taman abhipura krian

Taman Abhirupa Kota Krian Sidoarjo

Travelnews.idTaman Abhirupa Kota Krian Adalah taman kota yang terletak di Jl st Krian No. 17, Kemera’an, Krian, Kec. Krian, Kab. Sidoarjo – Jawa Timur. Taman ini dibangun bertujuan untuk ruang terbuka hijau yang terletak di pusat kota Krian.

Letaknya sangat strategis dekat dengan Jalan Raya, Stasiun, dan juga Pasar Baru Krian. Cukup cocok dijadikan pilihan tempat menghabiskan weekend bersama keluarga yang ramah kantong.

Masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya sebagai Taman Kota ketimbang Taman Abhirupa Krian. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana anak-anak, seperti: jungkat-jungkit, ayunan, prosotan dan lain sebagainya. Selain itu biasanya pada sore menjelang malam hari disana akan seperti pasar malam.

Banyak berbagai permaianan yang dapat dimainkan anak-anak yang cukup menarik. Selain itu juga tersedia beberapa kuliner yang cocok dicicipi ketika anda sedang menemani anak anda bermain.

Pasar Malam Taman Abhirupa Kota Krian

Taman Abhirupa Kota Krian

Sebelum taman ini berdiri dulunya kawasan ini adalah Pasar Kliwon atau yang sering disebut Pasar Sapi. Setelah itu di ubah menjadi ruang terbuka hijau yang bertujuan sebagai penghijauan ditengah padatnya kota Krian. Untuk menikmati wahana ditaman ini pengunjung tidak perlu membayar dan hanya dikenakan uang parkir -+ Rp. 3.000.

Berbagai macam wahana anak-anak sampai spot berfoto yang ada menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki taman ini. Selain wahanya yang memang sudah ada ditaman tersebut, banyak juga pedagang-pedagang maianan. Pada malam hari taman ini seperti pasar malam banyak sekali maianan untuk anak-anak yang dapat dipilih selain yang sudah ada. Seperti rumah balon, melukis, memancing, odong-odong dan sebagainya.

Pengenjung juga dapat membuat henna pada tangan, karena biasanya ada pedagang yang menawarkan jasa pembuatan henna yang cukup terampil. Rata-rata makanan dan minuman di sana berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 25.000. Taman ini biasanya memang sangat ramai dikunjungi pada waktu weekend.

Disamping memang sudah terdapat wahana anak-anak dan alat kebugaran untuk orang dewasa. Biasanya disana juga ada beberapa pedagang yang berjualan makanan/minuman dan mainan.

Letak Taman Abhirupa

Letak Taman Abhirupa Kota Krian cukup strategis karena jika kita tahu taman ini terletak di pusat Kota Krian. Dari taman ini jika kita mengarah ke Selatan sejauh 300 meter maka akan menjumpai Stasiun Kereta Api. Sedangkan di sisi Barat terdapat Pasar Baru Krian tempat berjual beli sayur mayur/pusatnya pasar sayur yang ada di Krian.

Terdapat Puskesmas di sisi Barat yang juga bersebelahan dengan Pasar Baru Krian. Taman Kota Krian ini juga berdiri diatas tanah seluas -+5 Hektar. Menjadikan Taman ini cukup luas dan cocok untuk melepas penat dari padatnya kota Krian. Selain itu juga terdapat area parkir yang juga cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

Taman Abhirupa Kota Krian mulai dibangun pada November 2015 silam. Meskipun melewati beberapa tahapan, akhirnya taman ini berdiri dan menjadi alternatif hiburan warga Krian dan sekitarnya yang ramah di kantong.

Asal – Usul Taman Abhirupa

Tempat kota krian dahulunya adalah tempat kumuh pasar sapi yang tidak terawat bahkan pada malam hari, daerah ini adalah tempat esek-esek wanita malam menjajakan cinta yang sangat terkenal di Sidoarjo Barat. Namun, seiring berjalannya waktu Dinas Pariwisata Kabupaten Sidoarjo berhasil merubah image buruk pada tempat itu menjadi icon wisata bermain yang sangat membantu ekonomi warga sekitar.

Banyak sekali permainan untuk anak – anak di sewakan di tempat ini pada malam hari khususnya pada akhir pekan, pengunjung di taman ini sangat ramai.

5/5 - (4 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *