Simpang Lima Gumul – Fakta Wisata dan Harga Tiket Masuk

Simpang Lima Gumul, atau dikenal sebagai monumen SLG merupakan ikon Kediri. Sekilas, bangunan monumen tersebut akan mengingatkan siapapun pada Arc de Triompe yang ada di Paris. Monumen di Kediri ini menjulang hingga 25 meter dan luasnya mencapai 804 meter persegi. Sedangkan luas area keseluruhan di SLG terbentang hingga 37 hektare.

Pembangunan SLG tidak lepas dari peran Bupati Kediri pada tahun 2003, yaitu Sutrisno. Pembangunan monumen tersebut baru selesai pada tahun 2008 dengan biaya mencapai Rp 300 miliar. Disebut SLG karena letaknya. Monumen tersebut berdiri kokoh di persimpangan jalur lima dan mendapatkan julukan sebagai “Indonesia Rasa Luar Negeri”.

Tidak hanya berkunjung di SLG, kamu juga bisa menemukan beberapa spot menarik. Jika ingin tahu banyak tentang seperti apa fakta wisata dan informasi penting lainnya di Simpang Lima Gumul, berikut informasi yang bisa kamu simak.

Fakta Berkunjung ke Simpang Lima Gumul

simpang lima gumul kediri

Berada di kawasan strategis, SLG mempunyai banyak sarana umum. Kamu bisa melihat adanya gedung pertemuan atau convention hall, gedung serbaguna, terminal bus antarkota, pasar Tugu, dan Bank Daerah.

Agar rencana berkunjung ke Simpang Lima Gumul sesuai ekspektasi kamu, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang SLG yang harus kamu tahu:

1. Dulu, SLG cuman perempatan

Tahun 2003 adalah pertama kalinya SLG dibangun. Kemudian, Bapak Sutrisno selaku Bupati Kediri kala itu mulai meresmikannya di tahun 2008. Jauh sebelum awal pembangunannya, lokasi tersebut hanyalah jalan setapak dan perempatan.

2. Ukuran Simpang Lima Gumul Refleksi Hari Jadi Kediri

Disebut-sebut bahwa ukuran tinggi dan luas SLG adalah cerminan dari hari jadi Kediri, tepatnya pada 25 Maret 804. Sehingga, SLG dibangun dengan tinggi 25 meter dan luas bangunan mencapai 804 meter.

Pembangunan monumen tersebut lengkap dengan adanya tiga tangga dan enam lantai. Pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp300miliar hanya untuk Simpang Lima Gumul.

3. Relief di SLG adalah Seni Kediri

Para wisatawan yang tertarik mampir di Simpang Lima Gumul akan menemukan sejumlah relief di masing-masing sisi monumen tersebut. Semua relief tersebut adalah representasi kesenian dan budaya Kediri secara visual. SLG juga menyuguhkan patung Ganesha, tepat di bagian sudutnya.

4. Terowongan Bawah Tanah Simpang Lima Gumul

SLG mempunyai spot utama, dan kalau kamu penasaran dengan bagaimana para pengunjung bisa mengakses spot tersebut, jawabannya adalah lorong atau terowongan bawah tanah. Lokasi terowongan tersebut dapat kamu temukan di area parkir SLG.

Dimana Letak Simpang Lima Gumul?

Jika kamu punya rencana berlibur di Kediri dan penasaran dengan suasana di SLG, kamu bisa langsung meluncur ke Tugurejo, tepatnya di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa memanfaatkan Google Maps dan ikuti petunjuk arah.

Selama perjalanan menuju ke Simpang Lima Kediri, kamu dapat menikmati jalanan yang sudah mulus. Akses menuju ke lokasi juga bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi termasuk roda dua atau roda empat. Apabila kamu menggunakan transportasi umum seperti bis, mintalah supir untuk berhenti di pinggir monumen langsung.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk SLG

Jika kamu membutuhkan informasi terkait jam operasional SLG, kamu bisa mengunjungi monumen tersebut kapan saja, selama 24 jam dibuka. Hanya saja, pada pukul 11 malam, lokasi tersebut mulai tampak sepi.

Terkait berapa tarif tiket masuk di Simpang Lima, Kediri, tidak dipungut biaya. Berkunjung ke monumen tersebut adalah pilihan tepat apabila kamu ingin nongkrong atau menghabiskan waktu bersantai di tempat yang ramai secara gratis.

Jika masih ingin menikmati suasana malam hari, kamu bisa berpindah tempat ke kawasan Pasar Tugu, tidak jauh dari kawasan tersebut. Untuk area parkirnya, kamu harus menuju ke arah Pamenang.

Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan di SLG?

Pengunjung SLG, jika dari luar Kediri pasti akan kebingungan terkait aktivitas apa saja yang bisa dilakukan sesampai di lokasi. Padahal, ada begitu banyak kegiatan menarik yang wajib kamu lakukan selama di area monumen tersebut, sebagaimana berikut:

1. Berswafoto

Keindahan Simpang Lima Kediri ini pasti akan membuat kamu langsung teringat dengan keindahan Arc de Triompe, Paris. Banyak wisatawan memilih berfoto ria. Apalagi kalau kamu mengambil foto dari tengah pertigaan depan SLG, pasti hasil foto memuaskan!

2. Berkunjung ke Taman Hijau

Kegiatan menyenangkan lainnya yang wajib kamu lakukan selama di sekitar SLG yaitu berkunjung ke Taman Hijau. Taman asri ini dipenuhi dengan banyak tanaman hijau, tersedia pula fasilitas lengkap.

Pengunjung bisa bermain di jembatan kayu, bangunan tinggi, melihat-lihat kolam ikan yang estetik, bermain prosotan, sampai berfoto ria di kawasan yang tampak cantik tersebut.

3. Gumul Paradise Island

Jika ingin berwisata air, kamu bisa menghabiskan waktu di Gumul Paradise Island. Lokasinya menawarkan banyak pilihan kolam renang termasuk perosotan ekstrim. Wahana yang tidak kalah menantang di Gumul Paradise adalah flying fox, wahana 4D dan ada juga food court untuk memanjakan lidah.

Jika kamu tertarik menikmati wisata permainan air ini, Gumul Paradise Island selalu buka setiap hari Selasa-Jumat dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Sedangkan pada hari Sabtu-Minggu, Gumul Paradise Island dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Tanpa mampir ke Gumul Paradise Island, dijamin liburan kamu di Kediri terasa kurang sempurna!

Terkait harga tiket Simpang Lima Gumul Paradise Island, yaitu mulai dari Rp25 ribu sampai Rp 40 ribu. Lokasi tempat wisata ini berada di kawasan Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Harga tiket masuk tersebut sudah terbilang sangat terjangkau karena pengunjung dapat mencoba berbagai wahana permainan yang seru dan lengkap.

4. Pasar Tugu

Kawasan SLG Kediri juga menawarkan spot kuliner, yaitu Pasar Tugu. Areanya terbilang luas, dan ramai pengunjung terutama saat pukul 4 sore. Selain itu, ada juga event car free day.

PKL dan pedagang pun menawarkan banyak menu kuliner, seperti nasi ampok goreng, ayam krispi, minuman segar, dan jajanan lainnya.

Penutup

Nah, itulah ulasan lengkap tentang seperti apa fakta menarik bagi kamu yang ingin berkunjung ke SLG. Sebagai ikon Kediri, monumen tersebut terbuka bagi para pengunjung yang ingin menikmati wisata secara gratis di Kediri. Kamu juga bisa berkunjung kapan saja, karena lokasinya yang dibuka 24 jam!

Pastikan untuk membawa keluarga dan orang-orang yang kamu sayangi untuk bersantai sejenak di SLG. Tempat wisata yang terbilang gratis ini cocok buat kamu yang penasaran seperti apa sih cantiknya monumen SLG, seperti apa suasana dan keramaian pengunjungnya, serta seperti apa serunya beraktivitas di sekitar area yang dibangun dengan biaya hingga Rp300 miliar itu! Kalau kamu pernah berkunjung ke tempat wisata ini, menurut kamu worth it nggak sih untuk mampir di SLG?

Baca Juga : 10 Jasa Sedot WC Kediri Kota Kabupaten Harga Murah Bergaransi
5/5 - (1 vote)