5 Aktivitas Wisata Pantai Gili Ketapang dan Harga Tiket

Di Jawa Timur, terdapat sebuah pulau Gili yang menarik perhatian banyak wisatawan! Salah satu destinasi wisata yang ditawarkan adalah Pantai Gili Ketapang. Pantai ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan pantai di Lombok.

Gili Ketapang merupakan sebuah desa dan pulau kecil yang terletak di Selat Madura, tepatnya sekitar 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dengan letaknya strategis di Selat Madura, Gili Ketapang menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi, menawarkan keindahan alamnya yang eksotis dan pesona laut yang memikat para pengunjung.

Kecantikan Pantai Gili Ketapang, Madura

kecantikan pantai gili ketapang

Pantai Gili Ketapang memiliki pasir putih yang panjang, sementara air lautnya berwarna biru yang jernih. Pesona pantai ini memberikan pengalaman yang memanjakan mata bagi para pengunjung. Gili Ketapang juga dikenal sebagai destinasi wisata snorkeling yang terkenal.

Bagi para penggemar serial film Finding Nemo, pasti akan merasa seru bisa melakukan snorkeling dan melihat secara langsung ikan Nemo beserta teman-temannya di bawah laut. Hal ini bisa kamu lakukan ketika sedang berwisata di pantai Gili Ketapang loh!

Selain itu, selama kegiatan snorkeling di Pulau Gili Ketapang, para pengunjung akan dipandu dan dijaga oleh tour guide yang ramah dan berpengalaman. Jadi, walaupun ada pengunjung yang tidak bisa berenang, tetap dapat menikmati keindahan snorkeling dan berfoto dengan ikan Nemo.

Rute dan Akses Pantai Gili Ketapang

Perjalanan menuju Pulau Gili Ketapang dapat ditempuh dengan sangat mudah. Dari Surabaya atau Malang, perjalanan hanya memerlukan waktu 2-3 jam menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil.

Terlebih lagi, dengan adanya jalan tol, waktu perjalanan dapat lebih singkat, bahkan hanya 1 jam menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat Probolinggo. Untuk yang menggunakan kendaraan umum, seperti bis, dapat turun di Terminal Bayuangga Probolinggo. Sementara penumpang kereta api dapat turun di Stasiun Probolinggo dan melanjutkan perjalanan menggunakan layanan Grab. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan melalui laut dengan kapal selama sekitar 30 menit hingga mencapai destinasi di Pantai Gili Ketapang.

Harga Tiket Masuk

Menurut situs resminya, Tiket masuk ke Wisata Pantai Gili Ketapang tersedia dalam dua paket yang menyertakan berbagai fasilitas. Paket snorkeling dihargai sebesar Rp 100.000 per orang. Sementara paket tanpa snorkeling dikenakan biaya sebesar Rp 70.000 per orang. Biasanya, fasilitas yang disertakan dalam paket snorkeling meliputi:

  • Kapal Transportasi PP
  • Alat Snorkeling (Masker & Snorkel)
  • Pelampung SNI (Life Jacket)
  • Penjemputan di Pelabuhan
  • Tour Guide Berpengalaman
  • Fotografer
  • Dokumentasi Foto DSLR
  • Dokumentasi Underwater
  • Makan Siang Prasmanan
  • Air Mineral
  • Rest Area Gazebo di Pulau
  • P3K Kesehatan
  • Pajak Daerah 10%

Paket tanpa snorkeling juga menyediakan semua fasilitas di atas, kecuali alat snorkeling dan dokumentasi underwater.

Biaya yang tidak termasuk dalam paket:

  • Biaya masuk pelabuhan sebesar Rp 2.500 per orang
  • Parkir di pelabuhan sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil
  • Mandi bilas air tawar di pulau sebesar Rp 4.000.

Harga Tiket Masuk Pantai Gili Ketapang untuk Anak-anak

Biaya tiket masuk ke Wisata Gili Ketapang berbeda untuk setiap kelompok usia. Untuk peserta berusia 8 tahun ke atas dihitung sebagai dewasa, biaya snorkeling adalah Rp 100.000 per orang. Sedangkan tanpa snorkeling dikenakan biaya Rp 70.000 per orang.

Untuk anak-anak yang berusia kurang dari 8 tahun, biaya snorkeling adalah Rp 80.000 per anak. Sementara tanpa snorkeling dikenakan biaya Rp 50.000 per anak. Untuk balita yang ikut snorkeling, biayanya sebesar Rp 35.000, sedangkan tanpa snorkeling dikenakan biaya Rp 20.000.

Aktivitas Liburan di Gili Ketapang

Saat berlibur di Pantai Gili Ketapang, ada sejumlah aktivitas menarik dan fasilitas yang patut dinikmati. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di pulau ini:

1. Snorkeling

Snorkeling menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan di Gili Ketapang. Selain mendapatkan kenangan berfoto dengan ikan Nemo, para pengunjung yang tidak bisa berenang pun dapat merasa aman, karena kedalaman laut di sini hanya sekitar 2-3 meter. Aktivitas snorkeling juga dilakukan dengan menggunakan pelampung dan diawasi oleh 4-5 tour guide yang ramah dan berpengalaman.

2. Berfoto

Pulau Gili Ketapang menawarkan keindahan pasir pantai putih, air laut biru yang jernih, dan langit cerah, menciptakan pemandangan yang memanjakan mata. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel kamu. Sebelum atau setelah kegiatan snorkeling, para pengunjung sering diarahkan ke pantai untuk mendapatkan foto yang diambil menggunakan kamera DSLR, yang biasanya sudah termasuk dalam fasilitas harga paket trip snorkeling.

3. Kuliner

Setelah sesi snorkeling, para pengunjung dapat menikmati makan siang prasmanan dengan menu ikan bakar yang segar, dilengkapi dengan sambal khas Gili Ketapang. Menu ini sudah termasuk dalam harga paket trip. Dikenal dengan sambalnya yang khas dan ikan yang segar, kuliner di Pulau Gili Ketapang sering mendapatkan ulasan positif dari para pengunjung. Bagi yang menginginkan tambahan menu, seperti sarapan pagi, seafood, atau lainnya, permintaan khusus ini biasanya disediakan pihak travel.

4. Membuat Video dengan Bantuan Drone

Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mendokumentasikan liburan dengan video cinematik yang diambil menggunakan drone. Sehingga, memberikan dimensi yang lebih menarik pada pengalaman di Gili Ketapang.

Layanan ini biasanya adalah fasilitas tambahan dan tidak termasuk dalam paket trip standar. Dengan biaya sebesar Rp 500.000, pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa drone DJI Phantom 4, pilot drone, DSLR dan gimbal stabilisasi, sutradara cinematography, editor profesional, file mentah (asli), dan file editing dengan durasi sesuai untuk Instagram dan YouTube.

5. Naik Banana Boat

Pengunjung memiliki opsi menikmati wahana eksotis di perairan sekitar Gili Ketapang dengan menggunakan fasilitas tambahan berupa Banana Boat. Layanan ini tidak termasuk dalam harga paket trip standar.

Biaya yang dikenakan untuk pengalaman ini adalah Rp 300.000 per game, dengan kapasitas maksimal 6 orang. Durasi permainannya sekitar 15-20 menit, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan sensasi menyenangkan berlayar di atas air menggunakan Banana Boat.

Dengan segala keindahan alam, aktivitas menarik, dan fasilitas yang lengkap, Pulau Gili Ketapang menjadi destinasi liburan yang tak terlupakan. Mulai dari kegiatan snorkeling yang aman dan menarik, kuliner lezat dengan menu ikan bakar dan sambal khas, hingga opsi menarik untuk naik Banana Boat, setiap momen di pulau ini memberikan pengalaman berharga.

Tidak hanya itu, kemudahan akses dan fasilitas seperti penjemputan di pelabuhan, tour guide berpengalaman, hingga dokumentasi foto dan video dengan drone, semakin melengkapi kebahagiaan liburan di Gili Ketapang. Bagi para wisatawan yang mencari kombinasi keindahan alam, petualangan, dan kenikmatan kuliner, Pulau Gili Ketapang menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang tersayang!

Beri Penilaian