Wisata Banyuurip Mangrove Gresik, 5 Hal Wajib Kamu Harus Tahu

Wisata Banyuurip Mangrove Gresik berada di desa Banyuurip, tepatnya di Dusun banyulegi Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Apabila kamu tertarik jalan-jalan tetapi ingin mencari sesuatu yang lebih seru kamu bisa pergi ke Gresik Jawa Timur untuk menikmati wisata alam di area pesisir pantai yaitu hutan mangrove eksotik.

Tempat wisata ini sudah resmi dibuka oleh Bupati Gresik waktu itu adalah Sambari Halim Radianto tahun 2016. Masyarakat bisa mengunjungi tempat wisata tersebut karena keasrian maupun nuansa alam yang kental.

Pesona Wisata Banyuurip Mangrove Gresik

Pesona Wisata Banyuurip Mangrove Gresik

Kapanpun kamu merasa penat dengan segala urusan, maka hal pertama yang kamu pikirkan adalah rekreasi untuk menyenangkan diri atau membawa keluarga maupun teman-teman menikmati keseruan liburan. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa menuju ke hutan mangrove Ujungpangkah.

Sebagai salah satu destinasi wisata di kecamatan Ujungpangkah, Banyuurip Mangrove Gresik ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung khususnya pada saat liburan atau hari besar. Tempat wisata ini sangat sesuai untuk semua kalangan.

Gresik merupakan salah satu kabupatennya telah mengembangkan budidaya mangrove sejak 17 tahun lalu. Selain pemerintah, masyarakat setempat juga menyadari pentingnya keberadaan mangrove dengan membudidayakan tanaman untuk melestarikan lingkungan.

Dalam perkembangannya, pemerintah melirik tempat tersebut sebagai potensi wisata sehingga secara perlahan mulai dirubah sebagai objek wisata.

1. Suasana di Banyuurip Mangrove Gresik

Jika kamu melihat laman disparbud Gresik pada tahun 2019, kamu bisa membayangkan Bagaimana suasana di sekitar tempat wisata tersebut ketika deretan perahu nelayan mulai pulang dari melaut sekaligus seperti apa suasana pasar nelayan dimana kamu bisa melakukan transaksi hasil tangkapan laut mulai dari kerang dan lainnya. Tempat ini merupakan salah satu tempat menarik yang wajib kamu kunjungi.

Selain itu, para pengunjung juga disuguhkan dengan wisata edukatif karena bisa mencoba pembibitan berbagai macam jenis tanaman mangrove. Bahkan tidak sedikit mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta melakukan penelitian di lokasi wisata ini.

Jadi, Banyuurip mangrove Gresik menawarkan tempat wisata yang bagus untuk banyak orang tetapi juga bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan observasi dan riset terkait mangrove bagi para peneliti.

Ada juga sekelompok burung bangau dimana memilih tinggal di hutan mangrove tersebut sehingga meningkatkan daya tarik tempat wisata ini. Bagian menarik lainnya dari hutan mangrove ini adalah terdapat jembatan kayu dimana kamu bisa menyeberang dengan panjang 250 m sedangkan tingginya hanya 1 meter di atas permukaan air.

2. Kegiatan Pengunjung

Selama berkunjung di Banyuurip mangrove Gresik, kamu bisa berjalan menyusuri hutan melalui jembatan kayu. Ada juga rumah joglo di mana kamu bisa menikmati waktu santai sambil melihat eloknya pemandangan pada sekeliling tempat wisata tersebut.

Para pengunjung juga dapat menggunakan jogging track 600 meter yang telah dibangun para pengelola wisata. Apabila kamu tertarik berolahraga dengan pemandangan hutan mangrove, maka tempat ini wajib kamu coba.

Selain hal tersebut, kamu juga bisa menikmati pemandangan dan ikut berpartisipasi pada penanaman bibit cemara atau mangrove.

Rasanya kurang lengkap apabila kamu berkunjung ke tempat wisata ini tanpa membawa kamera untuk berfoto Ria bersama teman maupun keluarga. Ada beberapa Spot menarik yang dapat kamu temukan pada hutan mangrove tersebut. Banyak pengunjung senang mengambil foto pada Spot jembatan kayu yang tampak membelah bagian hutan mangrove.

Atau kamu juga bisa berfoto pada bagian rumah joglo untuk menghasilkan foto instagramable. Jangan lupa abadikan momen bersama keluarga dan teman apabila kamu sempat mengikuti penanaman bibit Cemara maupun mangrove.

3. Fasilitas Di Hutan Mangrove Ujungpangkah

Tempat wisata ini sudah memperoleh perhatian dari pemerintah Kabupaten Gresik. Sehingga kamu tidak perlu kuatir lagi dengan fasilitas yang tersedia sebagaimana berikut:

Tempat parkir

Apabila kamu membawa kendaraan pribadi atau menggunakan bus pariwisata untuk menuju ke lokasi, kamu tidak perlu kuatir karena lahan parkir di tempat ini sangat luas. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk beberapa bus maupun ratusan mobil juga banyak motor para pengunjung. Tempat parkirnya juga sangat aman.

Toilet umum

Pada beberapa spot di lokasi sudah tersedia kamar mandi atau toilet umum. Kamu bisa menggunakannya ketika ingin mencuci tangan atau ingin membuang air kecil. Meskipun kamu harus berjalan terlebih dahulu, tetapi kamu tidak perlu harus repot-repot cari tempat untuk membersihkan diri.

Tempat penginapan

Wisata Banyuurip mangrove Gresik juga menyediakan beberapa tempat penginapan dengan biaya terjangkau dengan pilihan bervariasi. Kamu bisa memilih dari harga yang paling murah sampai harga yang sedikit mahal. Semua tempat penginapan tetap menyediakan dan memprioritaskan kenyamanan bagi para pengunjung.

Kantin

Apabila kamu sudah merasa puas dalam menikmati pemandangan atau berjalan-jalan berada pada hutan mangrove, Maka selanjutnya kamu bisa mampir ke warung atau ke kantin yang ada di sekitar tempat wisata tersebut. Ada banyak macam makanan maupun minuman dengan harga bervariasi.

Jogging track

Fasilitas berikutnya yang dapat kamu temukan di wisata Banyuurip Mangrove Gresik ini yaitu jogging track untuk menawarkan suasana baru apabila kamu ingin berolahraga santai. Biasanya Kamu mungkin berkeliling sekitar Kompleks rumah untuk jogging. Agar kamu tidak merasa bosan maka bisa mencoba jogging di dalam area hutan mangrove Ujungpangkah dengan menjajal jogging track.

Mushola

walaupun kamu sedang menikmati waktu liburan dan bersantai bersama keluarga, jangan sampai lupa untuk melakukan kewajiban ibadah. Wisata Banyuurip mangrove Gresik juga menyediakan fasilitas mushola supaya para pengunjung tetap bisa menunaikan ibadah salat tepat waktu. Untuk menemukan mushola, kamu bisa langsung bertanya pada petugas setempat.

Gazebo

Jika kamu ingin berjalan-jalan atau santai duduk-duduk, wisata ini juga menyediakan Gazebo bagi para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak. Gazebo juga bisa menjadi tempat terbaik apabila kamu ingin menikmati bekal makanan yang kamu bawa selama berkunjung untuk menikmati suasana hutan mangrove eksotik dan pemandangan pantai.

4. Akses Jalan Ke Hutan Mangrove Ujungpangkah

Jika kamu punya rencana berkunjung ke Banyuurip Mangrove Gresik ini maka kamu harus membawa kendaraan pribadi. Hal ini karena tidak ada angkutan umum yang melintas untuk membawa para penumpang. Perjalanan bisa kamu mulai dari arah Kota Surabaya atau Lamongan kemudian bergerak menuju ke Kecamatan Manyar.

Ikuti jalan ke arah Pantai Delegan dan kamu akan menemukan Desa Banyuurip. Kemudian terdapat Gang kecil depan kantor balai desa, lalu ikuti jalur tersebut untuk menuju ke hutan mangrove Ujungpangkah.

5. Jam Buka Dan Tiket Masuk

Jam buka Banyuurip Mangrove Gresik tersebut yaitu mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore dari hari Senin sampai hari Jumat para pengunjung juga harus mengeluarkan biaya tiket masuk cukup murah yaitu Rp2.000 per pengunjung. Biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Informasi lengkap tentang wisata Banyuurip mangrove Gresik. Kamu harus berhati-hati ketika sedang berada di atas jembatan kayu dan hindari membuang sampah sembarangan. Akan lebih baik apabila kamu datang saat sore hari dan sebaiknya agar liburan jadi lebih hemat kamu membawa bekal makanan dan minuman.

5/5 - (1 vote)