8 Cara Bisnis Skin Care Pemula Wajib Tahu!

Salah satu bisnis yang sedang hits di tahun ini adalah bisnis Skin Care. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki trend perawatan tubuh dan kecantikan yang terus meroket. Bahkan tidak sedikit artis yang mulai melirik bagaimana cara bisnis Skin Care untuk menghasilkan produk lokal yang berkualitas.

Bisnis ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu ide usaha yang menjanjikan. Hal ini karena kebutuhan perawatan kulit akan terus dibutuhkan untuk perempuan maupun laki-laki.

Bagaimana cara memulai bisnis Skin Care

cara bisnis skin care sukses

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan jika ingin memulai cara bisnis Skin Care:

1. Tentukan jenis bisnis

Adalah anggapan yang salah apabila kamu harus mengeluarkan modal yang besar atau mempunyai tempat usaha terlebih dahulu saat menjalankan bisnis Skin Care. Bisnis ini dapat dimulai dengan budget secukupnya. Kamu dapat mencoba memulai bisnis tersebut menggunakan (jasa titip) atau menjadi dropshipper.

Kedua pilihan tersebut terbilang mudah dan dapat kamu tekuni dengan memanfaatkan internet dan smartphone. Mulai menjalankan bisnis tersebut dengan keberanian menggunakan cara online.

2. Pelajari trend dan riset pasar

Mengerti tentang trend industri saat ini akan memberikan peluang besar dan merupakan cara bisnis skin care. Kamu bisa mencobanya dengan riset dan pelajari masalah kulit maupun kebutuhan perawatan masyarakat di Indonesia. Contohnya, salah satu masalah yang paling sering terjadi yaitu kulit berjerawat dan tampak kusam. Untuk menjawab trend, bisa dengan fokus menawarkan perawatan kesehatan untuk membuat wajah tampak sehat, kenyal, cerah dan berseri.

Melalui riset pasar bisnis Skin Care, kamu bisa memperoleh berbagai pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Cara ini membantu agar kamu tidak perlu bingung memilih produk apa yang harus kamu jual.

3. Tentukan target pasar

Zaman akan terus berkembang dan pilihan produk skin care juga akan semakin banyak. Hal ini karena kebutuhan yang beragam terkait jenis kulit orang di Indonesia.

Kamu bisa menentukan terlebih dahulu produk maupun jenisnya untuk cara bisnis skin scare. Selain itu kamu juga harus menentukan target pasar atau konsumen yang akan berpotensi untuk kelancaran berbisnis.

Misalnya, banyak remaja yang memiliki masalah kulit berjerawat. Sehingga kamu bisa menawarkan produk khusus kulit berjerawat yang didukung bahan aktif untuk menyembuhkan sekaligus menyamarkan noda hitam. Pasarkan produk ini dengan target usia mulai 15-20 tahun.

Jika kamu lebih fokus jualan produk Skin Care untuk ibu-ibu maupun wanita dewasa, maka tawarkan produk yang menjawab masalah anti aging. Sehingga, produk tersebut akan membantu menyamarkan flek hitam, kerutan, penuaan dini, dan lainnya.

4. Lakukan seleksi supplier

Supaya bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada komplain dari pelanggan, pastikan stok barang selalu ada agar cara bisnis skin care tetap lancar. Hal lainnya yang tidak kalah penting yaitu memilih supplier atau distributor yang sudah Kredibel.

Saat memilih supplier, pastikan sesuai dengan kebutuhan berbisnis Skin Care. Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu dan melakukan perbandingan performa supplier satu dengan supplier lainnya.

Jika kamu telah memilih supplier yang tepat, pastikan untuk melakukan komunikasi dan hubungan yang sehat dalam berbisnis. Sehingga tidak ada kendala yang muncul karena kurangnya komunikasi dengan pihak supplier.

5. Cek keamanan produk dan izin

Saat kamu mulai menjual produk Skin Care, pastikan produk tersebut sudah dinyatakan aman dan mempunyai izin edar resmi. Cara bisnis skin care harus sudah terdaftar di Dinkes dan BPOM.

Hal ini penting, karena jika ada masalah dengan produk, maka bukan kamu yang akan menerima komplain tersebut. Apalagi jika produk tersebut adalah Skin Care abal-abal.

Selain itu kamu juga wajib mengetahui tentang peraturan jelas tentang peredaran produk kosmetik. Terdapat pasal 197 UU kesehatan terkait produk palsu, Skin Care berbahaya, dan barang ilegal. Terpidana dengan tuntutan pasal tersebut dapat dipidana penjara maksimal 15 tahun dan denda maksimal 1 miliar 500 juta.

6. Cara Bisnis Skin Care – Promosi

Gunakan sosial media sebagai salah satu media promosi yang paling efektif sebagai cara bisnis skin care. Sekarang ini, sosial media telah menjadi bagian dari rutinitas seluruh masyarakat, dan sangat membantu untuk mempromosikan bisnis Skin Care.

Kamu juga dapat mencoba strategi Marketing soft selling. Teknik marketing ini akan membantu menarik banyak pelanggan dan berkontribusi untuk memberikan edukasi tentang apa pentingnya penggunaan produk Skin Care.

Saat menggunakan media sosial untuk melakukan promosi produk, prioritaskan tampilan visual atau gambar produk agar tampak menarik. Selain itu kamu juga dapat menggunakan deskripsi produk atau copywriting yang sederhana, tetapi menambah daya jual. Terakhir, kamu juga bisa membuat promo-promo menarik, dengan menawarkan diskon, giveaway atau lainnya.

7. Gunakan marketplace

Di era ini, kamu bisa menawarkan berbagai macam produk tanpa harus menjualnya secara langsung. Kamu bisa memanfaatkan inovasi teknologi marketplace atau e-commerce agar semakin banyak orang yang tertarik dengan cara bisnis Skin Care kamu.

Marketplace adalah tempat efektif untuk berjualan, di mana semua masyarakat pasti bisa menemukan apa saja produk yang mereka butuhkan. Biasanya, marketplace menjadi pilihan karena harus membeli berbagai macam barang pada waktu yang bersamaan.

Marketplace juga memiliki karena memberikan voucher gratis atau penawaran menarik lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjual produk di platform e-commerce agar laris manis:

  • Tambahkan nama produk secara jelas
  • Tambahkan deskripsi produk dan juga informasi singkat tentang toko kamu. Sebutkan jam pengiriman maupun bagaimana tips memilih varian produk.
  • Tambahkan foto dan video produk agar menarik perhatian calon pelanggan.
  • Tambahkan testimoni asli dari pembeli sebelumnya yang puas dengan produk Skin Care kamu.
  • Pasang harga yang kompetitif misalnya dengan harga Rp 500 atau Rp1.000 lebih murah dari kompetitor.

Saat melakukan pengemasan, pastikan produk dikemas dengan cara unik dan aman. Kamu bisa menambahkan kartu tanda terima kasih dan informasi lainnya tentang toko kamu.

8. Menggandeng influencer

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan produk Skin Care dan fokus dengan brand awareness, kamu bisa menggandeng influencer untuk strategi pemasaran. Saat menggandeng influencer, terdapat dua metode yang bisa kamu gunakan yaitu melalui endorsement atau paid promote.

Pada tahap ini kamu juga harus bersikap hati-hati saat memilih influencer. Pastikan influencer tersebut mempunyai track record atau citra diri tinggi, memiliki followers asli, dan senang berinteraksi dengan followersnya. Pilih juga influencer yang sesuai dengan budget promosi.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara bisnis Skin Care yang bisa kamu lakukan. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur iklan di sosial media untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

Hal penting lainnya yang harus diutamakan dalam berbisnis adalah memperhatikan kualitas pelayanan. Pelayanan yang ramah dan baik sangatlah berguna untuk memastikan kelancaran berbisnis. Jika pelanggan merasa puas, senang, dan nyaman berbelanja di toko kamu, maka pelanggan tersebut berpeluang untuk kembali berbelanja di masa mendatang.

Beri Penilaian