Estimasi Harga Tiket Masuk Pantai Sukamade 2022

Harga tiket masuk pantai Sukamade, kira-kira berapa? Pantai Sukamade Banyuwangi adalah pantai indah, masuk dalam wilyaah Taman Nasional Meru Betiri (Meru Betiri National Park). Kegiatan konservasi penyu dan juga habitat Pantai Sukamade Banyuwangi adalah menu utama dalam kegiatan taman nasional tersebut.

Para pengunjung maupun peneliti pada berbagai pelosok dunia sering mengunjungi Pantai Sukamade Meru Betiri. Tujuannya adalah meneliti, melakukan observasi, juga menyaksikan menggunakan mata kepala sendiri, bagaimana terdapat atraksi langka semua penyu bertelur, juga aktivitas konservasi lain.

Apalagi saat ini penyu merupakan binatang langka di dunia karena keberadaannya sudah terancam. Satwa ini sudah ada sejak 150 juta tahun tetapi eksistensinya semakin hilang. Selain perburuan, penyebab kepunahannya adalah karena habitat alaminya mulai hilang untuk bertelur, atau ekosistem di laut dan pantai sudah rusak.

Sebagai satwa purba, penyu hanya berada di darat ketika berupa telur. Saat telur menetas, anak penyu akan berjalan menuju laut lalu berenang dan hidup mengarungi laut bebas. Penyu betina sering naik ke darat hanya untuk bertelur. Sedangkan penyu jantan justru lebih tinggal di lautan sepanjang hidup. Penyu mempunyai geomagnetic imprinting, sebuah alat navigasi alami. Artinya, dimanapun penyu menjelajahi samudera hinga ribuan kilometer, maka akan muncul ke pantai dimana ia lahir guna bertelur kembali. Penasaran berapa harga tiket masuk pantai sukamade?

Keunikan Tempat Wisata Pantai Sukamade

Harga Tiket Masuk Pantai Sukamad

Dengan harga tiket masuk pantai sukamade yang terbbilang murah, Pantai Sukamade Meru Betiri merupakan habitat alami dimana terdapat empat jenis penyu bertelur, tujuh jenis penyu memang ada di dunia, tapi empat jenisnya justru berada di Nusantara, yaitu: Penyu Sisik, Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Belimbing. Tempat wisata pantai Sukamade Banyuwangi adalah lokasi populer bagi penyu hijau.

Wisata ini menawarkan wisata konservasi dengan harga tiket masuk pantai sukamade yang cocok untuk liburan murah, dimana ada petugas taman nasional yang memberlakukan aturan ketat untuk meyaksikan bagaimana penyu bertelur saat malam hari. Saat penyu betina hendak bertelur, maka ia harus naik ke daratan dengan bobot ratusan kilogram, lalu berjalan puluhan meter dari laut ke area pantai dengan kondisi pasir kering. Kemudian, penyu betina harus menggali pasir terlebih dahulu sampai satu meter dalamnya. Apa yang ia gunakan untuk menggali adalah bagian sirip, kemudian lubang tersebut berfungsi untuk tempat telur.

Umumnya, penyu membuat lubang lain, bentuknya seperti sarang hanya untuk menipu atau mengelabui predator seperti biawak atau babi hutan. Setelah penyu betina membuat sarang untuk lubang telur, maka ia bertelur sebanyak 80-150 butir normalnya dalam satu sesi bertelur. Akan tetapi, kemungkinan telur menetas hingga menjadi penyu dewasa ternyata sangat kecil yaitu 1-2%.

Ketika penyu betina mulai bertelur, petugas pantai akan memperbolehkan para pengunjung pantai Sukamade Banyuwangi mendekat. Tujuannya supaya bisa melihat dan mendokumentasikan tanpa harus menggangu penyu. Petugas kemudian akan mengambil semua telur dan menghitungnya supaya bisa ditetaskan pada penetasan semi alami.

Melepaskan Anak-Anak Penyu

Tidak hanya melihat bagaimana penyu bertelur, tetapi kamu juga akan mengikuti kegiatan wisata lainnya, yaitu merilis anak-anak penyu atau tukik ke arah laut lepas. Biasanya, para pengunjung boleh melepas anak-anak penyu dalam kegiatan yang dipandu petugas saat pagi hari, yaitu dari jam 6 pagi sampai jam 6.30 pagi. Sedangkan saat sore hari yaitu dari jam 3 sore sampai jam 5 sore.

Jadi, petugas yang telah memungut semua telur penyu akan memindahkannya ke bagian penetasan semia alami. Tujuannya supaya tidak ada pencuri atau predator yang memangsa. Pengunjung juga boleh mengunjungi bagian penetasan dengan durasi waktu penetasan dari 7 minggu sampai 12 minggu.

Setelah telur penyu menetas, maka akan dilepaskan ke laut lepas. Para pengunjung diperbolehkan melakukan kegiatan ini. Sehingga, bisa menjadi tempat berharga untuk lebih menyayangi binatang.

Baca Juga : Bangsring Underwater Banyuwangi

Harga Tiket Masuk Pantai Sukamade

Jelajahi keindahan alam Pantai Sukamade Banyuwangi dan dijamin tempat wisata ini tidak akan membuat kantong kamu jadi jebol. Ada banyak tempat piknik murah di sekitar lokasi yang membuat kamu pasti betah.

Apalagi, harga tiket masuk pantai sukamade tersebut yaitu mulai 10.000 Rupiah hingga 25.000 Rupiah per orang. Apabila kamu ingin menikmati bagaimana indahnya lokasi dan bagaimana pengalaman liburan di pantai tersebut, maka kamu perlu membayar tiket masuk tesebut. Sedangkan jika tertarik ingin melepaskan penyu ke pantai Sukamade, maka kamu harus mengeluarkan harga sekitar Rp 50.000 per orang. Jadi, jangan hanya fokus dengan harga tiket masuk pantai sukamade saja.

Atau, kamu ingin lebih seru menikmati liburan selama di Pantai Sukamade Banyuwangi? Kamu bisa coba naik Jeep Adventure yang biasanya dapat kamu sewa dengan biaya kurang lebih 1,5 juta saja. Sewa tersebut berlaku untuk 5-6 orang per rombongan. Kemudian, selama naik Jeep, kamu akan menikmati adrenalin dan petualangan luar biasa.

Jam Operasi dan Lokasi

Kamu bisa berkunjung ke objek wisata ini kapan saja. Hal ini karena Pantai Sukamade Banyuwangi buka selama 24 jam, setiap hari. Kamu bisa menikmati perjalanan yang sangat menyenangkan dan bisa kamu jelajahi kapan saja.

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaru, Pantai Sukamade menawarkan tempat liburan yang sedang hits dengan spot terbaik dan anti mainstream. Apabila kamu ingin berkunjung ke tempat wisata ini, maka lokasinya ada di Sarongan, Pesanggaran. Destinasinya masih masuk dalam kawasan Meru Betiri National Park Banyuwangi.

Kamu bisa menuju ke lokasi wisata alam tersebut menggunakan kendaraan. Perjalanan tidak akan sulit karena memang peta lokasinya bisa kamu cek langsung di Google Maps. Harga tiket masuk pantai sukamade murah, jadi kamu layak berkunjung ke lokasi.

Fasilitas

Walaupun harga tiket masuk pantai sukamade murah, keindahan alam pantai Sukamade Banyuwangi adalah bagian terbaik yang sangat sayang kalau kamu lewatkan jika punya peluang mampir ke Jawa Timur. Pantai ini juga sudah lengkap dengan beberapa fasilitas seperti: Akses jalan sudah baik, pusat informasi, penginapan, tempat parkir kendaraan luas, toilet, spot foto yang instagenik, mushola, warung wisata, wahana permainan, dan camping ground.

Aktivitas di Pantai Sukamade Banyuwangi

Berikutnya selain harga tiket masuk pantai sukamade adalah kegiatan. Apakah pantai ini hanya menawarkan pengunjung untuk melepas anak penyu atau melihat bagaimana penyu betina sedang bertelur saja? Jangan salah, pengunjung bisa melakukan aktivitas lainnya yang tidak kalah menarik seperti bermain pasir, menikmati spot instagenik untuk berfoto ria, camping, memancing, mengunjungi pusat penangkaran untuk melihat penyu, dan lainnya. Jadi, pantai ini merupakan pilihan yang sesuai kalau kamu sedang berada di Banyuwangi tetapi ingin mengajak keluarga bersantai sejenak.

Itulah informasi lengkap tentang Pantai Sukamade Banyuwangi, sehingga bisa kamu jadikan bahan pertimbangan liburan. Ketika berkunjung, pastikan dalam keadaan sehat supaya kamu bisa menjelajahi setiap jengkal bagian dari lokasi wisata ini. Waktu terbaik berkunjung adalah saat pagi dan sore untuk memperoleh pemandangan alam luar biasa.

Karena tempatnya instagenik, jangan sampai kamu lupa membawa kamera. Ini penting jika ingin banyak foto kece. Bagian yang tidak kalah penting lainnya yaitu membawa uang lebih untuk membayar lebih dari harga tiket masuk pantai sukamade, memakai outfit terbaik, siapkan baju ganti ketika bermain di pantai, dan jangan lupa untuk jaga kesehatan.

5/5 - (1 vote)