Pantai Balekambang Malang– Harga Tiket Masuk 2022 dan Tips Wisata

Alamat Pantai Balekambang: Dusun Sumber Jambe, desa srigonco, Jalan Balaikambang, sumberbening, Bantur, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Pantai Balekambang Malang adalah salah satu pantai yang sudah ada sejak tahun 1985 dan kini menjadi salah satu pantai paling ramai dibicarakan oleh wisatawan. Hal ini karena Pantai Balekambang mampu menyajikan pesona alam yang masih bersih dan terawat. Sehingga tidak ada sampah ataupun kotoran yang membuat kamu sebagai pengunjung merasa nyaman berlibur. Bahkan area tempat wisata ini sering menjadi lokasi latihan bagi tim sepak bola ternama seperti Persema dan Arema.

Sebagai salah satu pantai pasir putih bersih, Pantai Balekambang juga memperoleh gelar Kuta-nya Malang. Apalagi para pengunjung akan dimanjakan dengan akses jalan mudah dan pemandangan indah. Bahkan tidak hanya pesona wisata pantainya tetapi juga wisata kuliner, wisata budaya, dan juga wisata religi.

Panduan Lengkap Wisata Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang

Jika pada akhir pekan ini kamu mempunyai rencana untuk berkunjung ke Pantai Balekambang Malang, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebagaimana berikut:

1. Harga Tiket Masuk Pantai

Para pengunjung tidak akan dibebani dengan biaya tiket masuk yang mahal. Kamu hanya perlu mengeluarkan beberapa belas ribu saja supaya bisa menikmati pesona eksotisme pantai Balekambang Malang. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk membayar tiket masuk yaitu Rp15.000.

2. Berkunjung Di Pantai Balekambang Selama Pandemi

Selama ini Pemerintah sedang membatasi adanya kerumunan terutama pada area tempat wisata untuk mencegah penyebaran covid 19. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung langkah tersebut maka Pantai Balekambang Malang menyediakan beberapa syarat bagi para pengunjung.

Pertama, kamu harus melakukan scan barcode PeduliLindungi. Kemudian, para pengunjung harus memenuhi protokol kesehatan pada area pantai yaitu dengan rajin cuci tangan, cek suhu, pakai masker, dan jaga jarak. Bagi anak-anak yang ingin berkunjung ke lokasi, maka harus ada pendamping dewasa atau para orang tua.

3. Jam Operasional

Pantai Balekambang Malang dibuka selama 24 jam setiap harinya. Hanya saja untuk loket karcis dibuka saat pagi sampai sore saja. Biasanya para pengunjung memilih menikmati pantai balikambang saat hari libur, atau hari raya besar. Jadi Jika kamu ingin berkunjung untuk menghindari kerumunan, sebaiknya berkunjung pada hari-hari normal.

4. Berkemah Dan Berenang di Pantai Balekambang Malang

Ada beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat kamu lakukan selama berada di kawasan pantai tersebut. Selain berenang, kamu bisa juga melakukan beberapa kegiatan.

Pertama berkemah, karena para pengunjung memperoleh izin berkemah tanpa harus bayar biaya tambahan lagi.  Kamu juga harus mempersiapkan tenda sendiri dan segala perlengkapannya. Hal ini karena Pantai Balekambang juga tidak menawarkan adanya penyewaan tenda.

Pengunjung juga bisa memilih lokasi berkemah, meskipun pada bagian area tepi pantai. Tetapi kamu harus berhati-hati supaya jangan terlalu dekat ke arah bibir pantai supaya tenda tidak terseret.

Kamu juga bisa menikmati aktivitas lainnya saat malam hari. Contohnya banyak anak yang masih muda melakukan aktivitas bakar jagung atau api unggun, menyanyi, dan lainnya sebagai hiburan.

Aktivitas lainnya yaitu berenang, karena pengunjung diperbolehkan untuk berenang selama berada pada kawasan pantai tersebut. Walaupun demikian kamu juga harus tetap ekstra Waspada, sebab pantai ini mempunyai ombak dan kamu harus waspada dengan batas yang telah ada.

Petugas pantai akan selalu memantau para pengunjung dengan siap siaga pada pinggir pantai. Selain itu ada juga petugas yang mengawasi menggunakan perahu karet Untuk para pengunjung yang sedang berenang atau bermain air. Hal ini merupakan bagian dari keselamatan para pengunjung.

Kamu juga wajib menyiapkan baju ganti dengan menggunakan fasilitas toilet untuk membersihkan diri setelah asyik bermain air. Apabila kamu lupa membawa baju, kamu bisa mencari baju baru pada toko oleh-oleh.

Baca Juga : Tempat Wisata Lembah Indah Malang

5. Mengunjungi Lokasi Pulau Dekat Pantai Balekambang

apabila kamu merasa ingin menjelajahi area Pantai Balekambang Malang, maka sudah menjadi hal wajib untuk mencari tahu tentang Pulau Ismoyo, Anoman dan pulau Wisanggeni. Dari ketiga pulau yang berada di sekitar pantai Bale Kambang tersebut, pilihan populer masyarakat adalah pulau Ismoyo.

Hal ini karena Pulau Ismoyo mampu menawarkan Pesona hampir mirip seperti Tanah Lot. Pulau pulau Ismoyo juga mempunyai pura dimana kamu bisa berkunjung. Pura tersebut terkenal dengan sebutan pura Amarta Jati. Jika ingin berkunjung ke pura, kamu harus menyeberangi jembatan terlebih dahulu sebagai penghubung antara pantai dan pulau.

Jika kamu berkunjung pada hari yang tepat maka kamu bisa melihat masyarakat Hindu sedang melakukan ibadah terutama saat hari raya Nyepi. Hal ini karena pura tersebut adalah tempat suci bagi masyarakat beragama Hindu. Jika berkunjung ke pura tersebut maka kamu juga harus mengikuti peraturan. Bagi wanita yang sedang datang bulan, maka tidak boleh masuk dalam pura.

6. Memancing Dan Bermain Flying Fox

Selain berenang, berkemah atau menikmati api unggun saat malam hari untuk hiburan, Pantai Balekambang Malang juga merupakan tempat terbaik untuk memancing. Akan tetapi kamu harus menyiapkan peralatan sendiri. Kamu juga bisa membawa pulang hasil memancing ikan atau bisa juga membakar hasil memancing sambil berkemah.

Pantai Balekambang juga mempunyai wahana flying fox yang sudah ada sejak tahun 2012. Wahana tersebut tersedia pada saat hari Sabtu dan hari Minggu. Kamu bisa mencoba Wahana menyenangkan ini untuk melintasi bibir pantai sampai kamu bisa melihat seluruh pemandangan pantai.

7. Bermain Di Sungai Kecil Dan Wisata Kuliner

Pantai Balekambang Malang juga merupakan salah satu tempat menyenangkan bagi anak-anak. Mereka bisa bermain secara aman karena terdapat sungai kecil pada area pantai tersebut.

Bahkan pihak pantai juga menyediakan sewa ban supaya anak-anak bisa bermain secara aman. Apabila ingin menyewa ban, kamu hanya perlu mencari petugas.

Jika perut sudah mulai keroncongan, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di sekitar pantai Balekambang. Tanya kamu bisa menemukan banyak kakek ataupun warung yang menjajakan makanan dengan biaya cukup terjangkau.

Para pengunjung bisa memilih aneka menu atau makanan dengan harga mulai Rp10.000 sampai Rp25.000 per porsi. Walaupun sampai saat ini Pantai Balekambang Malang tidak memberikan larangan makan di tepi pantai, adalah hal wajib untuk menjaga kebersihan.

8. Berbelanja Dan Bersantai

Hal lain yang dapat kamu lakukan selama berkunjung di Pantai Balekambang Malang adalah berbelanja oleh-oleh. Kawasan pantai tersebut menyediakan toko untuk membeli oleh-oleh seperti baju, topi, juga kacamata. Harga yang ditawarkan bervariasi. Apabila kamu mempunyai kemampuan nego atau tawar harga cukup baik, maka kamu bisa memperoleh harga yang sangat murah.

Apabila kamu tidak tertarik bermain air dan membuat pakaian jadi basah, kamu juga bisa menikmati pemandangan dengan cara berjemur atau bersantai di pinggir pantai. Ada warung sekitar pantai yang menyediakan tikar sehingga kamu bisa menyewanya dengan harga bervariasi.

5/5 - (1 vote)