taman nasional alas purwo

Rekreasi ke Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu destinasi wisata sekaligus menjadi bukti adanya ruang kehidupan satwa langka yang mulai dianggap punah. Destinasi wisata ini bahkan sudah ada sejak beberapa puluh tahun lalu. Percaya atau tidak, usianya mencapai hingga 100 tahun. Itulah mengapa, destinasi wisata ini sering menjadi tempat populer bagi para turis lokal atau internasional.

Dalam bahasa Jawa, Purwo atau “Purwa” bermakna permulaan atau kawitan. Jadi, alas tersebut merupakan hutan pertama sekaligus tertua se-Jawa. Banyak juga mengatakan bahwa hutan tersebut merupakan titik pertama penciptaan di Bumi.

Menurut kepercayaan masyarakat, hutan tersebut merupakan tempat terakhir bagi pelarian masyarakat Majapahit ketika tersedak karena adanya penyebaran agama Islam. Sehingga, tidak kaget jika sejak ratusan tahun sampai saat ini, ada banyak orang Hindu-Bali ke tempat tersebut untuk melihat berbagai pura dalam hutan ini.

Saat kalian berkunjung, terdapat pula pantai sukamade banyuwangi untuk melengkapi liburan. Taman nasional tersebut sangat sesuai jika kamu ingin melanjutkan petualangan menggali potensi wisata lebih banyak di area Banyuwangi untuk memenuhi rencana liburan.

taman nasional alas purwo

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Jika berbicara tentang lokasi taman nasional Alas Purwo, kamu bisa langsung menuju ke Alamat Jalan Brawijaya Nomor 20, tepatnya desa Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Lokasi taman nasional tersebut masuk dalam area dua kecamatan, yaitu kecamatan Tegaldlimo serta Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Agar kamu dapat memperoleh informasi secara akurat tentang lokasi dari taman nasional alas purwo ini, maka kamu dapat menggunakan rute perjalanan dari situs kami. Sehingga, ketika kamu ingin berkunjung, kamu tidak akan tersesat untuk menuju ke lokasi serta dapat menemukan spot tersebut secara lebih mudah.

Jika kamu sedang berada di arah Banyuwangi, maka kamu tinggal mengambil jalur ke Rogojampi, dan melanjutkan perjalanan ke Srono – Muncar – Tegaldrlimo. Jika sudah sampai di Tegaldlimo, lanjutkan perjalanan sekitar 10 km lagi untuk menemukan pos Rawabendo sekaligus gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo.

Jika kamu sedang berada di area Jember, maka perjalanan harus berlanjut ke arah Genteng, yaitu sekitar 65 km jaraknya. Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan ke Tegaldlimo melalui Srono. Atau, kamu juga bisa lewat Cluring atau Jajag.

Kalau kamu masih merasa bingung membaca tentang rute perjalanannya, maka dapat menggunakan informasi tentang titik koordinat pada  konten ini. Fungsinya adalah kamu dapat mengikuti arah perjalanan menggunakan Google Maps sebagai pemandunya. Cara ini membuat kamu lebih mudah menuju ke lokasi tujuan karena informasi lebih detail sebagaimana berikut:

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Alas Purwo

Destinasi wisata Taman Nasional Alas Purwo menawarkan harga tiket masuk yang tidak mahal. Masing-masing pengunjung dikenakan biaya sekitar 15 ribu rupiah saja sebagai pengunjung lokal. Hal tersebut tidak berlaku jika pengunjungnya adalah wisatawan asing karena harus membayar hingga 150 ribu rupiah. Dengan biaya hanya 15 ribu saja, kamu sudah dapat menikmati berbagai tempat wisata.

Jam buka juga harus kamu pahami sebelum berkunjung. Alas Purwo merupakan hutan yang menerima pengunjung pada hari senin sampai jumat. Saat akhir pekan, hutan ini tutup. Jam operasinya adalah mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.00.

Fasilitas Alas Purwo

Fasilitas taman nasional alas purwo terbilang lengkap. Kamu bisa menggunakan pemandu penjaga hutan, sewa mobil, atau sewa motor ketika ingin menjelajahi hutan lebih mudah. Terdapat pula rute sangat jelas karena adanya papan penunjuk jalan atau marka. Pos Rawa Bendo juga menyediakan wisma tamu, cottage pada G-land atau Plengkung serta warung makan.

Dengan adanya fasilitas lengkap, tentu saja sangat membantu seluruh pengunjung termasuk para peneliti dunia yang masuk dalam hutan untuk mempelajari banyak hal. Para peneliti juga mengunjungi hutan tersebut untuk menerbitkan berbagai jurnal internasional tentang keberadaan taman nasional ini.

Alas purwo

Wahana Taman Nasional Alas Purwo

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas apa saja wahana tersedia dalam taman nasional alas purwo. Jangan kuatir, dengan tiket yang harus kamu bayar, hutan ini menawarkan beberapa wahana menarik sehingga kamu tetap merasa betah ketika berkeliling dalam hutan tersebut. Berikut adalah berbagai macam jenis wahana yang tersedia:

  • Savana Sadengan
  • Pura Giri Selaka
  • Goa Istana
  • Pantai Pancur
  • Camping Ground
  • Surfing di Pantai Pelengkung
  • Hutan Bambu
  • Hutan Mangrove Bedul
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang taman nasional alas purwo setelah membaca tulisan tersebut. Kamu dapat merencanakan liburan dan menikmati waktu bersama orang-orang tercinta, semoga bermanfaat!

FAQ

Harga tiket masuknya berapa?

15rb untuk warga lokal dan 150rb untuk turis mancaneraga.

Bisakah camping di lokasi taman?

Bisa, di taman nasional alas purwo terdapat camping ground
Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *