Museum Tubuh Jatim Park 1 dan Harga Tiket Masuk

Museum Tubuh Jatim Park 1 bisa menjadi salah satu pilihan tepat kalau kamu ingin jadi lebih smart setelah liburan. Di musium ini, kamu akan belajar tentang anatomi tubuh kita.

Didukung dengan multimedia modern, pengunjung akan mendapatkan banyak fasilitas edukatif. Contohnya, ada zona gigi, zona hidung, zona telinga, zona mata, zona otak, zona jantung, dan masih banyak lainnya.

Harga Tiket Museum Tubuh dan Jam Operasional

Harga Tiket Museum Tubuh dan Jam Operasional

The Bagong Adventure Museum Tubuh menawarkan tiket masuk sekitar Rp 40.000. Di saat akhir pekan, tiket untuk masum ke museum tersebut mencapai Rp 50.000. Jam operasional Museum Tubuh mulai pukul 08.30 hingga 16.30. nikmati melihat berbagai spesimen asli tubuh manusia karena diawetkan, tempat ini hanya untuk pengunjung usia 18 tahun ke atas.

Ada juga beberapa zona yang bisa kamu eksplor, termasuk Zona Gigi, Zona Otak, Zona Hidung, dan lainnya.

Apa saja Wahana di Museum Tubuh Jatim Park 1

Museum Tubuh Jatim Park 1 atau The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan museum pertama di Indonesia yang dibangun di atas luas lahan 1 hektar. Museum ini terdiri dari enam lantai. Berikut adalah beberapa wahana yang bisa kamu coba di Museum Tubuh:

1. Bagong Science Center

Di wahana ini, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tentang bentuk otak manusia dalam ukuran raksasa. Kamu juga akan belajar tentang bentuk tubuh manusia ketika dipotong secara horizontal. Atau, kamu akan mempelajari tentang seperti apa bentuk organ di dalam tubuh manusia apabila dilihat dari bagian pembuluh darah.

2. Hall of Fame

Ilmu Kedokteran terus berkembang maju di zaman sekarang. Banyak ilmuwan kedokteran yang sudah berkontribusi dalam bidang ini. Jadi, dengan berada di Hall of Fame, kamu akan mengenal mereka lebih dekat.

3. Cadaver

Di museum ini, kamu akan bertemu dengan Cadaver asli. Kamu jadi lebih tau tau tentang otot, jaringan, dan organ vital tubuh di bagian ini. Tidak perlu khawatir, kamu akan dipandu dan mendapatkan penjelasan tentang semua hal yang menjawab rasa penasaran kamu.

4. Zona Tulang Sendi

Pernahkah kamu memikirkan bagaimana jika ada dua dua tulang berjauhan tetapi bisa terikat dengan satu sama lain? Tulang dapat menyimpan kekuatan hebat dalam tubuh. Ada layar interaktif yang akan membuat kamu belajar tentang persendian dan tulang-tulang.

5. Bioskop 3D

Kamu pasti penasaran dengan cara kerja organ tubuh dalam kulit karena tidak bisa dilihat secara langsung secara kasat mata. Belajar jadi terasa menyenangkan karena bantuan teknologi 3D. Kamu juga dapat menikmati film yang ditampilkan, seperti hidup. Ada banyak pilihan film sesuai kamu dan berbagai pengunjung lainnya.

6. Check-up Gratis

Sebagai pengunjung, kamu bisa memperoleh check up gratis dengan adanya tenaga medis yang ada di dalam ruang pemeriksaan dalam Museum Tubuh. Selain pemeriksaan mata, pengunjung bisa cek kolesterol, cek osteoporosis, cek lemak tubuh, cek gula darah, dan cek asam urat. Seuruhnya bisa diperoleh dengan gratis untuk pengunjung di Museum Tubuh.

7. USG Museum Tubuh

Selain melihat dan membaca informasi, para pengunjung kini bisa mendapatkan pengalaman belajar sebagai dokter kandungan di USG Museum Tubuh.

USG atau Ultrasonografi medis merupakan teknik diagnostik pencitraan, menggunakan suara ultra. Sehingga, dapat mencitrakan seperti apa organ internal, otot, struktur, ukuran, hingga luka patologi. Teknik inipun menjadi sangat berguna ketika memeriksa organ. Sonografi obstetrik yang dapat digunakan saat masa kehamilan.

Pilihan frekuensi bergantung resolusi gambar dan juga penembusan pada tubuh pasien. Diagnostik sonografi juga dapat beroperasi untuk frekuensi 2-13 megahertz.

8. Zona Ginjal Museum Tubuh

Jatim Park 1 menyediakan Museum Tubuh dengan adanya Zona Ginjal. Pengunjung dapat melihat berbagai fakta unik, termasuk organ sekresi manual serta bagaimana cara kerjanya.

Ginjal merupakan organ yang terbilang sangat vital pada tubuh manusia. Ginjal berfungsi normal ketika tubuh kita sehat. Dari zona ini, kamu juga dapat belajar bagaimana untuk tidak mengabaikan kesehatan ginjal. Diharapkan dari zona in, pengunjung jadi lebih tahu bagaimana cara untuk menurunkan kinerja ginjal.

Setelah menemukan zona Ginjal dan mempelajari banyak hal di tempat ini, maka pengunjung akan diarahkan ke zona selanjutnya, yaitu Zona Kelainan Refraksi dan Skema Transfusi Darah, keren kan?

Tidak hanya belajar tentang organ sekresi, kamu sebagai pengunjung dapat mengabadikan momen dengan mengambil bebeberapa foto, menikmati suasana di Museum Tubuh Jatim Park 1 yang indah dan unik.

Aktivitas di Museum Tubuh Jatim Park 1

Tidak hanya zona interaktif dan cek kesehatan gratis, pengunjung dapat menikmati banyak aktivitas mengasyikkan. Kamu bisa mengambil beberapa foto alat peraga pada tiap zona museum. Aktivitas tersebut memberikan pengalaman unik dan juga menyenangkan untuk pengunjung.

Ada juga berbagai permainan interaktif mengasyikkan, termasuk permainan yang dapat menguji ilmu tubuh manusia. Aktivitas tersebut juga membantu membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.

Setelah berkeliling di museum dan menikmati banyak aktivitas, kamu bisa mencicipi berbagai makanan lezat yang ada di food court museum. Kamu juga akan menemukan banyak pilihan makanan nikmat yang sangat menggoyang lidah setelah melakukan banyak kegiatan menyenangkan.

Setelah bermain dan ingin segera pulang, kamu juga dapat meluangkan waktu untuk berbelanja, atau mencari oleh-oleh. Ada banyak kios di museum yang menyediakan banyak kenang-kenangan unik.

Penutup

Nah, itulah beberapa wahana yang akan kamu nikmati jika berkunjung di Museum Tubuh Jatim Park 1. Bahkan, The Bagong Adventure Museum Tubuh mendapatkan penghargaan dari Anugerah Times Indonesia 2023 kategori “Best Educational Tourist Destination.”

Kamu bisa liburan dan tetap belajar selama di museum ini, sehingga cocok dikunjungi oleh pengunjung anak-anak. Kamu bisa bermain ataupun belajar pada berbagai macam aktivitas interaktif termasuk menonton bagian-bagian tubuh, nonton di bioskop 3D.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan populer tentang Museum Tubuh Jatim Park 1:

Museum Tubuh ada apa saja?

Ada banyak wahana yang bisa kamu temukan di Museum Tubuh, beberapa diantaranya adalah Bagong Science Centre, Hall of Fame, Zona Tulang Sendi, Zona Ginjal, Zona Mata, dan banyak lagi.

Museum Tubuh Jatim Park berapa?

Museum Tubuh bertempat satu area di Jatim Park 1, yaitu di Kota Batu. The Bagong Adventure Museum Tubuh adalah tempat wisata yang menyuguhkan anatomi tubuh manusia.

Kapan Museum Bagong didirikan?

Museum anatomi tubuh manusia sudah dibuka, sejak tahun 2014 bulan Desember. Sekarang ini, museum tubuh manusia masih menjadi yang pertama di Indonesia, dan menjadi yang terbesar se-Asia. The Bagong Adventure Museum Tubuh Jatim Park 1 mempunyai relief tubuh manusia, menggunakan karakter Bagong.

Apa manfaat jika kita berkunjung ke museum?

Museum bermanfaat karena dapat meningkatkan kualitas belajar dalam berbagai ilmu sosial. Tidak hanya sebagai sumber belajar, tetapi juga dapat menjadi sumber media belajar untuk setiap orang dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan.

5/5 - (1 vote)