Wisata Bahari Sontoh Laut Surabaya

Wisata Bahari Sontoh Laut Surabaya, 5 Fakta Menarik Ini Wajib Kamu Tahu

Wisata bahari sontoh laut Surabaya adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi apalagi saat pandemi covid 19. Diharapkan dapat mendorong pengembangan kampung nelayan sontoh laut pada Kelurahan tambak sarioso, Kecamatan Asemrowo sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang tersedia di Kota Surabaya.

Sebagaimana disampaikan oleh DPRD kota Surabaya yaitu Adi Sutarwijono, dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, besar harapan para pemuda pada kampung nelayan tersebut sebagai tim kreatif. Seharusnya mampu membangun kampung tersebut sebagai pengembangan wisata bahari.

Potensi Wisata Bahari Sontoh Laut Surabaya

Sebagai bagian dari DPRD, Adi Sutarwijono juga menyebutkan bahwa wisata bahari tersebut sama halnya seperti mutiara yang belum tergarap. Peran warga seperti kelompok sadar wisata akan membantu meningkatkan potensi kampung tersebut apalagi dengan adanya dukungan pelaku UMKM.

Selain untuk pembangkit ekonomi masyarakat, kedepannya wisata bahari sontoh laut Surabaya dapat berkembang sehingga dapat menyerap tenaga kerja masyarakat lokal. Hal ini karena tempat wisata tersebut mempunyai potensi dengan adanya hamparan pantai dan juga hutan mangrove yang dapat mereka kembangkan secara maksimal.

Baca Juga : Daftar 9 Wisata Panti di Kabupaten Gresik Paling Istimewa

Daya Tarik Wisata Bahari Sontoh Laut Surabaya

Daya Tarik Pesona Wisata Bahari Sontoh Laut Surabaya

Jika kamu penasaran apa saja yang dapat kamu temukan di Wisata Bahari Sontoh Laut Surabaya, berikut informasi yang wajib kamu simak:

1. Menyusuri Sungai Menuju Gazebo Tengah Laut

Menyusuri Sungai Menuju Gazebo Tengah Laut sontoh laut surabaya

Di lokasi, kamu bisa merasakan indah juga eksotisnya suasana apalagi saat menyusuri sungai. Kamu akan melewati berbagai pohon bakau untuk menuju ke sebuah Gazebo di tengah laut.

Apalagi saat senja, kamu bisa melihat burung-burung beterbangan. Matahari pun mulai bergerak turun secara perlahan ke peraduan barat. Semua hal tersebut dapat kamu nikmati di tempat wisata bahari sontoh laut. Lokasinya juga sangat sesuai Jika kamu ingin mencari kedamaian dari balik suasana kota Surabaya yang hiruk-pikuk.

Perairan laut berada pada area industri Margomulyo dan depo kontainer. Tidak jauh dari lokasi tersebut, kamu bisa melihat kawasan pelabuhan internasional teluk lamong dimana setiap senjanya penuh dengan hiasan lampu.

Kamu bisa meminta bantuan perahu perahu wisata yang siap membawa para wisatawan menyusuri sungai dan menikmati pantai hingga sampai ke arah Gazebo. Agar dapat menjadi destinasi wisata perairan Kota Surabaya, lokasi tempat wisata ini terus mendapatkan perhatian dari pemerintah kota.

2. Kombinasi Pemandangan Industri dan Alam Hutan Mangrove

Kombinasi Pemandangan Industri dan Alam Hutan Mangrove

Pada tahun 2019, terbentuklah pokdarwis yang diinisiasi oleh Sodiq Mahfudz, ketua kelompok sadar wisata atau pokdarwis dari sontoh laut tersebut menyadari betapa pentingnya membangun ekonomi masyarakat lokal.

Wilayah Kelurahan Brebes, Kecamatan Asemrowo yang merupakan lokasi wisata bahari sontoh laut Surabaya tersebut berada pada Kawasan Industri. 95% merupakan kawasan industri dan 5% adalah permukiman.

Dari wisata bahari sontoh laut Surabaya ini, masyarakat bisa bertahan hidup. Akan tetapi hasil tangkapan nelayan semakin tahun semakin turun karena berada dalam wilayah industri dengan berbagai isu termasuk limbah yang mempengaruhi jumlah hasil perikanan.

Sebagai ketua pokdarwis, ia menyadari bahwa tempat wisata bahari sontoh laut Surabaya yang masih belum terjamah dan belum ramai dari para wisatawan tersebut mempunyai kawasan perairan dengan keberadaan hutan mangrove yang masih bersih. Hal ini dibuktikan dengan adanya puluhan maupun ribuan burung dari berbagai jenis fauna memilih bertengger pada pepohonan mangrove.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk meningkatkan eksistensi dari contoh laut sebagai bentuk promosi seperti mengadakan upacara 17-an menggunakan latar belakang matahari terbit, hingga melakukan penanaman mangrove secara serentak. Bahkan perusahaan besar sudah mulai melirik contoh laut untuk menjadi program CSR dengan menawarkan berbagai macam fasilitas pelengkap sekaligus untuk mendukung setiap kegiatan dan mendorong UKM.

Salah satu hasil upaya dari pokdarwis untuk mempromosikan contoh laut adalah dengan keberadaan menara pandang dengan ketinggian 10,5 meter dan juga tambat laut yang sudah dapat digunakan oleh para wisatawan.

Dari menara pandang, para wisatawan dapat melihat aktivitas bongkar muat Depo kontainer, kegiatan saat jerapah sedang makan sehingga merupakan hasil kombinasi pemandangan industri dan wisata yang masih alami.

Selain itu, wisata Mangrove ini berbeda dengan wisata lainnya. Tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan laut lepas, pada bagian sisi selatan lokasi wisata bahari sontoh laut Surabaya ini kamu bisa melihat ribuan burung sedang bersarang di pohon mangrove.

3. Berkunjung ke anjungan Kampung pelangi/ Kampung Pelangi wisata contoh laut

kampung pelangi surabaya

Jika kamu masih menikmati waktu liburan atau ingin berkunjung ke wisata sontoh laut Surabaya maka kamu bisa mengunjungi Kampung Pelangi wisata sontoh laut atau anjungan Kampung pelangi yang berada di Jalan Greges Timur Surabaya.

Tempat wisata bahari sontoh laut Surabaya resmi dibuka pada tanggal 4 Desember 2021 dengan tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp2.000 untuk 1 orang dewasa. Para pengunjung yang ingin menikmati masa liburan di tempat wisata ini dapat mengambil foto sepuasnya atau duduk di Gazebo untuk menikmati kuliner sekaligus pemandangan laut.

Saat ini sudah ada 5 Gazebo yang berada di lokasi dan diletakkan pada atas permukaan laut. Anjungan Kampung Pelangi wisata contoh laut adalah salah satu wilayah terintegrasi contoh laut. Selain untuk menikmati pemandangan laut, para pengunjung juga bisa melakukan eduwisata di wilayah pesisir tersebut.

Selain pemandangan laut juga hutan mangrove, para pengunjung bisa mempelajari bagaimana cara bertanam hidroponik cara budidaya lele, dan cara budidaya ikan bandeng. Jika kamu ingin menuju ke Gazebo utama, kamu bisa menggunakan perahu dari bagian anjungan Kampung Pelangi dengan jarak tempuh hanya 10 menit saja.

Apabila ingin naik perahu dari gazebo utama sontoh laut, kamu tinggal mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000 saja per orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. Tarif tersebut cukup terjangkau sekaligus dapat membantu keluarga untuk menikmati suasana pantai indah selama liburan.

4. Berburu oleh-oleh Kampung Pelangi sontoh laut

pusat oleh-oleh Kampung Pelangi sontoh laut

Sebagai lokasi eduwisata di Kelurahan Tambak Sari Oso, Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya, para pengunjung dapat berburu oleh-oleh kerupuk payus.

Kerupuk tersebut dibuat dari bahan dasar ikan paus atau ikan bandeng jantan yang merupakan hasil budidaya warga Kampung Pelangi. Hal ini karena 15% warga lokal adalah petani tambak mulai dari tambak ikan bandeng hingga Tambak garam.

Selain itu terdapat pula 11 industri rumahan yang mampu menghasilkan kerupuk ikan paus. Sebelum adanya tempat wisata bahari sontoh laut Surabaya ini, anjungan Kampung Pelangi merupakan produsen kerupuk ikan paus yang lebih memilih penjualan secara online. Walaupun demikian, penjualan online tersebut sudah berhasil tembus ke Sulawesi dan Kalimantan.

Anjungan Kampung pelangi atau Kampung Pelangi Sontoh Laut juga menyediakan stand UMKM yang menawarkan berbagai macam produk buatan warga. Salah satu produk tersebut adalah kerupuk ikan payus yang bisa dijual dengan harga Rp10.000 tiap 100 gram.

Apa yang membuat kamu wajib membeli kerupuk ikan paus ini adalah rasanya yang enak dan gurih. Sehingga, oleh-oleh ini sangat cocok jika kamu jadikan sebagai teman untuk makan atau sekedar untuk camilan.

5. Menu Kuliner Khas Kampung Pelangi Sontoh Laut

Kuliner Khas Kampung Pelangi Sontoh Laut

Tidak hanya kerupuk ikan payus, di kampung Pelangi sontoh laut juga terdapat  aneka menu khas seperti kari kepiting, atau otak-otak bandeng. Untuk dapat menikmati seluruh kuliner tersebut, maka para pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Jika ingin menu kari kepiting, reservasi harus kamu lakukan minimal dua atau tiga hari sebelum berkunjung ke lokasi wisata bahari sontoh laut Surabaya ini. Hal ini karena tidak setiap hari menu tersebut ada.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *