Hidden Treasure Air Terjun Umbulan Probolinggo

Air terjun umbulan merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak pelancong terutama warga lokal Probolinggo Jawa Timur. Banyak masyarakat menyebutnya sebagai hidden Treasure karena merupakan wisata air terjun yang tersembunyi dan lokasinya sangat tepat karena berada pada lingkungan yang masih alami seperti tidak terjamah.

Tempat wisata tersebut sekaligus menjadi pilihan ideal bagi seluruh masyarakat yang umumnya tinggal di wilayah perkotaan dan jenuh dengan suasana kehidupan di kota yang panas. Keindahan air terjun umbulan tidak ada duanya dan dapat kamu temukan di desa Sukapura, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Jika kamu pernah berkunjung ke air terjun Madakaripura yang sangat ramai dan lebih populer, maka untuk menuju ke desa ini hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Tidak hanya itu tetapi juga agen wisata sering menyediakan paket tour Gunung Bromo dengan melintasi perjalanan menuju air terjun umbulan karena lokasinya yang berdekatan.

Perlu kamu perhatikan bahwa untuk mencapai Spot air terjun terbilang tidak mudah karena akses jalannya yang sangat menantang bahkan cukup ekstrem karena jalan berliku, tidak ada aspal dan terbilang licin.  Untuk menuju ke air terjun, kamu harus menuruni anak tangga secara hati-hati dengan jarak 35 m menuju ke air terjun.

Jika kamu ingin menuju ke lokasi, maka waktu terbaik menuju ke air terjun adalah saat pagi hari dan pastikan untuk melakukannya ketika cuaca sedang cerah agar dapat menghindari hujan. Kamu juga wajib tahu bahwa daerah Sukapura merupakan wilayah pegunungan dengan curah hujan terbilang tinggi.

air terjun umbulan

Lokasi Air Terjun Umbulan

Jika kamu tertarik juga penasaran menuju ke air terjun umbulan, caranya yaitu dengan menuju ke desa Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Apabila kamu belum pernah menyusuri wilayah Probolinggo, kamu dapat menggunakan Google Maps berikut ini supaya tidak tersesat.

Kamu juga harus mengetahui bahwa akses ke air terjun umbulan sangatlah menantang sehingga membutuhkan waktu sekitar 20 menit supaya kamu dapat menuntaskan turunan anak tangga.

Kendati demikian, pihak pengelola tempat wisata ini masih merupakan penduduk sekitar dan dan fasilitas destinasi wisata tersebut terbilang sudah cukup baik. Selain tempat parkir, kamu dapat menemukan rumah makan, musholla, juga toilet. Hanya saja pemerintah setempat masih belum memberikan perhatian besar untuk melihat potensi wisata pada lokasi Air Terjun umbulan.

Padahal potensi wisata di area ini terbilang cukup baik karena dapat berpotensi mendatangkan para wisatawan apalagi lokasinya yang dekat dengan Gunung Bromo. Kamu juga dapat merencanakan liburan mengunjungi ke tempat wisata lainnya misalnya ke jember mini zoo yang ada di Kota Jember.

Tiket Masuk Air Terjun Umbulan

Informasi selanjutnya yaitu tentang berapa harga tiket masuk menuju air terjun umbulan.  Untuk masuk ke air terjun tersebut, kamu tidak perlu membayar biaya apapun alias gratis. Hanya saja harus membayar biaya parkir kendaraan roda dua atau roda empat sebesar Rp2.000. Harga tiket ke air terjun umbulan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan.

Harga tersebut terbilang tidak mahal bahkan sangat murah karena kamu sudah dapat menikmati pemandangan alam yang masih terjaga di sekitar air terjun umbulan, Kota Probolinggo.

Masyarakat lokal membuka terjun ini setiap hari dengan waktu bebas tergantung kebutuhan para pengunjung yang ingin menikmati alam atau bahkan mandi di sekitar air terjun. Untuk keindahan dan pesona alamnya, tentu sudah tidak dapat diragukan lagi.

Apalagi air terjun umbulan tersebut terasa sangat segar sehingga kamu juga pasti akan ingin kembali ke tempat ini lagi. Jika kamu berasal dari luar kota tidak perlu risau karena disekitar tempat wisata ini terdapat area penginapan mulai dari homestay hingga hotel dengan harga bervariasi.

Itulah informasi lengkap tentang air terjun umbulan yang berada di di Probolinggo dan dapat kamu kunjungi kapan saja bersama dengan keluarga. Sebaiknya tidak membawa anak-anak usia dini karena memang lokasi menuju ke air terjun sangat curam dan dengan jalanan yang licin. Tentu saja hal tersebut justru akan membuat kamu merasa kerepotan untuk mengakses menuju ke air terjun itu sendiri.

Dengan menggunakan informasi ini kamu dapat merencanakan liburan menuju ke lokasi secara matang bersama keluarga atau kerabat. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

FAQ

Apakah bus bisa masuk parkir?

Tidak bisa, karena lokasi parkir nya sangat terbatas. Untuk mini bus atau mobil biasa masih bisa diparkirkan

Apakah bisa melangsungkan piknik di air terjun umbulan?

Boleh, namun harus dibersihkan kembali. Kita wajib saling menjaga kebersihan.

Beri Penilaian