7 Cara Memulai Bisnis Travel Umrah Untuk Pemula

Salah satu jenis bisnis yang wajib kamu pertimbangkan adalah bisnis travel umrah. Hal ini karena potensi jamaah umrah yang ada di Indonesia terbilang cukup besar. Bahkan kamu juga bisa memulai bisnis ini kapanpun.

Hanya saja untuk memulai bisnis tersebut bagi pemula, mungkin tidaklah mudah dan terbilang rumit. Apalagi jika kamu belum memiliki pengalaman di bidang Travel. Sebaliknya, jika kamu sudah punya pengalaman dalam dunia bisnis travel umrah, sebagai pemilik maupun karyawan, maka akan lebih mudah dalam memulai bisnis tersebut.

Cara Memulai Bisnis Travel Umrah Khusus Pemula

Cara Memulai Bisnis Travel Umrah Khusus Pemula

Jika kamu benar-benar tidak mempunyai pengalaman sama sekali, tetapi tertarik mencoba peruntungan dalam usaha travel ini, kamu bisa memulai bisnis tersebut dengan menjadi cabang Travel umrah atau agen terlebih dahulu. Cara ini justru sangat disarankan untuk pemula. Selanjutnya kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

Persiapan modal

Salah satu hal yang harus kamu pikirkan saat membuka bisnis travel umrah adalah berapa modal yang harus kamu siapkan. Modal yang dimaksud adalah uang yang akan kamu keluarkan untuk memulai bisnis ini. Sebagai biro Travel umrah, umumnya kamu membutuhkan sekitar 100 hingga 200 juta sebagai modal awal membuka bisnis tersebut.

Memang, bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar, karena adanya beberapa kebutuhan dasar yang harus kamu penuhi sebagai biro Travel umrah. Misalnya, kamu harus mengeluarkan deposit yang telah ditentukan Kemenag minimal 100 juta rupiah untuk biro travel umrah.

Sedangkan bagi teman-teman yang tertarik menjadi biro travel haji, maka harus memiliki deposit sekitar 500 juta Rupiah. Biaya tersebut juga diperlukan untuk penyewaan tempat usaha seperti ruko di lokasi strategis, pembelian alat kantor, dan deposit pada beberapa rekanan termasuk catering, maskapai penerbangan, hotel dan lainnya.

Kamu juga membutuhkan modal tersebut untuk mengurus izin usaha, membuat brosur dan banner untuk kebutuhan marketing, dan menyediakan simpanan gaji karyawan untuk 3 bulan.

Siapkan lokasi usaha

Apabila kamu masih pemula, kamu harus menahan terlebih dahulu keinginan untuk berinvestasi properti. Kamu baru saja merintis bisnis tersebut. Sehingga daripada menggunakan uang untuk membangun tempat usaha, sebaiknya gunakan uang secukupnya untuk menyewa sebuah kantor di lokasi strategis. Cara ini lebih hemat biaya sehingga kamu tidak perlu waktu yang lama dalam membuat kantor lokasi bisnis.

Kantor yang kamu sewa tidak harus luas. Kebutuhan luas kantor dapat disesuaikan ketika usaha mulai berkembang.

Persiapan awal usaha

Sebelum memulai bisnis travel umrah, persiapan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memiliki niat lurus. Berbisnis tersebut bukan tentang laba dan rugi. Pastikan pekerjaan di dunia tersebut telah dilandasi dengan iman dan orientasi akhirat. Sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan fokus, tenang, dan penuh tanggung jawab.

Dengan memiliki prinsip tersebut, kamu akan menjalankan proses bisnis secara hati-hati. Apalagi, bisnis umrah ini sangat berkaitan dengan urusan akhirat banyak orang. Kamu harus mampu membantu seluruh pengguna jasa agar bisa menjalankan ibadah sesuai dengan haknya. Jangan pernah berniat untuk menipu jamaah.

Mengurus legalitas bisnis

Kamu tidak akan mampu melanjutkan bisnis travel umrah ini apabila tidak memiliki izin yang dikeluarkan oleh Kemenag, sebagai PPIU. Kamu juga harus mengurus izin usaha termasuk PT, izin lokasi usaha, penggunaan NPWP, dan dokumen penting lainnya. Pastikan seluruh perizinan telah lengkap. Hal ini sangat penting untuk menunjang kredibilitas perusahaan supaya dapat dipertanggungjawabkan.

Merekrut SDM berpengalaman

Langkah berikutnya yaitu merekrut SDM atau karyawan pada biro Travel umrah. Sangat tidak mungkin Jika kamu harus memulai bisnis ini sendirian. Paling tidak kamu sudah harus memiliki tiga karyawan yang direkrut sebagai staf keuangan, customer service, dan juga bagian humas atau marketing.

Rekrut karyawan yang telah berpengalaman pada bidang tersebut, dengan persyaratan sudah berpengalaman paling tidak 1 tahun di bidang Travel. Merekrut karyawan yang berpengalaman membantu agar kamu bisa menghemat waktu dalam melatih karyawan, dan menghemat biaya pelatihan. Sehingga kamu benar-benar mencari karyawan yang sudah memiliki skill untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Ketika merekrut sumber daya manusia, kamu juga harus memperhatikan dari awal terkait kualitas layanan yang ingin diberikan. Kualitas pelayanan sangat menentukan. Kenyamanan dan kepuasan para pengguna jasa.

Tentukan target pasar

Langkah berikutnya ketika mendirikan bisnis travel adalah untuk menentukan terlebih dahulu target pasar yang akan kamu layani dalam usaha ini. Kamu harus mampu menentukan target pasar sebagai langkah penting yang wajib kamu pertimbangkan. Hal ini karena dapat mempengaruhi strategi pemasaran yang akan kamu lakukan.

Ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan saat menentukan target pasar. Selain usia, faktor-faktor lainnya yang harus kamu pertimbangkan yaitu hobi, minat, status sosial ekonomi, dan juga jenis kelamin.

Agar kamu bisa menentukan siapa target pasar yang sesuai, kamu wajib melakukan riset pasar terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan survei pada calon pelanggan. Atau kamu juga dapat melakukan observasi pasar.

Gunakan hasil riset pasar sebagai sumber informasi terkait profil calon pelanggan, harapan dan kebutuhan pelanggan, dan preferensi paket umrah yang akan kamu tawarkan. Jika sudah mengetahui profil dan referensinya, langkah berikutnya adalah Membuat strategi pemasaran yang efektif.

Lakukan promosi

Jika kamu sudah melakukan persiapan memulai bisnis travel umrah dengan matang, selanjutnya kamu harus membuat strategi untuk melakukan promosi. Kamu dapat menggunakan cara conventional Dengan menyebarkan brosur. Atau kamu dapat melakukan promosi dengan memanfaatkan internet, seperti membuat website dan promosi menggunakan media sosial.

Jika ingin menghemat biaya, kamu bisa melakukan kedua hal tersebut. Gunakan seluruh saluran promosi gratis yang ada dengan memanfaatkan internet, supaya langkah-langkah dalam melakukan promosi berjalan secara optimal. Cara ini membantu agar semakin banyak orang yang mengetahui bisnis yang kamu tawarkan.

Selain itu kamu juga akan memperoleh jamaah pertama dengan melakukan promosi yang gencar. Buat promosi lebih menarik dengan memberikan giveaway potongan harga bagi pendaftar pertama yang tertarik menggunakan jasa travel umrah dari kamu.

Website profesional

Langkah terakhir yang bisa kamu perhatikan jika tertarik memulai bisnis travel umrah adalah dengan membuat website profesional. Selain itu kamu juga bisa melakukan pengoperasian usaha lebih efektif dengan menggunakan bantuan software khusus supaya kamu bisa mendokumentasikan semua jenis transaksi dalam bisnis tersebut dari awal. Sehingga proses untuk dokumentasi dan keuangan bisa berjalan lebih efisien.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara agar kamu bisa memulai bisnis travel umrah. Ingat bahwa, bisnis yang kamu jalankan ini terkait dengan kelancaran ibadah banyak orang yang telah mempercayakan kebutuhan mereka dengan memilih jasa travel yang kamu tawarkan. Jaga kepercayaan tersebut dengan sebaik mungkin. Menjaga kepercayaan tersebut juga akan membantu agar bisnis kamu tetap lancar tanpa ada masalah dan bahkan menjadi pilihan paling kredibel

Beri Penilaian