pulau sempu

Pulau Sempu Malang, Surga Dunia yang Tersembunyi

Pulau sempu, apakah anda sudah pernah berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini? Pulau ini adalah cagar alam yang dilindungi pemerintah kota malang, sekaligus tempat konservasi. Artinya, tidak sembarangan orang dapat masuk dan berkunjung. Butuh izin pihak pengelola supaya anda mempunyai akses ke Pulau Sempu, namun semua itu tidak sulit.

Jika anda sudah sering sekali bepergian ke Batu Night Spectacular, menikmati berbagai maca wahana permainan, maka tidak ada ruginya untuk mencari tempat wisata lain, pesona alam sejuk. Salah satunya yaitu Pulau sempu, cocok untuk liburan bersama keluarga. Kendati demikian, anda wajib mempersiapkan kondisi fisik dan mental.

Pulau Sempu menjadi populer karena kecantikan alamnya. Pulau ini bahkan mampu menandingin kecantikan Phi Phi, pulau fenomenal Thailand sekaligus menjadi lokasi syuting film Leonardo De Caprio “Beach”.

Untuk membayar rasa penasaran anda tentang destinasi wisata yang satu ini, maka kamu dapat mencari informasi lengkap tentang bagaimana cara berkunjung, hingga tips liburan ke sempu supaya sesuai harapan. Berikut ulasan lengkapnya.

pulau sempu

Lokasi Pulau Sempu Malang

Berada di Hutan, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur dan berjarak sekitar 70 kilometer jika anda berada di pusat kota, maka wisata ini terbilang sangat jauh ketika anda memilih menggunakan kendaraan umum.

Cara rahasianya adalah dengan menuju ke Surabaya dahulu untuk para wisatawan luar kota. Untuk itu, anda harus menuju ke Terminal Bungrasih Surabaya, menuju ke Malang menggunakan bus antar ktota dari Surabaya ke Malang menempuh waktu dua jam.

Sesampai di Terminal Arjosari Malang, maka anda dapat menuju ke Terminal Gadang dengan naik angkutan bemo, kodenya AMG/AG. Sesampai di Gadang, lanjut naik bus Turen. Kemudian, naik lagi menggunakan angkutan umum ke Sendang Biru Malang.

Jangan kuatir kalau anda masih bingung, karena anda dapat menggunakan Google maps. Artikel ini membagikan titik kordinat, jadi tinggal gunakan saja supaya tidak salah arah.

Tidak perlu takut lagi kehilangan arah atau signal mendadak hilang. Hal ini lantaran anda menggunakan Google maps yang dapat berfungsi walaupun sedang offline. Akses ke lokasi terbilang banyak, melewati jalan hutan.

Harga Tiket Masuk Pulau Sempu Malang

Apabila anda ingin akses atau menyebrang ke Pulau Sempu, maka membutuhkan dana sekitar 120 ribu. Harga tiket masuk ke tempat wisata adalah 20 ribu, sedangkan harga sewa  transportasi perahu guna melintas adalah 100 ribu.

Anda juga dapat berkunjung ke Pantai Sendang Biru, tempatnya terbilang mirip seperti sempu. Anda tinggal mengeluarkan biaya 5 ribu rupiah saja ketika beli tiket masuk. Aktivitas terbaik adalah panorama sunset bareng keluarga sambil meneguk es kepala muda atau degan. Pulau Sempu juga bukan tempat wisata, sehingga tidak ada akomodasi seperti penginapan.

Sebaiknya, bawalah tenda ketika ingin liburan ke pulau sempu. Kemudian, mulai camping tanpa adanya masalah. Anda juga bisa mengajak teman untuk berkemah bersama.

Tips Liburan ke Pulau Sempu

Jika anda punya sudah mempunyai rencana berkunjung ke pulau sempu, maka anda harus melewati jalanan terjal. Itulah mengapa, anda harus benar-benar menjaga kondisi fisik sebelum hari keberangkatan. Dengan jalan semi tracking, jika merasa tidak sanggup, sebaiknya gunakan waktu untuk beristirahat sambil menikmati panorama indah pantai sempu. Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika berlibur ke sempu:

  • Bawa perlengkapan sendiri dari rumah jika ingin berkemah. Beberapa peralatan penting untuk liburan camping ke pulau sempu adalah tenda, senter, kompor, atau lainnya.
  • Selalu menyediakan baju panjang dan jaket tebal. Saat malam hari, suhu pulau sempu cenderung dingin.
  • Sunscreen tentunya tidak boleh anda lewatkan. Hal ini penting untuk melindungi kulit anda ketika berlibur ke sempu agar tidak terbakar sinar matahari.
  • Bawa makanan dan minuman secukupnya
  • Jangan pernah membuang sampah sembarangan, jaga lingkungan tetap asri ya!

Nah, sekarang anda sudah tahu apa saja hal-hal penting ketika ingin berlibur ke pulau sempu. Dengan adanya informasi ini, liburan juga akan terasa lebih menyenangkan. Sehingga, anda tidak akan bingung merencanakan banyak hal walaupun ini adalah momen pertama bagi anda. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur ya!

FAQ

Tarif masuk ke pulau sempu berapa?

Cukup membayar 20rb saja tiap orang.

Harga sewa perahu untuk menyebrang ke pulau sempu berapa?

Hanya 100rb saja, makin banyak wisatawan maka akan semakin murah.

Apakah bisa camping di sempu?

Bisa, bawa perlengkapan pribadi dan makanan secukupnya ya

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *