Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

Alun Alun Bawah Tanah Surabaya, 5 Fakta Menarik Kamu Harus Tahu

Menambah deretan tempat yang wajib kamu kunjungi di Jawa Timur, Alun Alun Bawah Tanah Surabaya menjadi salah satu lokasi di Surabaya yang viral dan ditonton hingga 600.000 kali kurang dari 24 jam setelah tampil pada salah satu akun tik tok.

Netizen Indonesia menyatakan bahwa lokasi alun-alun tersebut sangat cantik, mirip seperti suasana di Singapura. Alun alun bawah tanah Surabaya merupakan tempat yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat. Jika biasanya alun-alun berada di tengah kota maka berbeda dengan Kota Surabaya yang justru mempunyai alun-alun menarik.

Untuk menuju ke alun-alun tersebut, maka kamu harus menggunakan eskalator yang sudah tersedia di bawah atap kaca modern. Ketika kamu sudah sampai di alun-alun tersebut, terdapat banyak hasil karya seniman asal Surabaya, mirip seperti pameran karya seni.

Selain galeri, kamu juga bisa melihat arena bermain skateboard dengan desain modern dan enak dipandang.

Jika kamu tertarik berkunjung ke alun alun bawah tanah Surabaya, maka kamu bisa datang setiap hari pada pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Tempat ini juga merupakan salah satu Spot dimana para pengunjung yang ingin melihat alun-alun harus mengikuti protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran covid-19.

Dengan luas hingga 3000 persegi, area alun alun bawah tanah Surabaya dapat menampung hingga 2.000 pengunjung apabila pandemik telah usai. Untuk masuk ke area alun-alun tersebut kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. Selain berkeliling, kamu juga bisa mengambil banyak foto pada titik lainnya, misalnya di Balai Pemuda.

Di bagian ini, kamu bisa melihat bangunan bersejarah sebagai bekas penjajahan Belanda dengan arsitektur yang masih sangat kental terdapat pula fasilitas pejalan kaki yang luas. Sehingga, pengunjung dapat bebas menikmati suasana di sekitar alun-alun bawah tanah tersebut.

Fasilitas Lengkap Di Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya

Fasilitas Lengkap Di Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya

Dengan luas mencapai 1,406 hektar, alun-alun di Jawa Timur tersebut berada di kawasan boleh Pemuda bawah tanah dari Jalan Yos Sudarso sampai Persil Jalan Pemuda 17. Alun-alun ini berlantai dua dengan lantai pertama yaitu bawah tanah untuk plaza maupun pusat perbelanjaan sekaligus tempat nongkrong masyarakat Surabaya.

Sedangkan lantai kedua adalah tempat parkir dengan luas 6050 meter persegi. Tempat parkir tersebut dapat mendukung hingga 120 mobil juga 125 sepeda motor.

Dengan luas 1,406 hektar tersebut, para pengunjung disuguhkan dengan ruang publik dan ruang parkir luas. Untuk area ruang bawah tanah atau basement merupakan didukung dengan fasilitas lengkap seperti tangga, eskalator, dan lift masyarakat dengan disabilitas.

Sedangkan pada bagian Timur alun alun bawah tanah Surabaya ini atau tepatnya di bagian Persil Pemuda 17, akan dilengkapi dengan fasilitas seperti tribun untuk tempat duduk saat pagelaran eni dan amphiteater.

Bahkan, Pemerintah Kota Surabaya juga merencanakan pembangunan Patung Sawunggaling di bagian timur alun-alun tersebut sebagai tambahan diorama sejarah kota Surabaya tersebut. Bagian unik dan untuk menunjukkan kemegahan dari alun-alun bawah tanah Surabaya tersebut adalah adanya air mancur menari.

Juga, kedepannya akan ditambahkan dome kaca futuristik sebagaimana hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Bidang bangunan dan gedung Dinas Perumahan Rakyat dan kawasan permukiman Cipta Karya dan tata ruang atau di DKPCKTR Surabaya, Iman Kristian.

Pembangunan alun alun bawah tanah Surabaya tersebut sudah berjalan. Pada bagian basement tahap pertama yaitu tepat di area Balai Pemuda bagian utara sampai jalan Gubernur Suryo dengan bentuk L telah selesai pembangunannya pada tahun 2019. Sedangkan pada bagian sisi Selatan di Balai Pemuda Jalan Gubernur Suryo sampai ke sisi Timur Balai Pemuda juga tampak berbentuk L dengan pengerjaan yang sudah selesai.

Syarat Masuk Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya

Syarat Masuk Alun-Alun Surabaya

Creativity Community Day di alun alun bawah tanah Surabaya berjalan pada tanggal 19-23 Desember 2021. Acara tersebut berjalan di ruang bawah tanah dan mendapatkan sambutan antusias dari warga Surabaya.

Balai Pemuda kini tampil dengan fasilitas- fasilitas baru sehingga membuat masyarakat tidak mau menyia-nyiakan waktu untuk mampir ke Balai Pemuda. Apalagi saat ini sudah semakin tampak hasil pembangunannya dengan suasana modern dan instagramable.

Jika kamu berkunjung ke alun-alun bawah tanah di Kota Surabaya ini, maka salah satu syarat yang harus kamu penuhi adalah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu kamu harus melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu. Jika sudah melakukan cuci tangan dan cek suhu badan, kamu juga dihimbau untuk tetap menggunakan masker yang sudah disediakan pada berbagai sudut.

Jika dalam kondisi tanpa demi atau kondisi normal, luas area basement di alun-alun Kota Surabaya yaitu mencapai 3000 meter persegi dan dapat menampung hingga 2.000 pengunjung.

Saat kondisi pandemi, masih ada beberapa petugas bekerja memantau pada bagian pintu masuk supaya peraturan terkait pembatasan pengunjung dapat terlaksana. Itulah mengapa, sebaiknya patuhi persyaratan supaya kamu bisa tetap masuk dan menikmati seluruh akses juga fasilitas di alun alun bawah tanah Surabaya ini.

Baca Juga : Harga tiket KBS Surabaya terbaru thn 2022

Lokasi Alun-Alun Bawah Tanah

Sekarang, kamu sudah tahu lebih banyak tentang seperti apa dan mengapa kamu wajib berkunjung ke alun-alun bawah tanah Surabaya, Jawa Timur. Dengan seluruh informasi tersebut, masih banyak pengunjung yang membutuhkan informasi penting secara jelas tentang alun alun bawah tanah Surabaya ini.

Berikut adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan calon pengunjung alun-alun tersebut:

1. Dimanakah letak alun-alun bawah tanah?

Lokasi alun-alun bawah tanah berada pada area Balai Pemuda, Surabaya, Jawa Timur.

2. Jam berapa kamu harus berkunjung?

Para pengunjung bisa menikmati alun-alun bawah tanah yang dibuka pada pukul 10 pagi sampai 10 malam.

3. Berapa tarif masuk alun-alun bawah tanah Surabaya?

Tarif masuk pengunjung di alun-alun tersebut yaitu gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali.

4. Fasilitas apa yang tersedia di alun-alun bawah tanah?

Dengan suasana instagramable, di dalam ruang bawah tanah alun-alun tersebut terdapat berbagai kegiatan seni maupun budaya termasuk pameran produk UMKM kota juga area skateboard. Contoh pada pagelaran Creativity Community Day, para pengunjung dapat menikmati hasil karya berupa lukisan masyarakat Surabaya.

5. Apa saja syarat berkunjung ke alun alun bawah tanah Surabaya?

Sampai saat ini, masih ada banyak petugas berjaga, untuk memastikan agar para pengunjung tetap dalam batasan selama pandemi. Selain meminta para pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk cuci tangan dan menggunakan masker, di alun-alun ini kamu juga harus mengikuti kontrol temperatur tubuh dengan thermogun.
Selain itu, pandemi yang masih belum berlalu membuat para pengunjung wajib menunjukkan bukti telah melakukan vaksin. Atau, kamu bisa menggunakan aplikasi pedulilindungi.
Itulah informasi lengkap tentang pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat yang penasaran dengan alun-alun bawah tanah Surabaya. Buat kamu yang belum pernah mampir ke tempat ini, maka sebaiknya agendakan waktu untuk melihat-lihat atau menikmati serunya alun alun bawah tanah Surabaya yang unik ini. Dijamin, bikin betah dan pasti pengen berkunjung lagi di lain waktu.
5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *