bukit larangan panceng

Menikmati Indahnya Bukit Larangan Panceng Gresik

Bukit Larangan panceng adalah salah satu destinasi wisata alam kota Gresik Jawa Timur. Gresik sering disebut sebagai Kota industri, namun bukan berarti tidak ada potensi wisata alam di kota ini. Gresik juga terkenal sebagai tempat wisata dengan adanya Bukit Larangan panjang yang terkenal mistis bagi masyarakat lokal sebagai Bukit Larangan sepi.

Kamu dapat menemukan bukit ini di Kabupaten Gresik yaitu pada bagian puncak pegunungan. Banyak pengunjung sekedar mampir untuk melakukan kegiatan kemah, atau hanya mengambil foto sebelum akhirnya pulang.

Jika kamu penasaran dengan keberadaan destinasi wisata tersebut, sebaiknya kamu berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk menuju ke lokasi. Apalagi lokasi wisata ini tidak dapat kamu kunjungi begitu saja sebab membutuhkan usaha yang sangat besar agar bisa sampai ke tujuan yaitu jalanan terjal, menyusuri hutan sampai harus berada di desa terpencil di Kabupaten Gresik.

Lokasi Bukit Larangan Panceng

Tapi untuk siapapun yang merasa teruji nyalinya, kamu dapat langsung mengunjungi ke desa prupuh Kecamatan Panceng,  Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur kode pos 61156. Rute menuju lokasi sangat mudah karena kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi. Akan tetapi jika mencari transportasi umum maka akan sangat sulit, kecuali jika kamu menggunakan taksi online.

Jika kamu berada di kota Gresik terutama bagian pusat kotanya, kamu dapat menuju ke lokasi dengan jarak tempuh 40 km. Tapi jika kamu berada di desa Guwosari, perjalanan masih sangat jauh karena membutuhkan 10 km lagi. Itulah mengapa sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online jika mempunyai dana yang cukup.

Salah satu cara terbaik supaya kamu tidak tersesat adalah dengan menggunakan Google Maps berikut. Informasi ini sangat membantu supaya kamu dapat menuju ke lokasi secara mudah tanpa adanya kendala.

Jika kamu berkunjung ke Bukit Larangan panceng, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya masuk karena memang masih gratis. Hanya saja kamu harus merogoh kocek untuk membayar uang parkir kendaraan pribadi namun harganya terbilang murah yaitu hanya Rp5.000 saja.

Hidden Paradise Bukit Larangan Panceng

bukit larangan panceng

Tidak ada jalan mulus jika ingin memperoleh kesuksesan dan hal tersebut adalah istilah yang sesuai untuk menuju ke lokasi ini.

Bukit Larangan panceng menawarkan pesona pemandangan alam indah perbukitan namun tidak akan instan untuk menuju ke lokasi. Rutenya sangat jauh dan terjal sehingga kamu harus bersusah payah terlebih dahulu sebelum akhirnya usaha tersebut terbayar begitu saja dengan perasaan lega dan puas.

Dalam perjalanan, kamu juga harus melewati perkampungan Desa Larangan. Terkesan tidak ada yang istimewa karena semua perumahan tampak sepi dan bahkan nyaris tidak ada warung. Itulah mengapa sebelum menuju ke lokasi sebaiknya kamu membawa stok makanan dan minuman cukup untuk menemani perjalanan petualangan ke Bukit Larangan. Jangan harap kamu dapat menemukan warung untuk makan dan minum selama melakukan perjalanan loh!

Jika kamu sedang melakukan perjalanan secara santai, tidak ada salahnya untuk menginap ke Desa Larangan tersebut. Sehingga kamu dapat melanjutkan perjalanan saat pagi hari supaya energi juga tetap fit karena kamu juga akan melewati rute curam hingga kemiringan mencapai 45 derajat.

Jika kamu adalah penikmat alam sejati tentu rintangan-rintangan seperti ini bukanlah masalah yang besar. Justru akan menjadi magnet untuk kembali berkunjung kapan saja karena kamu adalah seorang backpacker traveller. Kamu mungkin juga punya rencana agar dapat menikmati pemandangan alam terlebih saat matahari terbit pada bagian timur Gresik.

Untuk menuju puncak perbukitan tentu saja waktu yang dibutuhkan tergantung bagaimana cara kamu mendaki. Sepanjang jalan mendaki ke Bukit Larangan panjang kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menarik. Artinya, bawalah kamera beresolusi tinggi jika ingin mengabadikan momen tersebut selama perjalanan.

Wisata Bukit Larangan Panceng

bukit larangan panceng gresik

Begitu sampai di puncak Hidden Paradise pun akan dapat kamu buktikan. Dari pengalaman dan pengamatan para traveller, bukit ini adalah salah satu spot terbaik Jawa Timur karena pemandangannya yang eksotis, udara segar yang dapat kamu hirup, perasaan tenang ketika berada di puncaknya juga sangat luar biasa. Jika kamu pernah mendengar istilah negeri diatas awan ke Bukit Larangan panceng adalah salah satu tempat di mana kamu dapat memperoleh pengalaman tersebut.

Goa Padas

Berbicara tentang hal mistis, terdapat cerita kuno Pangeran kumbang dan gua yang digunakan oleh seorang raja. Bukit Larangan adalah tempat bagi kaum elite serta merupakan bekas peninggalan orang pun menaiki Bukit Larangan tersebut walaupun sampai saat ini masyarakat lokal tetap percaya tentang hal mistik termasuk penemuan benda-benda pusaka antik.

Makam Mbah Syafii

Perbukitan tersebut juga merupakan lokasi untuk ziarah ke makam Mbah Syafi’i. Warga lokal masih percaya dengan hal-hal mistis sehingga sering menggunakan lokasi untuk melakukan kegiatan ritual termasuk mencari berbagai benda pusaka.

Ekspedisi Bukit Larangan Panceng

Ekspedisi Bukit Larangan panceng tidak bisa terlepas dari semua mitos yang ada dan sebagai seorang traveler tentu kamu hanya punya rencana untuk berkunjung ke berbagai tempat yang jarang dijamah. Ekspedisi Bukit Larangan dapat kamu lakukan dengan cara membersihkan semua sampah yang sudah kamu hasilkan dan jangan sampai menciptakan kesan buruk yang dapat merusak potensi wisata di Gresik ini.

FAQ

Apakah disediakan tenda untuk menginap di bukit larangan panceng?

Tidak, Anda wajib membawa nya sendiri.

Apakah ada toilet di sekitar bukit larangan?

Tidak ada, jika Anda ingin membuang air. Bisa lakukan di semak semak sekitar.

Apakah di bukit larangan terdapat warung?

Tidak ada juga, jadi sediakan makanan secukupnya selama di bukit larangan.
3.6/5 - (18 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *