5 Wisata Blitar Yang Wajib Kamu Kunjungi

Berikut adalah daftar 5 wisata Blitar yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Blitar adalah bagian dari Provinsi Jawa Timur, kota ini berada di sebelah barat daya kota Surabaya, dan sebelah barat dari kabupaten Malang. Kota Blitar merupakan daerah yang sangat terkenal di Indonesia karena, merupakan tempat dimakamkan persiden pertama Indonesia. Sekaligus, pendiri Republik Indonesia Sang Proklamator Ir, Sukarno.

Kota Blitar terkenal dengan sebagai Kota Patria dan Kota Proklamator karena, pada saat era penjajahan wilayah ini sangat sangat penting perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan yang di lakukan Laskar Peta atau Pembela Tanah Air di pimpin oleh Pahlawan Nasional Soeprijadi.

Blitar merupakan daerah yang sangat cocok bagi para travelling yang ingin berwisata, karena sangat lengkap dari, mulai tempat sejarah Republik Indonesia, gunung, laut, dan kerajaan peninggalan Majapahit.

Daftar 5 Wisata Blitar

wisata blitar paling bagus

Berikutnya, Travelnews akan membahas 5 wisata Blitar yang paling hits dan penuh sejarah beserta peta lokasi untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata di Blitar. Ada banyak sekali tempat pariwisata di Blitar namun, disini kita akan membahas daftar 5 terbaik menurut travelnews.

Wisata Religi Makam Bung Karno Presiden RI 1

Berlokasi di Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66133. Di kutip dari Wikipedia makam Bung Karno merupakan makam persiden pertama Republik Indonesia yang dibangun pada tahun 1970 dengan arsitektur ornamen khas Jawa.

Setiap tahun terdapat ratusan ribu peziarah, baik itu dari politik maupun rohani. Awalnya, pada komplek makam Bung Karno tersebut di pagari untuk membatasi peziarah agar tidak bisa mendekat ke komplek makam, karena merupakan simbol perlawanan bagi penguasa pada saat itu. Namun, setelah lengsernya Suharto kini makam itu terbuka bebas bagi masyarakat umum yang ingin berziarah ke makam sang Proklamator tersebut.

Negeri Dongeng

Negeri Dongeng, tempat wisata berupa miniatur Dunia berlokasi di Desa Kawedusan, kecamatan Ponggok. Meski hanya miniatur, tempat ini cocok untuk kamu ber selfie ria dan di unggah ke sosial media kamu.

Bagi traveller yang ingin melihat piramida mesir hingga monumen nasional atau monas, kamu tidak perlu jauh -jauh semuanya ada di tempat wisata ini. Kamu akan merasa berada di negri dongeng seperti pada film disney.

Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah sebuah gunung berapi paling aktif di Indonesia yang berada di perbatasan Kabupaten Blitar dan kabupaten Kediri, sekitar 25 km dari pusat kota Blitar. Wisata Gunung Kelud terdiri dari Zona Agrowisata Margomulyo, Zona Sirkuit Kelud, dan Zona Produksi yang mempunyai atraksi berbeda.

Tempat ini cocok bagi kamu pecinta alam karena, disini juga kamu bisa melakukan pendakian dengan mengikuti rute yang telah disediakan.

Pantai Teh Pulo Blitar

Pantai Teh Pulo Blitar lokasinya ada kecamatan Panggungrejo, jika kamu mengendarai kendaaran dari kota sekitar 75 menit waktu yang kan kamu tempuh. Akan tetapi, kamu harus ekstra waspada karena perjalanan menuju pantai Teh Pulo melewati jalanan yang berbukit yang lumayan terjal. tapi setelah kamu sampai di tempat ini rasa lelahmu akan terobati dengan pemandangan yang menyegarkan mata.

Ada tiga wilayah di lokasi wisata ini terdiri dari Wedhi Kembar, Wedhi Ciut, dan Wedhi Ombo yang harus kamu nikmati dan jangan sampai terlewatkan. Jika berkunjung ke lokasi Pantai ini jangan sampai lupa membawa perbekalan, karena di tempat ini masih jarang warung atau mini market.

Candi Penataran

Candi Penataran adalah candi peninggalan umat Hindu yang di bangun pada tahun 1286 sebagai penangkal bahaya letusan Gunung Kelud. Candi Penataran merupakan salah satu candi termegah di Jawa Timur selain di Trowulan Mojokerto.

Candi Penataran juga disebut dengan Candi Palah karena, lokasinya berada di Penataran maka masyarakat menyebutnya dengan Candi Penataran. Selain, menyimpan jejak sejarah pada jaman kerajaan di komplek Candi ini kamu juga bisa bersantai dan ber selfie ria dengan background yang sangat klasik.

Kapan Buka Lokasi Wisata Blitar ?

Untuk saat ini karena masih diberlakukan PPKM Darurat maka keseluruh tempat wisata tersebut masih tutup. Setelah selesai PPKM Darurat kami akan kembali update pembukaaan tempat wisata diatas.
Beri Penilaian