Bangsring Underwater Banyuwangi – Update Tiket Masuk 2022 dan Tips Wisata

Bangsring Underwater Banyuwangi adalah salah satu tempat wisata terbaru yang cukup unik berada di bagian utara Banyuwangi. Tempat wisata tersebut merupakan wisata buatan yang lebih banyak menawarkan permainan air bagi para pengunjung. Bermula dari sebuah pemanfaatan wilayah pantai kemudian menjadi area wisata dengan menawarkan biota alam cara sebagai cara melestarikannya.

Bangsring Underwater atau Bunder juga terkenal dengan sebutan rumah apung bangsring. Nama Bangsring Underwater Banyuwangi sendiri diperoleh dari sebuah desa berada pada kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Area tersebut merupakan tempat dimana mayoritas penduduk mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Hal ini karena lokasi Desa Bangsring berada pada area pesisir Selat Bali

Fakta Menarik Tentang Bangsring Underwater

Bangsring Underwater Banyuwangi

Jika kamu punya rencana berkunjung ke Bangsring Underwater Banyuwangi, maka akan Lebih Baik kalau kamu mengetahui beberapa fakta menarik berikut:

1. Awal Mula Tempat Wisata Bangsring Underwater

bermula sebagai area pantai bangsring, para nelayan sering menggantungkan hidupnya untuk menangkap ikan-ikan laut siap konsumsi. Area pantai kemudian menjadi tempat penjarahan laut, mulai muncul nelayan yang tidak bertanggung jawab menggunakan cara illegal seperti potasium dan Bom laut.

Tidak ingin terlambat, para pemuda karang taruna mulai menggali potensi pada Bangsring Underwater Banyuwangi. Dari kerja keras mereka, akhirnya berbuah manis sehingga menjadi tempat wisata buatan dengan adanya rumah terapung pada garis pantai.

Rumah apung ini berada 100 meter pada garis pantai. Rumah apung tersebut juga mempunyai keranda pada bagian kanan kiri untuk menangkap ikan ikan hias maupun terumbu karang. Bahkan belakangan ini ditemukan anak hiu yang menjadi salah satu ikan hias hasil tangkapan yang cukup menarik perhatian.

Saat ini rumah apung bangsring juga mempunyai kegiatan penanaman terumbu karang rutin setiap tahun. Hal ini merupakan salah satu kegiatan untuk mewujudkan kelestarian biota laut setelah dulunya terjadi penjarahan laut.

2. Lokasi Tempat Wisata Bangsring Underwater

Tempat wisata ini berada pada area pesisir pantai bagian Utara Kabupaten Banyuwangi. Kamu memerlukan waktu 40 menit jika berasal dari pusat Kota Banyuwangi menuju ke arah utara atau ke arah Situbondo.

Apabila kamu dari jalan raya, maka kamu harus masuk pada bagian area perkampungan sebelah timur yaitu sampai 1 km. Setelah itu, kamu akan menemukan gapura dengan tulisan mutiara Pulau Tabuhan.

3. Rute Dan Akses Menuju Bangsring

Jika kamu ingin menuju ke Bangsring Underwater Banyuwangi, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat kamu gunakan. Kamu bisa memilih akses menggunakan jalur udara, laut, ataupun jalur darat.

Jika ingin menggunakan jalur darat maka kamu harus menggunakan pesawat terbang. Kemudian, dari bandara Banyuwangi, kamu bisa menyewa mobil terlebih dahulu untuk memulai perjalanan dari Rogojampi menuju ke Banyuwangi Kota. Perjalanan terus berlanjut sampai ke Wongsorejo dan berhenti di desa bangsring.

Jika ingin menggunakan jalur kereta api, maka kamu harus mulai dari Stasiun Surabaya atau Stasiun Jember. Turun pada stasiun Banyuwangi untuk menuju ke bangsring dengan cara menyewa mobil. Rute perjalanan yaitu mulai dari Ketapang, Banyuwangi, Wongsorejo, bangsring.

Apabila kamu lebih memilih naik kendaraan bus antar kota, maka perjalanan yang harus kamu tempuh yaitu dari terminal Jember atau terminal Mengwi, Denpasar jangan turun ke pelabuhan Ketapang Kabupaten Banyuwangi. Kemudian kamu harus menyewa kendaraan roda empat terlebih dahulu untuk turun ke bangsring. Rutenya sama seperti naik kereta api yaitu Ketapang, Banyuwangi, Kecamatan Wongsorejo, desa bangsring.

Apabila ingin naik travel antar kota, kamu bisa menggunakan jasa travel tersebut dengan biaya mencapai Rp150.000 per penumpang. Biasanya jasa travel seperti ini tersedia pada beberapa kota besar seperti Malang atau Surabaya. Jasa travel ini akan langsung menurunkan kamu ke Bangsring Underwater Banyuwangi. Jadwal pemberangkatan masing-masing Travel bisa berbeda.

4. Tiket Masuk Bangsring Underwater

Sampai di lokasi, pengunjung diharuskan membeli tiket masuk terlebih dahulu jika ingin menikmati pesona dan keindahan Bangsring Underwater Banyuwangi. Menariknya, biaya tiket masuk ke bangsring tersebut cukup murah yaitu hanya Rp5.000 per pengunjung.

Sedangkan kamu juga harus mengeluarkan biaya tiket transport lokal mulai dari jalan raya utama sampai ke lokasi wisata dengan biaya Rp8.000 per pengunjung untuk pulang-pergi.

Apabila kamu tertarik menikmati taman indah bawah laut, maka kamu harus mengeluarkan Biaya Rp35.000. Sedangkan jika ingin sewa perahu maka harus mengeluarkan biaya Rp10.000 per orang.

Jam operasional Bangsring Underwater yaitu mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore. Apabila kamu ingin bermain snorkelling, maka sebaiknya kamu membawa perlengkapan pakaian ganti. Jika ingin menyewa alat snorkeling seperti masker dan juga pelampung maka kamu juga harus menyediakan biaya sebesar 35.000 Rupiah.

Perlu diketahui bahwa kendaraan terbesar di Bangsring Underwater yang bisa masuk menuju ke area adalah Elf long kapasitas 17 bangku penumpang. Apabila ada pengunjung yang menggunakan kendaraan lebih besar seperti bus medium atau bus besar maka harus membayar jasa transport lokal dari jalan raya utama sampai menuju ke lokasi wisata. Apabila kamu menuju ke Bangsring Underwater dan masuk menuju Area jalan perkampungan, sebaiknya kurangi kecepatan dan tetap waspada. Hal ini karena kamu bisa saja berpapasan dengan anak-anak kecil yang sedang bermain.

5. Fasilitas di Bangsring Underwater Banyuwangi

Rumah apung Banyuwangi merupakan salah satu tempat liburan dengan konsep keindahan alam terutama bawah laut. Jadi jika kamu beranggapan bahwa itu adalah lokasi tempat makan, maka hal tersebut kurang tepat.

Lokasi tersebut menyediakan 3 guguk dengan toilet. Kamu bisa menikmati adanya keindahan panorama Taman maupun ekosistem bawah laut.

6. Kegiatan Liburan di Bangsring Underwater

Para pengunjung bisa menikmati waktu liburan dengan cara snorkeling ataupun berenang bersama ikan hiu. Bahkan tidak sedikit wisatawan asing yang seru memegang ikan hiu secara langsung karena memang ikan hiu tersebut adalah ikan hiu jinak.

Selain itu Bangsring Underwater juga merupakan tempat di mana kamu bisa belajar berbagai macam spesies, terutama ikan hias mulai dari ikan Nemo sampai belajar tentang terumbu karang pada bagian area bawah laut. Jika kamu sangat menyukai rekreasi air dan eksotisme bawah laut, Bangsring Underwater sebagai tempat wisata terbaru ini merupakan pilihan tepat.

Kamu juga bisa melihat Bagaimana hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan seluruh masyarakat terlibat dalam pemberdayaan terumbu karang hingga mencapai 15 hektar.

Selain itu kamu bisa mengabadikan foto maupun mengambil gambar. Jangan sampai kamu melewatkan keindahan alam dan pesona bawah laut jika sudah berkunjung ke Bangsring Underwater Banyuwangi.

Itulah informasi lengkap tentang panduan wisata Bangsring Underwater Banyuwangi. Dari informasi ini, sebaiknya kamu berkunjung ke lokasi saat pagi hari supaya bisa memilih dan lebih bebas menikmati pesona alam di sekitar rumah apung tersebut.

Apabila kamu sudah berada pada rumah apung, kamu juga bisa bergerak menuju ke Pulau Tabuhan untuk menikmati suasana di pantai tersebut. Jangan lupa untuk turut menjaga kelestarian alam terutama pesona bawah laut Bangsring Underwater Banyuwangi. Hindari menyentuh Karang dan jangan pernah mengganggu ikan hias atau ikan-ikan hiu di sekitar area tersebut.

5/5 - (2 votes)