Batu Love Garden, Tempat Wisata 600 Bunga di Batu Malang

Batu Love Garden – Ketika kamu mencari tempat wisata di kota Malang, rasanya kurang lengkap jika kamu belum singgah di kota Batu. Batu merupakan salah satu kota populer, banyak destinasi wisata edukatif yang akan kamu temukan disana. Itulah alasan mendasar mengapa masyarakat sekitar kota Batu menyebut bahwa Batu merupakan kota wisata.

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi, sekaligus menjadi tempat wisata baru di Batu adalah Batu Love Garden. Terkenal dengan sebutan BALOGA, temmpat wisata ini merupakan bagian dari Jatim Park Group dengan luas cabang wisata hingga 7 hektar. Itulah mengapa, BALOGA juga terkenal sebagai Jatim Park 4 dan telah resmi dibuka bagi para pengunjung sejak Desember 2020.

Konsep BALOGA adalah menyediakan tempat wisata dimana kamu bisa melihat hingga 600 jenis tanaman. Konsepnya mirip seperti Montreal Botanical Garden, Kanada. Hanya saja, Batu Love Garden mempunyai konsep lebih modern, dengan beberapa tempat foto instagrammable, plus wahana edukasi untuk arena bermain.

Alasan Harus Berkunjung ke Batu Love Garden

Batu Love Garden Malang

Ada beberapa alasan mengapa kamu wajib berkunjung ke Baloga, yaitu:

1. Pemandangan

BALOGA, ketika pertama kali kamu datang di tempat wisata ini, kamu bisa melihat gapura dengan bentuk hati. Balutan bunga pada sekitar gapura tersebut mempercantik suasana. BALOGA menyediakan area indoor dan outdoor, semua bagian tersebut sudah lengkap dengan tanaman bunga, termasuk asli maupun replikas.

Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai macam buah-buahan. Kesan pertama adalah suasananya yang asri, menarik, dan sejuk. Apalagi sebagai pengunjung, kamu bisa menikmati latar Gunung Arjuno jika sedang berkunjugn pada saat cuaca cerah.

Sedangkan wahana indoor artinya kamu akan menikmati keindahan tanaman replika. Wahana outdoor juga menyediakan tanaman bunga, bentuknya unik sehingga bisa kamu jadikan sebagai background foto. 30% tanaman bunga di Batu Love Garden merupakan tanaman luar negeri, termasuk bunga Petunia didatangkan dari Amerika Serikat.

2. Spot Instagrammable

Daya tarik berikutnya dari Baloga adalah karena adanya spot swafoto yang instagrammable. Hampir seluruh spot di tempat wisata batu ini terbilang cocok untuk background foto. Kamu bisa berfoto ria bersama keluarga atau rombongan pada bangunan ala Jepang, Walang Green house, Rumah Kupu-kupu, dan spot foto lainya yang unik juga menarik.

3. Zona Fresh Flower Batu Love Garden

Alasan berikutnya mengapa kamu harus berkunjung ke tempat wisata batu ini adalah Zona Fresh Flower, dimana ada tanaman hidup berwarna-warni. Tim pengembang pariwisata ini meletakkan berbagai bunga dalam berbagai pot kecil, lalu ditata supaya membentuk tampilan unik. Itulah mengapa kamu bisa memanfaatkan dekorasi ini sebagai latar belakang foto.

4. Zona Tropical Fruits

Pengunjung juga bisa memasuki zona ini loh, karena kamu bisa menikmati berbagai macam tanaman buah-buahan tropis. Kamu juga bisa sewa sepeda listrik kettika ingin berkeliling dari satu spot ke spot lainnya. Biaya sewa cukup terjangkau untuk 3 jam yaitu mulai Rp100 ribuan hingga Rp200 ribuan.

5. Walang Green House

Batu Love Garden juga punya zona greenhouse raksasa, disebut sebagai Walang Green House karena bentuknya mirip belalang. Ketika kamu masuk dalam area tersebut, ada berbagai jenis koleksi tanaman, termasuk kaktus, dan bermacam-macam tanaman karnivora. Berfoto pada area tersebut juga sangat menarik karena pemandangan yang tak kalah cantik.

6. Zona Dried Flower

Seperti namanya, dalam zona ini, sebagai pengunjung, kamu bisa langsung melihat seperti apa  bunga-bunga kering dirangkai secara rapi, cantik dan menawan. Beberapa bunga kering tersebut bahkan mungkin tidak pernah kamu lihat sebelumnya.

7. Dendrobium Orchid

Tidak bisa berpindah ke lain hati dari tanaman anggrek? Nah, kamu bisa memanjakan diri dengan mencoba masuk ke zona Dendrobium Orchid. Ya, tempat ini merupakan surga bagi siapapun yang suka anggrek. Ada banyak macam bunga anggrek dalam zona tersebut, dan bahkan kamu bisa membelinya sebagai kenang-kenangan.

8. Begonia Green House

Zona ini merupakan zona Begonia, dimana kamu bisa melihat langsung berbagai macam jenis tanaman gantung. Kamu bisa bersantai bersama pasangan maupun keluarga dalam tempat tersebut. Sudah ada banyak kursi yan tersedia untuk bersantai. Sehingga, kamu bisa beristirahat dengan nyaman dalam zona ini.

9. Batu Love Garden: Zona Hidroponik dan Aquaponik

Cobalah untuk mampir dalam zona ini, sehingga kamu bisa menambah wawasan tentang hidroponik, aquaponik, juga aquaculture. Jenis sayuran hidroponik bisa langsung kamu amati dan kamu temukan termasuk cabai, sawi, juga selada. Tidak hanya langsung belajar dari pakarnya, kamu juga akan memperoleh informasi menarik yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya tentang hidroponik dan aquaponik.

10. Ruang Praktek

Bagian paling unik dari Batu Love  Garden adalah keberadaan ruang praktek. Dalam zona tersebut, kamu bisa langsung belajar. Area ruang praktikum tersebut adalah dalam rumah kupu-kupu, karena adanya ruangan pelatihan maupun kelas untuk 45 orang.

Dengan mengikuti kelas, kamu bisa mengikuti kursus menanam hidroponik, budidaya jamur, membuat tanaman bonsai, menanam menggunakan berbagai teknik (stek, okulasi, cangkok), pelatihan aquascape, merangkai bunga, budidaya tanaman anggrek, juga kegiatan edukasi berkaitan dengan kultur jaringan.

Apa Saja Fasilitas Batu Love Garden

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja alasan mengapa BALOGA merupakan salah satu tempat terbaik untuk berwisata di kota Batu. Tidak hanya menawarkan banyak zona yang dapat kamu jelajahi, Batu Love Garden juga menyediakan banyak fasilitas umum.

Lokasinya merupakan tempat wisata edukasi bagi keluarga, sehingga terdapat fasilitas bermain termasuk taman kelinci, playground, kereta mobil, atau naik unta. Jika kamu ingin unggah berbagai foto dengan minim kuota, tidak perlu kuatir. Fasilitas WiFi tersedia, membuat kamu semakin nyaman menghabiskan waktu di lokasi.

Bahkan, ada juga gazebo dan rest area sehingga kamu bisa istirahat sejenak setelah lelah menjelajahi taman bunga dengan luas 7 hektar tersebut. Butuh 4 jam jika kamu ingin berkeliling ke Baloga.

Bagaimana Cara Menuju Ke BALOGA

BALOGA berada di Jalan Pandanrejo No. 91, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Jika kamu berada di alun-alun kota Batu, maka BALOGA tidak jauh jaraknya. Kamu mungkin perlu waktu 14 menit saja jika berada di Pusat Kota Batu.

Apabila kamu adalah pengunjung dari arah Surabaya, maka rekomendasi terbaik adalah keluar pintu ttol Singosari-Karanglo, dan terus menuju ke arah barat selama 30 menit. Setelah itu, kamu akan masuk dalam Kecamatan Bumiaji dan kamu juga akan melihat gapura bunga untuk tanda masuk Batu Love Garden.

Baca Juga : Pijat Panggilan Jogja Terapis Profesional

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk BALOGA

Berapa harga tiket masuk BALOGA? Menawarkan dua jenis tiket, BALOGA dapat kamu akses saat weekdays atauu weekends. Saat weekdays yaitu senin-kamis, maka tiket masuknya adalah Rp60.000 per orang. Akan tetapi, jika datang saat weekends yaitu jumat-minggu, maka harga tiket masuk mencapai Rp90.000 per orang.

Untuk jam operasional Batu Love Garden, yaitu dari jam 08.30-16.30. Area wisata yang luas membuat kamu sebaiknya datang saat pagi atau tidak terlalu siang atau saat jam operasional akan tutup. Justru dengan berangkat pagi atau tidak terlalu siang membuat kamu lebih bebas menikmati area wisata ini.

Beri Penilaian