Harga Tiket Kebun Binatang Surabaya Tahun 2024

Kebun binatang Surabaya atau terkenal dengan singkatan KBS akhirnya dapat kamu kunjungi kembali setelah tutup karena pandemi. Pada pengunjung kebun binatang tersebut juga harus mematuhi protokol kesehatan dengan instal aplikasi PeduliLindungi.

Pembukaan kebun binatang ini telah melewati tahap uji coba usaha pariwisata taman rekreasi daerah pada bulan November 2021 lalu. Sejumlah pihak juga terlibat dalam koordinasi wisata dengan penilaian langsung dari Satgas covid 19 Surabaya, Kementerian, juga BKSDA.

Kebun Binatang Surabaya selama pandemi membatasi hanya 25% pengunjung saja. Pembukaan ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian Surabaya karena terdapat banyak UMKM di sekitar KBS.

Tentang Kebun Binatang Surabaya

harga tiket masuk kebun binatang surabaya terbaru

Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu tempat wisata populer Jawa Timur yang sudah ada sejak tahun 1916. Kebun binatang tersebut adalah alternatif liburan bagi masyarakat terutama bersama keluarga saat akhir pekan.

Ada banyak hal menarik yang dapat kamu lakukan ketika berkunjung ke Kebun Binatang tersebut. Tempat wisata ini dulunya dikenal dengan sebutan Soerabiasche Planten-en Dierentuin atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Kebun Botani dan Binatang.

Keberadaan Kebun Binatang Surabaya merupakan buah dari perjuangan seorang jurnalis yaitu H.F.K Kommer yang mempunyai hobi mengumpulkan berbagai macam binatang. Sayangnya, Kebun Binatang Surabaya mempunyai masalah yaitu krisis pada tahun 21 Juli 1922.

Masalah tersebut berujung pada rencana pembubaran, tetapi banyak yang merasa kurang setuju sehingga pencegahan dilakukan oleh pihak Kotamadya. Setelah berbagai macam upaya, akhirnya Kebun Binatang Surabaya mampu bertahan sampai saat ini.

Pada tahun 2018, KBS mulai melakukan penanganan Komodo yang terus bertambah dengan total 13 Komodo bertelur. Peristiwa tersebut berhasil mencuri perhatian Pemerintah Daerah yang mencanangkan adanya rencana pembangunan Taman konservasi dengan memilih lokasi Kenjeran.

Macam-Macam Satwa Di Kebun Binatang Surabaya

Terdapat 351 jenis satwa yang dapat kamu temukan di KBS. Kebun binatang dengan luas 35 hektar tersebut mempunyai 2500 total satwa mulai dari reptil, Pisces, Aves, juga mamalia.

1. Dunia aves

Jenis burung yang habitatnya di Indonesia dan belahan dunia lainnya. Seluruh satwa tersebut tinggal pada habitat yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya di KBS. Ada banyak sekali spesies burung yang dapat kamu temukan di KBS mulai dari burung pelikan, burung jalak bali, burung beo, burung hantu, dan lainnya.

2. Dunia mamalia

Kebun Binatang Surabaya juga mempunyai koleksi mamalia seperti harimau, jerapah, orangutan, singa, dan lainnya.

3. Dunia reptil

di KBS, berbagai macam reptil dapat kamu temukan. Adalah buaya, komodo, dan piton.

4. Dunia ikan

Rasanya kurang lengkap jika kamu ingin berkunjung ke KBS tetapi tidak berkunjung ke dunia ikan. Di tempat ini, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis ikan langka dan juga ikan yang dilindungi.

Kapan lagi kamu bisa mengajak keluarga bermain ke KBS yang merupakan kebun binatang dengan koleksi hewan paling lengkap di Asia Tenggara? Rasanya pasti seru bila bersama keluarga melihat berbagai macam hewan lucu dan unik ini sekaligus untuk memberikan edukasi pada keluarga.

Kebun Binatang Surabaya tersebut juga terkenal sebagai kebun binatang paling luas di Asia Tenggara. Beberapa spesies merupakan hewan langka atau dilindungi di kebun binatang tersebut.

Wahana Kebun Binatang Surabaya

Jika kamu sudah selesai berkeliling untuk melihat berbagai macam jenis satwa yang ada di KBS, waktunya untuk mencoba seperti apa wahana yang ada di sekitar kebun binatang tersebut.

Selain trampolin, para pengunjung dapat mencoba wahana kolam renang anak, menunggang unta, menunggang gajah, naik kereta onta, wisata perahu dan juga flying fox.

KBS juga menawarkan kegiatan menyenangkan sekaligus mendidik bagi para keluarga. Contohnya adalah Paket Edukasi maupun Keepers Talk sebagai dua kegiatan paling favorit para pengunjung setiap menghabiskan waktu di Kebun Binatang Surabaya ini.

Dari seluruh Wahana kebun binatang tersebut dan program kegiatan yang didesain di Kebun Binatang ini, kamu bisa merencanakan liburan dari sekarang.

Cara Menuju Kebun Binatang Surabaya Dan Jam Operasional

Untuk mengunjungi tempat wisata edukasi ini, kamu bisa menuju ke Jalan Setail Nomor 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Lokasi tersebut sangat mudah dicari karena tepat berada pada depan Patung Suroboyo sebagai lambang kota Surabaya. Kebun Binatang Surabaya dibuka pada pukul 8 pagi sampai 4 sore.

KBS juga merupakan salah satu tempat populer yang berada di jantung kota. Itulah mengapa akses menuju ke tempat wisata Surabaya tersebut cukup mudah.

Selain KBS, ada juga berbagai tempat wisata keren di sekitar kebun binatang tersebut seperti patung Surabaya, Taman Bungkul, dan Tugu Pahlawan. Para pengunjung yang merasa puas bermain dan melihat binatang di KBS juga dapat melanjutkan waktu liburan dengan mencari oleh-oleh di pusat perbelanjaan seperti Mirota Batik.

Berapa Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya Tahun 2024

Harga tiket masuk Kebun Binatang ini cukup terjangkau yaitu sebesar Rp15.000, dengan cara pembelian tiket via online. Ada beberapa langkah dalam membeli tiket masuk Kebun Binatang tersebut sebagaimana berikut:

1. Kunjungi website resmi KBS di www.surabayazoo.co.id, lalu klik navigation bar dan pilihlah menu “tiket”.

2. Pelajari ketentuan berkunjung dan klik pada bagian kotak centang lalu pilih lanjutkan.

3. Pilih rencana kunjungan yaitu H-1 paling maksimal dan isi formulir sesuai data lalu klik lanjutkan.

4. Selanjutnya, lakukan pembayaran dengan cara transfer hingga 3 digit terakhir.

5. Pihak pengelola akan mengirimkan QR kode pada bentuk PDF dalam nomor WhatsApp.

6. Kamu bisa menunjukkan QR kode dan melakukan scan pada aplikasi PeduliLindungi, atau kamu juga bisa menunjukkan kartu vaksin langsung ke petugas.

Jika kamu belum memperoleh QR kode, ada nomor petugas yang dapat kamu hubungi yaitu di nomor berikut:

031 56708703.

Dengan mengetahui berapa harga tiket masuk ke kebun binatang tersebut maka kamu juga tidak akan ketinggalan informasi sehingga bisa mempersiapkan biaya lebih. Apalagi jika datang bersama rombongan maupun keluarga.

Syarat Masuk KBS

Kebun Binatang Surabaya memiliki beberapa aturan syarat masuk sebagaimana berikut:

  • Bagi calon pengunjung kebun binatang, berikut adalah syarat yang harus kamu penuhi ketika ingin berkunjung:
  • Beli tiket maksimal H-1 dari situs www.surabayazoo.co.id
  • pengunjung wajib melakukan vaksin dan dalam kondisi yang sehat
  • mematuhi protokol kesehatan
  • tidak berkerumun maupun tidak menggelar tikar
  • menunjukkan adanya bukti vaksin melalui scan aplikasi PeduliLindungi
  • bagi anak usia dibawah 12 tahun, diperbolehkan masuk jika tetap taat proses dan menggunakan masker
  • bagi anak dengan tinggi 85 cm dikenakan tiket masuk.

Baca Juga : Sentra Tanaman Hias Terbesar di Asean

Itulah informasi lengkap tentang kebun binatang Surabaya dan Berapa tarif atau harga tiket masuk termasuk apa saja kegiatan yang dapat kamu lakukan selama di KBS serta apa syarat masuk para pengunjung selama pandemi. Dengan informasi ini rencana liburan kamu jadi tidak berantakan karena mengetahui peraturan terbaru dari pemerintah dan pengelola Wisata.

4.1/5 - (30 votes)