Berikut Wisata Terbaik di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Untuk mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan, Anda membutuhkan pengetahuan tentang wisata terbaik di Jawa Tengah. Wisata di wilayah ini sangat beragam dan memiliki ciri khas yang berbeda di setiap tempat wisatanya. Anda bisa memilih berbagai wisata dengan berbagai tema. Seperti laut, darat maupun di dalam ruangan.

Mengenal Wisata Terbaik di Jawa Tengah

wisata terbaik di jawa tengah

Untuk mendapatkan informasi wisata yang bagus, Anda tidak bisa mempercayai semua situs. Akan lebih baik jika telah terdapat pengetahuan atau riset tentang beberapa wisata yang dijabarkan seperti pada artikel ini. Semuanya telah ditulis dari pengalaman pribadi maupun orang lain yang membuktikan wisata terbaik yang bagus untuk Anda.

Wisata terbaik di Jawa Tengah yang paling populer adalah wilayah Jogjakarta, Semarang, Karanganyar, dan Klaten. Mungkin ada beberapa wilayah yang terdengar asing. Namun ketika Anda mendengar nama tempat wisata tersebut, Anda akan langsung hafal dan tahu bagaimana bentuk dan ciri tempat wisata tersebut.

Jika Anda lebih menyukai wisata dengan tema pantai, Jogjakarta adalah tempat yang pas untuk itu. Mencari pantai di wilayah Jogjakarta sangatlah mudah. Terdapat ratusan pantai yang bisa Anda pilih. Ada yang masih sepi dan ada juga yang sudah ramai dan terkenal ke seluruh Indonesia. Anda bisa menyesuaikan pantai yang diinginkan.

Namun jika Anda memilih pegunungan ataupun bukit, Karanganyar dan sekitarnya memberikan tempat wisata terbaik di Jawa Tengah untuk tema perbukitan. Terdapat banyak jenis wisata yang bisa Anda datangi dan dijadikan sebagai spot foto terbaik. Tempatnya yang masih asri dan sejuk akan menenangkan pikiran Anda ketika berlibur ke tempat ini.

Berbeda jika Anda ingin mengunjungi berbagai tempat bersejarah, kota-kota terkenal, atau tempat wisata yang menarik. Anda bisa mengunjungi daerah Semarang untuk tema wisata tersebut. Banyak situs atau tempat bersejarah di kota ini, banyak juga wisata bahari dan kota yang menarik untuk dikunjungi.

Klaten juga masuk dalam wisata terbaik di Jawa Tengah karena memberikan berbagai tempat wisata yang beragam. Anda bisa mendapatkan wisata berupa tempat bersejarah yang dikenal ke seluruh Indonesia bahkan luar negara. Banyak juga wisata yang memberikan tema air untuk Anda yang suka berenang.

Tempat Wisata Terbaik di Jawa Tengah

Setelah Anda selesai menentukan tema wisata, Anda bisa memilih tempat mana yang ingin Anda kunjungi. Terdapat berbagai tempat wisata yang menjadi unggulan di wilayah tersebut. Bisa juga menjadi keunggulan wisata bagi suatu negara.

Wisata Terbaik di Jawa Tengah Candi Borobudur

Wisata Candi Budha ini menjadi yang terbesar di dunia saat ini. Bangunannya yang luas, besar dan kokoh membuat banyak orang yang datang merasa heran bagaimana cara tempat bersejarah itu dibangun. Untuk pemandangan yang paling indah di candi Borobudur, Anda bisa mendapatkannya di puncak candinya.

Terdapat pemandangan luar biasa yang bisa Anda lihat dari sana. Untuk lokasi tepatnya, Anda bisa mencarinya di Google Maps. Bisa juga langsung datang ke Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jadi jangan salah mengartikan bahwa candi ini berasal dari Jogjakarta. Walaupun lokasinya memang sangat dekat dengan kota tersebut.

Candi Borobudur merupakan tempat wisata terbaik di Jawa Tengah yang sudah dikenal sampai ke luar negara. Tidak heran, tempat ini masuk dalam situs bersejarah dan dianggap sebagai keajaiban dunia yang telah diakui UNESCO. Karena itulah wisatawan yang berkunjung bukan hanya dari masyarakat terdekat namun bisa juga dari luar negara.

Candi Prambanan

Wisata kedua adalah candi Prambanan. Candi ini hampir mirip dengan candi Borobudur, hanya saja candi Prambanan lebih lekat kaitannya pada legenda yang ada sejak dulu. Banyak juga yang salah mengartikan tempat asal candi Prambanan. Sebenarnya candi ini bukan dari Jogjakarta namun dari Kabupaten Klaten. Untuk masuk ke candi Prambanan, Anda hanya perlu membayar tiket masuk.

Prambanan dijadikan sebagai tempat wajib untuk wisata terbaik di Jawa Tengah. Terdapat pasar yang menjual berbagai macam jenis aksesoris yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Letak pasar ini ada di samping pagar candi Prambanan bagian luar. Terdapat juga pertunjukan yang sering dilakukan pada saat-saat tertentu.

Kota Lama Semarang

Wisata di Jawa Tengah yang sering dikunjungi berikutnya adalah Kota Lama Semarang. Wisata ini adalah seperti kota biasa namun tempatnya yang memiliki bangunan dengan ciri khas jaman Belanda yang lekat. Karena hal itulah tempat tersebut dijuluki sebagai kota lamanya Semarang.

Menurut cerita orang di sana, pada abad 90an terjadi atau dijadikan sebagai pusat perdagangan di kota Semarang. Ada sekitar 20 bangunan dengan arsitektur kuno yang dibangun oleh bangsa Belanda dengan arsitektur khas Eropa. Bangunannya yang kokoh masih dapat bertahan sampai saat ini. Dengan tempatnya yang sangat unik itu, Kota Lama di Semarang dijadikan tempat foto paling menarik.

Lawang Sewu

Masih di Kota Semarang, wisata yang paling sering dikunjungi adalah Lawang Sewu. Wisata dengan tema sejarah ini sangat khas karena bangunannya yang yang unik. Bangunan yang dibuat oleh bangsa Belanda ini memiliki ciri khusus yaitu pintunya yang sangat banyak. Karena banyaknya pintu yang ada, bangunan tersebut dinamai Lawang Sewu.

Dalam bahasa Indonesia Lawang Sewu ini berarti Pintu Seribu. Bisa diartikan sebagai kiasan bagi pintu bangunannya yang banyak dan tak terhitung. Bahkan tempat wisata ini tak jarang menjadi tempat untuk uji nyali. Hal ini dikarenakan dulunya terjadi berbagai tragedi di bangunan bersejarah ini.

Umbul Jolotundo

Mungkin tempat ini asing bagi sebagian orang. Umbul mirip seperti kolam namun terlihat dan terbuat secara alami. Di Kabupaten Klaten terdapat sekali umbul yang terbuat secara alami maupun dibuat oleh manusia dengan sengaja. Anda bisa mendapatkan tempat wisata untuk berenang dengan santai di umbul Jolotundo maupun umbul lain di Kabupaten Klaten.

Pantai Sepanjang

Pecinta pantai pasti sudah pernah mendengar nama Pantai Sepanjang sebagai pantai yang bersih dan sepi. Biaya masuknya sangat murah dan belum banyak orang yang datang ke pantai ini. Objek wisata pantai di daerah Jogjakarta bukan hanya pantai sepanjang saja.

Masih banyak pantai dengan ciri khas dan kecantikan pemandangan yang berbeda. Pesona lautnya bisa membuat Anda merasa tenang ketika sedang berlibur. Bukan mendapatkan suasana ramai dan mengganggu. Maka tempat ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai di pantai pribadi dengan budget murah.

Banyak pohon yang tumbuh rindang di sekitar pinggiran pantai. Namun Anda tidak akan terganggu dengan itu. Malahan akan menjadi tambahan pemandangan yang menjadikan pantai tersebut menjadi sejuk dan teduh. Anda juga bisa mengendarai kapal-kapal yang disewakan untuk mencoba sensasinya maupun hanya ingin berfoto.

Anda bisa memilih wisata terbaik di Jawa Tengah yang belum pernah Anda kunjungi. Namun jika Anda ingin terus berkunjung dan tidak bosan, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat wisata terfavorit untuk Anda.

5/5 - (1 vote)