Duran Duren Wonosalam, 5 Hal Penting Wajib Kamu Tahu

Duran Duren Wonosalam, adalah salah satu wisata terbaru di Jombang, kota santri yang menyediakan pesona pemandangan pegunungan. Wisata ini dibuka sejak tahun 2022 yang berada di Dusun Notorejo, kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Lokasi wisata ini berada di perbukitan, juga keindahan tanaman maupun beberapa pohon durian. Pemandangan ini membuat Mata terasa lebih segar. Apalagi suasana dingin, membuat kamu merasa seperti sedang jauh dari hiruk pikuk dan panasnya kota. Sesampai di lokasi, kamu juga dapat mencium aroma durian yang harum dan begitu kuat.

Gani Satria Aji selaku pengelola wisata menyebutkan bahwa tempat wisata tersebut berdiri sebagai tujuan untuk menambah jumlah daftar wisata yang ada di Wonosalam. Selain itu keberadaan tempat wisata ini adalah untuk menjadi ikon Kabupaten Jombang.

Pesona Apa Saja di Duran Doren Wonosalam?

pesona wisata duran duren wonosalam jombang

Wonosalam adalah salah satu kawasan yang populer dengan area wisata. Selain itu Kecamatan Wonosalam juga terkenal sebagai wisata durian. Apalagi pembukaan tempat wisata ini berbarengan dengan tahun baru 2022. Sehingga diharapkan akan semakin menyemarakkan wisata di Wonosalam.

Sebagai salah satu lokasi wisata baru, tidak hanya view atau keindahan alam yang dapat kamu temukan di lokasi tersebut. Duran Duren Wonosalam menyediakan beberapa wahana yang dapat kamu nikmati selama berkunjung. Contohnya, kamu bisa menggunakan fasilitas kolam renang, restoran, ruang penginapan, kawasan kemping, dan kolam ikan.

Pada umumnya, tempat wisata ini dipenuhi oleh para pengunjung dewasa. Akan tetapi, tidak sedikit pula keluarga yang membawa anak untuk berkunjung ke tempat tersebut sebagai area wisata keluarga. Salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga yaitu di restoran. Dari spot tersebut, kamu bisa menikmati keindahan wisata pada bagian bawah, kolam, juga fun camping maupun penginapan.

Harga Tiket di Duran Duren Wonosalam Tahun 2022

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana selama berlibur di Duran Duren Wonosalam, maka biaya tiket masuk menuju ke lokasi terbilang cukup murah. Pada hari biasa, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp15.000 per pengunjung. Sedangkan saat berkunjung pada akhir pekan, kamu harus merogoh kocek lebih yaitu sebesar Rp20.000.

Bagi anak-anak yang ingin berkunjung dengan usia kurang dari 3 tahun, maka tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Selain itu para pengunjung juga dapat membeli makanan maupun minuman pada restoran tersebut dengan biaya yang masih wajar, sama seperti harga makanan maupun minuman di lokasi wisata lainnya.

Jika kamu ingin mencari minuman paling murah, kamu bisa membeli kopi Wonosalam asli dengan harga Rp6.000. Tetapi jika ingin menikmati makanan sarapan dengan harga paling mahal yaitu sebesar Rp25.000 untuk menyantap nasi ayam.

Syarat Berkunjung Selama Pandemi

Saat ini, pandemi masih belum usai. Salah satu cara agar tempat wisata tetap beroperasi untuk sektor ekonomi daerah dan agar para pengunjung dapat berpergian selama liburan, maka terdapat beberapa kebijakan yang berlaku sesuai peraturan pemerintah dan kebijakan dari pengelola tempat wisata ini.

Jika kamu berkunjung ke wisata Duran Duren Wonosalam, maka ada beberapa hal yang wajib kamu patuhi terkait protokol kesehatan selama berkunjung. Pihak pengelola menyebutkan bahwa seluruh pengunjung harus menggunakan masker sebagai ketentuan wajib sekaligus tetap menjaga jarak selama berada dalam kawasan wisata tersebut.

Selain itu, hanya pengunjung yang sudah melakukan vaksinasi sebagai salah satu persyaratan jika ingin masuk pada pintu gerbang wisata. Protokoler kesehatan harus diperketat sebagai salah satu upaya bersama dalam mengantisipasi serta menanggulangi supaya dapat mencegah penyebaran virus Corona.

Itulah mengapa, tempat wisata ini sudah menjalankan standar pemeriksaan para pengunjung menggunakan alat seperti thermo gun untuk cek suhu, tempat untuk cuci tangan, penyediaan hand sanitizer, dan para pengunjung juga wajib mempunyai aplikasi PeduliLindungi.

Jam Operasional Duran Duren Wonosalam

Kamu juga wajib berkunjung sesuai dengan jam operasional yang menjadi kebijakan tempat wisata ini. Pihak pengelola menyebutkan bahwa para pengunjung dapat datang pukul 8 pagi, dan tempat wisata ini akan ditutup pada pukul 5 sore.

Kebijakan tersebut tidak berlaku bagi para pengunjung yang sudah memesan penginapan karena ingin camping atau karena ingin menggunakan fasilitas penginapan pada lokasi ini. Beberapa pengunjung juga banyak yang memilih menggunakan tempat tersebut untuk mengadakan berbagai acara termasuk acara pertemuan maupun kepentingan bisnis.

Keberadaan tempat wisata ini menjadi salah satu pilihan baru bagi masyarakat dari dalam maupun luar area Wonosalam. Sebagai tempat wisata baru akan lebih menyenangkan jika kamu datang bersama keluarga dan buah hati. Tempat tersebut dijamin membuat kamu merasa nyaman karena suasana yang masih alami, juga indah. Sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati udara segar bersama anak dan keluarga.

Lokasi Duran Duren Wonosalam Sebagai Edu Wisata

Lokasi Duran Duren Wonosalam Jombang berada di Notorejo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur 61476.

Duran Duren Wonosalam adalah tempat wisata sekaligus desa yang tidak berhenti dalam meningkatkan sektor pariwisata untuk perkembangan sumber daya manusia. Wonosalam adalah salah satu desa yang belakangan ini mampu meningkatkan banyak sektor. Pembuktian terbesar yaitu dari berbagai macam objek wisata baru untuk memenuhi permintaan masyarakat terkait Wisata.

Duran Duren adalah tempat wisata dengan konsep alam, sekaligus sangat berhubungan dengan buah durian. Hal ini karena kawasan wisata tersebut merupakan area terbesar budidaya durian sebagai salah satu cara menarik perhatian para pengunjung.

Baca Juga : Alun alun bawah tanah kota Surabaya

Program Outbond Untuk Semua Kalangan

Kawasan Duran Duren secara khusus merupakan tempat bagi para wisatawan yang ingin berkunjung maupun menikmati buah durian. Hebatnya, tempat tersebut mampu berkembang sebagai desa wisata untuk berbagai macam kegiatan outdoor termasuk outbound.

Kelebihan dari tempat wisata ini adalah menyediakan nuansa durian Wonosalam yang sangat berbeda jika kamu cari pada tempat lain. Para penyelenggara acaranya bahkan mampu melakukan paduan konsep kegiatan yang berhubungan dengan Alam Asri, eksotis dan sejuk. Beberapa konsep outbound juga dapat kamu nikmati dengan banyak pilihan mulai dari outbound sekolah, training development, program LDKS, outbound activity, dan event adventure.

Program outbound dari tempat wisata Duran Duren Wonosalam disediakan oleh pengelola wisata bagi berbagai instansi atau lembaga apapun. Peserta dalam program tersebut adalah objek untuk perkembangan sumberdaya mulai dari usia anak-anak Hingga belajar dan komunitas perusahaan.

Manfaat Program Outbond di Duran Duren Wonosalam

Dari program outbound yang ada di tempat wisata ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran atau jiwa sosial para peserta outbound dengan lingkungan sosial. Sehingga lebih menyatu dengan masyarakat lokal dengan cara berinteraksi selama program berlangsung. Membangun kebiasaan seperti ini akan meningkatkan jiwa sosial para peserta di tengah-tengah masyarakat.

Hal tak kalah penting lainnya adalah dengan berkunjung dan mengikuti program Outbound di Duran Duren Wonosalam, maka para peserta outbound dapat meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan alam.

Lokasi yang sejuk membuat para peserta harus menyadari akan pentingnya banyak pepohonan serta tanaman. Suasana yang berbeda dengan perkotaan juga membuat para peserta outbound semakin sadar betapa pentingnya memperhatikan lingkungan alam karena akan menciptakan kedamaian dalam diri sendiri.

4.3/5 - (21 votes)