bisnis mie ayam cup

Bisnis Mie Ayam Cup, Ini Kelebihan dan Strateginya!

Mie ayam adalah makanan favorit banyak orang, apalagi jika kemasannya tampak praktis dan ekonomis. Bisnis mie ayam cup adalah strategi penjualan baru.

Tujuannya adalah menarik minat pembeli dan membuat makanan ini dapat dijangkau lebih mudah. Agar kamu bisa menjual mie ayam cup di pasaran dengan mudah, ada beberapa strategi bisnis agar berhasil jualan.

Kelebihan Bisnis Mie Ayam Cup

tips bisnis mie ayam cup

Apa yang membuat bisnis mie ayam cup wajib kamu coba? Berbeda dengan mie ayam, bisnis ini menyajikan mie dalam cup mini. Pada satu porsinya, akan dibanderol sekitar 2000-an.

Sangat mudah menemukan penjual mie ayam yang keliling, menjajakan jualannya. Hampir di sepanjang jalan, kamu juga pasti mudah menemukan warung mie ayam.

Untuk seporsi mie ayam, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000, atau sampai Rp 20.000. semua itu tergantung denan adanya isi pelengkap menu mie ayam. Contohnya, bakso, kepala ayam, dan juga ceker.

Mie ayam yang biasanya dijual, diletakkan di dalam mangkuk ayam jago. Penyajian ini sangat khas, sehingga tidak sama dengan mie ayam cup.

Jadi, mie ayam ini tidak disajikan kepada pelanggan menggunakan mangkuk. Akan tetapi, menggunakan cup mini yang terbuat dari bahan plastik. Mie ayam cup juga menjadi viral setelah dibagi pengguna Facebook.

Bagian unik dari mie ayam cup yaitu harganya yang sangat ekonomis, hanya Rp 2.000 per cup. Walaupun porsinya mini, tidak membuat cita rasa mie ayam yang lezat berkurang sedikit pun.

Mie ayam cup ini ditawarkan pada sebuah warung di Yogyakarta, yaitu di Desa Karang, daerah Yogyakarta. Mie ayam cup ini dijual dengan adanya paduan berbagai bahan, termasuk mie, ayam, sambal, daun bawang, dan kuah. Terdapat pula tambahan daging ayam yang cukup banyak.

Unggahan ini pun viral di media sosial. Apalagi anak-anak bisa membelinya.

Strategi Mudah Bisnis Mie Ayam Cup

Salah satu makanan dengan banyak peminatnya yaitu mie ayam. Mie ayam memang sudah populer dengan rasa enak banget. Selain itu, mie ayam juga ide bisnis yang lebih ekonomis, modal sedikit tetapi bisa memperoleh untung lebih besar.

Untuk penjualanya, kamu dapat memberikan harga lebih murah. Misalnya, dengan harga 2000-an atau 3000-an di daerah masing-masing. Berikut adalah beberapa strategi bisnis Mie ayam cup yang bisa kamu jalankan:

Menciptakan Cita Rasa Khas

Ketika memiliki produk, termasuk produk makanan, kamu harus dapat menciptakan cita rasa khas. Hal ini akan membantu membuat pelanggan tertarik. Sehingga, pelanggan akan mendapatkan sensasi baru saat makan mie ayam.

Atau dapat juga dengan menyediakan nama mie ayam cup dengan berbagai rasa. Kuahnya juga gurih dan sangat enak. Sehingga, siapa saja pasti menyukai makanan tersebut.

Cita rasa juga harus berbeda dengan mie ayam yang terdapat di pasaran. Pasalnya, supaya produk yang mempunyai ciri khas bisa menarik perhatian. Jadi, pelanggan memberikan label tersendiri pada produk bisnis mie ayam cup yang diciptakan.

Kemasan Sederhana dan Menarik

Sekarang ini, mayoritas orang sebelum beli produk makanan akan melihat kemasan atau packaging. Hal ini memang terdengar sepele, tetapi ide packaging dapat menentukan makanan tampak menarik atau tidak.

Ada banyak ide kemasan yang bisa kamu tiru saat mengemas produk makanan. Belakangan ini, terdapat tren kemasan yang memiliki desain simple dan sedang populer.

Kamu juga bisa melihat macam-macam inspirasi produk snack cup, seblak, rice bowl, bakso, mie kuah, dan makanan kemasan cup lainnya.

Jika kamu tidak punya keterampilan dalam desain, daripada membuatnya secara sembarangan, kamu bisa meminta bantuan jasa desain grafis yang profesional untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sangat penting untuk mencoba menggunakan jasa sewa. Walaupun kamu harus mengeluarkan biaya tambahan. Tidak masalah membuat kemasan menarik dengan bertukar ide tentang konsep logo bersama jasa tersebut.

Buat Konsep Bisnis

Bisnis mie ayam cup juga membutuhkan konsep jualan yang tepat. Siapa pun target market dan sasaran penjualan harus dirancang. Masyarakat umum, termasuk teman kerja dan lingkungan sekitar adalah beberapa contoh target market. Apabila melakukan semua hal sendiri, maka kamu harus membatasi produki untuk kalangan terbatas.

Dengan menentukan konsep, kamu bisa menyewa tempat strategis atau membuka bisnis di halaman rumah. Kamu juga dapat mengukur jumlah produksi dan kondisi penjualannya. Hal ini karena mie ayam cup dapat dikonsep untuk take away, sehingga akan lebih memudahkan penjual.

Hitung Modal

Saat memulai bisnis, estimasi modal adalah hal penting yang harus menjadi prioritas. Modal adalah dasar untuk berbisnis dan melakukan estimasi budget yang dibutuhkan. Hitung apa saja yang diperlukan dalam memulai usaha mie ayam cup, termasuk bahan, peralatan, dan sewa tempat.

Dengan menghitung modal, kamu juga akan lebih mudah menghitung laba. Kamu bahkan dapat menentukan nilai jual dari produk mie ayam cup. Berikutnya, modal menjadi patokan utama dalam menjalani bisnis dengan lebih baik.

Memulai Inovasi

Bagian lainnya yang tidak kalah penting dalam bisnis mie ayam cup adalah inovasi. Sering melakukan inovasi, mulai dari rasa, kemasan, dan tampilan sangat berguna. Contoh, kamu bisa membuat varian mie ayam cup terbaru dengan tampilan warna-warni. Atau, kamu bisa menciptakan rasa berbeda, termasuk mie ayam keju.

Inovasi sangat membantu untuk menarik minat lebih banyak pelanggan, termasuk mie ayam cup. Kamu bisa menggunakan kemasan menarik supaya pelanggan tertarik membelinya. Ada juga inovasi dalam bentuk, supaya dapat meningkatkan nilai jual mie ayam.

Totalitas Promosi

Totalitas promosi juga merupakan bagian dari strategi mie ayam cup. Promosi membantu menyebarkan informasi ke target pelanggan sehingga dapat dikenal. Cobalah berbagai jenis strategi promosi yang membantu menarik minat pelanggan. Melalui iklan, diskon, dan sampel gratis akan berguna untuk meningkatkan potensi bisnis.

Promosi dilakukan saat awal open order, karena adanya diskon maupun harga perkenalan. Ketika pelanggan melihat sesuatu yang baru, akan lebih mudah tertarik membelinya. Berikutnya, kamu bisa menambahkan nilai lebih dari promosi tersebut.

Dengan memanfaatkan strategi bisnis ini, maka kamu bisa lebih mudah dalam menarik pelanggan. Selain itu, juga berguna dalam meningkatkan untung dalam penjualan. Apalagi, mie ayam cup adalah salah satu jenis kuliner yang banyak disukai. Tidak hanya ekonomis, tapi juga memberikan cita rasa khas mie ayam yang ada di pasaran.

FAQ

faq

Berikut adalah pertanyaan populer lainnya seputar bisnis mie ayam cup:

1. Berapa modal usaha mie ayam?

Total biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha mie ayam mulai dari awal sampai berhasl berdiri yaitu sekitar 3,4 juta. Belum termasuk biaya promosi usaha, dan sewa lokasi usaha.

2. Apakah bisnis mie ayam menguntungkan?

Peluang usaha mie ayam sangat menjanjikan untuk dicoba. Keuntungan yang kamu peroleh sangat lumayan. Hal ini karena bahan-bahan terjangkau dan dapat diperoleh di pasaran.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *