wisata gunung jawa timur

5 Rekomendasi Wisata Gunung Jawa Timur

Wisata Gunung Jawa Timur adalah salah satu destinasi bagi para pengunjung yang suka travelling ke pegunungan. Mendaki bukanlah aktivitas yang mudah karena kamu harus melewati jalan dan membutuhkan fisik yang prima. Akan tetapi, keindahan ketika sampai di puncak gunung membayar semua lelah.

Wisata Gunung di Jawa Timur berikut akan melengkapi pengalaman traveling karena lokasi dan pemandangan seluruh pegunungan Jawa Timur ini adalah surga dunia yang membuat kamu pasti merasa puas.

Pada konten sebelumnya, kamu mungkin sudah membaca tentang bagaimana panorama alam indah saat berwisata ke lokasi Pantai seperti rekomendasi wisata jawa timur. Pada artikel tersebut, kamu beri kesempatan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang panorama lautan Jawa Timur terutama area pantainya.

Namun kali ini kami ingin membawa imajinasi kamu untuk langsung berwisata ke gunung Jawa Timur.  Sehingga informasi ini sebaiknya jangan sampai kamu lewatkan.

Rekomendasi Wisata Gunung Jawa Timur

1. Kawah Ijen, Bondowoso

wisata gunung jawa timur

Kawah Ijen mempunyai keindahan alam yang tidak terbantahkan. Destinasi wisata ini begitu populer sampai para wisatawan internasional pun sudah mendengarnya. Kawah Ijen Berada di kecamatan Licin, Banyuwangi dan Bondowoso.

Faktanya, destinasi wisata tersebut adalah kawah asam paling besar dunia dengan tinggi dinding kaldera tembus angka 500 meter sedangkan luas kawahnya mencapai 5,466 hektar. Informasi tersebut terdengar sangat menyeramkan, tetapi ketika kamu sudah sampai di lokasi justru kamu akan berdecak kagum.

Kawah Ijen menawarkan kombinasi sinar matahari oranye dengan pemandangan kawah berwarna hijau tosca yang sangat memanjakan mata. Para pendaki pun dapat menikmati fenomena alam unik yaitu blue fire jika berkunjung saat dini hari.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah wisata Gunung paling cantik Jawa Timur karena para pengunjung dari berbagai daerah termasuk turis ikut penasaran dengan panoramanya. Gunung Bromo terdapat padang pasir panjang yang sangat menarik wisatawan. Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan selama berada di Gunung Bromo termasuk mendaki berkuda atau menikmati matahari tenggelam.

Banyak pendaki sudah mampir ke Gunung Bromo walaupun status gunung ini masih aktif sebagai gunung vulkanik. Beberapa daerah titiknya yaitu Pasuruan, Malang Lumajang, dan Probolinggo. Jika kamu hadir pada waktu yang tepat kamu dapat menyaksikan ritual khusus masyarakat lokal.

3. Gunung Semeru

Wisata gunung terapik di Jawa Timur berikutnya yaitu gunung Semeru. Bentuk Gunung merapi ini kerucut dan sekaligus menjadi yang paling tinggi di Pulau Jawa. Di sekitar Gunung tersebut terdapat banyak tempat wisata yang dapat kamu nikmati ketika merasa letih mendaki. Misalnya, kamu dapat berkunjung ke Ranu Regulo, kebun teh kertowono, air terjun Coban Sewu, dan ranukumbolo.

Ranu regulo adalah danau di kaki gunung yang yang letaknya tersembunyi dari Rani Pani. Danau lainnya berada di kaki gunung yaitu Ranu Kumbolo. Danau adalah tempat transit bagi para pendaki yang ingin menuju ke Puncak Mahameru sehingga dapat menikmati panorama danau untuk mendirikan tenda dan beristirahat.

Kebun teh kertowono menyuguhkan pemandangan mempesona karena posisinya berada di lereng gunung Semeru menawarkan udara sejuk bagi siapapun yang mengunjunginya. Wisata Gunung terapik Jawa Timur ini berada di kaki gunung termasuk air terjun Coban Sewu dengan pemandangan eksotis dan tebing tinggi.

4. Gunung Kelud, Kediri

Gunung Kelud adalah gunung api yang tetap berstatus aktif sampai saat ini, dimana para pendaki bebas menikmati banyaknya wahana dan adanya jalan setapak. Selain dapat menikmati pemandian air panas, kamu dapat mencoba flying fox atau pun panjat tebing. Biaya untuk menikmati seluruh wahana tersebut tergolong murah yaitu hanya Rp5.000. Ketika berkunjung ke Gunung Kelud, salah satu bagian istimewanya yaitu pemandangan kubah lava pada gunung tersebut.

5. Puncak B-12, Lumajang

Puncak B12 Lumajang adalah pilihan terakhir wisata Gunung Jawa Timur yang menjadi destinasi populer kalangan anak muda dengan hobi mendaki. Selain bagian puncaknya yang tampak Indah, tempat wisata ini berada di sebelah Gunung Bromo sehingga kamu juga dapat memperoleh pemandangan yang sangat mempesona.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja destinasi wisata Gunung Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi jika mempunyai waktu luang dan berencana untuk mendaki bersama orang-orang yang kamu sayang termasuk keluarga atau kerabat. Setiap gunung pasti mempunyai keunikan dan keindahan masing-masing sehingga tidak mungkin ada pemandangan yang sama yang disuguhkan.

Itulah mengapa kamu harus mengunjungi seluruh destinasi wisata pegunungan tersebut sesuai rencana liburan. Masing-masing pasti mempunyai pengalaman mendaki gunung yang sama yaitu melewati jalanan terjal, panjang dan melelahkan.

Akan tetapi semua rasa lelah tersebut akan terbayar ketika kamu sudah sampai puncak gunung dan menikmati panorama keindahan alam yang tidak ada duanya. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit ketika kamu hendak mendaki gunung ya!

Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *