4 Cara Join Mitra Mixue – Estimasi Modal dan Keuntungan Bisnis

Join mitra Mixue terbilang mudah. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan adanya Mixue. Franchise Mixue  sangat gampang dicari di banyak kota, bahkan sudah menarik banyak perhatian masyarakat. Pasalnya, Mixue langsung hadir di berbagai tempat secara masif. Lantas, berapakah modal membuka mixue yang harus kamu penuhi?

Sebagai salah satu brand minuman yang paling favorit bagi masyarakat sekarang ini, Mixue mampu menawarkan cita rasa yang enak dan juga dengan harga ramah di kantong. Minuman tersebut berasal dari China. Pembuatnya adalah Zhang Hongchao setelah terinspirasi dari minuman dingin yang ia jual di tempatnya bekerja.

Tahun 1997, ia menggunakan uang 4.000 yuan yang ia pinjam dari neneknya untuk membuka Mixue, kedai pertamanya. Selama dua tahun, tepatnya di tahun 1999, ia berhasil membuka kedai kedua secara resmi dengan nama Mixue Bingcheng.

Di Indonesia, kehadiran Mixue pertama kali ada di kota Bandung, yaitu pada tahun 2020, tepatnya di Cihampelas. Sampai sekarang, Mixue sudah membuka hingga lebih dari 300 gerai dalam waktu dua tahun saja!

Modal dan Cara Join Mitra Mixue

join mitra mixue

Berapa modal membuka join mitra Mixue perlu kamu ketahui untuk memulai franchise ini. Menurut penjelasan dari The Low Down Momentum, Mixue adalah franchise yang paling berhasil di dunia. Terdapat hingga 21.582 gerai hasil join mitra Mixue tersebar di dunia. Data ini diperoleh per Oktober 2022. Banyaknya gerai tersebut berhasil mengalahkan jumlah gerai dari Burger King atau Domino’s Pizza.

Modal yang dibutuhkan untuk join Mixue dibagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah membuka gerai di Ibu Kota Provinsi, yaitu kurang lebih 380 juta. Sedangkan kategori kedua yaitu membuka gerai di Kabupaten atau kota, membutuhkan kurang lebih 374 juta. Biaya tersebut sudah termasuk untuk biaya berikut:

  • Biaya manajemen – 18 hingga 24 juta
  • Biaya deposit – 40 juta
  • Biaya peralatan – 183 juta
  • Biaya bahan baku – 130 juta
  • Biaya pelatihan – 3 juta

Biaya join mitra Mixue tersebut belum termasuk biaya sewa lokasi usaha dan juga biaya gaji para pegawai. Untuk cara gabung franchise Mixue terbilang mudah, yaitu:

Baca Juga : 10 Jasa Sedot WC Resmi Pemkot Surabaya Terbaik

1. Penuhi Syarat Gerai Mixue

Pastikan untuk menyediakan lokasi gerai di tempat yang strategis dan berpeluang tinggi. Gerai join mitra Mixue harus memiliki luas bersih paling tidak 25 m2, tanpa ada tiang, tangga, dan elemen permanan lain. Sedangkan lebar sisi gerai paling tidak adalah 3,7 m dan tinggi plafon paling rendah yaitu 2,7 m.

Syarat lainnya untuk join gerai Mixue yaitu daya listrik harus 33.000 watt, dengan sumber air memadai. Kamu juga wajib memiliki NPWP perorangan atau memiliki badan usaha. Pendaftaran kemitraan dapat kamu lakukan dengan cara menghubungi manajemen Mixue di nomor berikut: 0819-9360-6666.

2. Lakukan Pengajuan

Dengan menghubungi nomor tersebut, kamu bisa mengajukan permohonan join mitra Mixue. Nantinya, kamu harus mengisi formulir pendaftaran. Selanjutnya, pihak manajemen dari Mixue akan menghubungi kamu kembali. Tujuannya adalah untuk melakukan evaluasi tentang formulir pendaftaran yang sudah kamu ajukan.

3. Survey

Jika pihak manajemen menyetujui pengajuan join mitra Mixue, maka akan mengirimkan tim untuk survey kelayakan tempat. Kemudian, akan ada penandatanganan kontrak untuk perjanjia dua belah pihak jika lokasi dinyatakan sudah layak. Pihak manajemen Mixue juga membantu untuk melakukan dekorasi toko.

4. Training dan Pembukaan Gerai

Terakhir, kamu hanya tinggal menunggu adanya pelatihan karyawan tentang SOP dan segala hal. Nah, jika semua tahapan untuk join mitra Mixue selesai, kamu pun dapat mengikuti proses pembukaan gerai Mixue milik kamu!

Keuntungan Franchise Mixue

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh ketika membuka bisnis Franchise Mixue, yaitu:

1. Halal

Menurut laman resmi dari LPPOM MUI sebagai lembaga pengkajian pangan Majelis Ulama Indonesia, outlet Mixue saat ini sedang dalam proses sertifikasi. Walaupun sertifikat halal masih dalam proses, pihak manajemen Mixue Indonesia memaparkan bahwa seluruh komposisi yang digunakan untuk pembuatan minuman franchise Mixue dijamin aman untuk dikonsumsi dengan bahan-bahan yang berkualitas.

Sertifikasi halal masih dalam proses karena Mixue menggunakan 90% bahan-bahan yang harus diimpor dari Tiongkok. Proses sertifikasi halal juga membutuhkan waktu karena harus mengajukan ke Shanghai Al-Amin.

2. Rasa Berkualitas, Harga Murah

Mixue menawarkan minuman yang berkualitas dan enak. Sehingga, banyak kalangan yang memilih untuk mencoba dan kini menjadi pelanggan. Harga es krim atau minuman di Mixue terbilang cukup terjangkau. Semua kalangan masyarakat dapat menikmati produk yang dijual di gerai Mixue.

3. Akses Mudah

Mixue muncul dengan menawarkan kemudahan akses bagi seluruh pelanggannya. Kamu bisa menemukan franchise Mixue di berbagai titik baik di daerah ataupun di perkotaan. Sehingga, semakin banyak dilihat, semakin membuat orang bisa lebih tertarik untuk membelinya.

4. Strategi Marketing Kuat

Tidak hanya kualitas rasa yang enak ataupun harga terjangkau, iklan dan juga promosi Mixue memberikan peran tersendiri. Sehingga, Mixue hadir sebagai salah satu franchise yang paling viral di Indonesia.

Brand franchise ini sangat rajin melakukan berbagai macam promosi, sehingga berhasil menarik perhatian calon pelanggan. Apalagi, franchise ini sudah mempunyai maskot Mixue yang mudah dikenal banyak orang, karena tampilannya yang menggemaskan. Tidak heran, banyak anak-anak hingga orang dewasa sangat menerima kehadiran franchise tersebut di Indonesia.

Mixue mempunyai banyak strategi yang membuat franchise ini jadi lebih mudah berhasil. Contohnya, Mixue menerapkan strategi Supply Chain Management, karena Mixue mampu menjadi brand the dan es krim yang sudah mempunyai pabrik dan gudang sendiri. Sehingga, supply bahan baku yang diperlukan sesuai kualitas yang diharapkan dan dengan harga bahan baku lebih rendah. Hal tersebut adalah salah satu keuntungan franchise mixue yang dapat kamu nikmati.

Contoh strategi pemasaran lainnya yang digunakan oleh Mixue adalah mampu memperluas jangkauan pasar, sehingga banyak gerai yang terus bertambah di berbagai kota, di Indonesia. Terdapat pula Product Development sebagai strategi inovasi dan modifikasi produk. Sehingga, masyarakat tetap betah dengan banyaknya pilihan produk unik di Mixue. Itulah mengapa franchise Mixue tidak pernah sepi pelanggan.

Walaupun demikian, setiap produk Mixue yang ada di gerai ditawarkan dengan harga yang justru lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kompetitornya. Kualitas kemasan juga tetap mempertahankan kualitas premium dengan desain kemasan yang menarik perhatian.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap tentang berapa modal dan cara join mitra yang harus kamu perhatikan jika ingin bergabung. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari semua modal yang telah kamu keluarkan. Perlu diingat bahwa modal tersebut belum termasuk biaya untuk gaji pegawai dan biaya sewa lokasi usaha.

Jadi, secara umum produk Mixue tidak akan membuat kamu mengalami kerugian. Mixue punya banyak inovasi, strategi pemasaran, dan memperhatikan bisnisnya dengan sangat baik. Sehingga, gerai yang dibuka juga terus bertambah sebagai bukti memang bisnis ini benar-benar berhasil secara pemasaran. Untuk itu, kamu harus jeli melihat terlebih dahulu peluang yang terbuka agar terus berhasil dengan franchise Mixue dan semoga bisa membuka gerai kedua!

5/5 - (1 vote)