saja macam-macam ikan Guppy yang dapat kamu budidayakan sebagaimana berikut:

Baca Juga : Sentra Tanaman Hias Miru Kedamean Gresik

1. Guppy setengah hitam

Guppy setengah hitam

Jenis ikan Guppy tersebut mempunyai warna setengah hitam. Misalnya merah hitam, biru hitam, pastel Hitam, ungu hitam, kuning hitam, dan lainnya.

2. Guppy Warna solid

Guppy Warna solid

Sama seperti namanya, Guppy Warna solid merupakan jenis ikan Guppy dengan satu warna pada bagian tubuh sampai siripnya. Guppy Warna solid bisa berwarna biru, merah, kuning, sampai hitam.

3. Guppy bicolor

Ikan Guppy bicolor punya 2 warna berbeda ada dengan warna dasar jelas seperti biru, atau hijau, maupun warna lain dengan corak ber proporsi 25% warna dasar serta tampak tidak sama dari warna dasar ikan Guppy.

4. Guppy koi

Guppy koi

Ikan mempunyai warna mirip koi dan bentuk badan tampak menggembung pada bagian perut. Guppy koi mempunyai ekor warna merah, tubuh putih, juga kepala merah. Seluruh warna tersebut dapat kamu temukan pada Guppy koi betina,

5. Guppy Mini Panda

Guppy Mini Panda

Jenis Guppy ini mempunyai variasi hitam dan putih mirip seperti panda. Warna hitam biasanya pada bagian sirip dan ekor sedangkan warna putih terdapat pada badan ikan. Guppy Mini Panda tampak lebih terang pada bagian warna ekornya jika dibandingkan dengan warna siripnya.

6. Guppy top swordtail

Guppy top swordtail

Mempunyai ekor tampak seperti pedang. Ekornya memanjang pada bagian salah satu sisi atas sehingga disebut dengan top swordtail. Kamu bisa memilih jenis ini sebagai cara budidaya ikan guppy.

7. Guppy albino

Guppy albino

Guppy albino punya warna putih tetapi dengan sedikit warna lain contohnya orangnya. Mata Guppy tersebut tampak merah maupun pink lembut dengan wajah sedikit pink. Jenis Guppy ini tampak elegan sehingga banyak digemari para pemburu ikan hias.

8. Guppy Hitam

Guppy Hitam

Guppy hitam mempunyai warna tubuh sirip sampai ekor warna hitam arang atau hitam pekat. Tidak ada warna sekunder tetapi beberapa diantaranya mempunyai corak lain selain hitam. Jika kamu lebih memilih budidaya Guppy hitam maka kamu harus fokus pada kepekatan warnanya.

9. Double sword Tail

Double sword Tail

Kamu juga bisa memilih double sword Tail sebagai salah satu budidaya ikan Guppy yang dapat kamu coba. Disebut double sword Tail karena pada bagian ekor jenis ikan tersebut tampak seperti pedang pada bagian atas dan bawah sehingga tampak seperti terbelah.

10. Guppi Moskow

Guppi Moskow

Dengan warna hijau Solid dan ekor panjang, ikan Guppy ini tampak mewah dan mempunyai variasi warna hijau, hitam, biru dan ungu.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *