Apa Arti Patung Merlion Singapore?

Patung Merlion menggambarkan awal Negara Singapore yang sederhana sebagai desa nelayan ketika disebut Temasek, yang berasal dari akar kata yang sama dengan kata tasek (‘danau’ dalam bahasa Melayu). Kepala mewakili nama asli Singapore, Singapore, atau ‘kota singa’ dalam bahasa Melayu.

Kapan saja, kamu dapat melihat legenda Patung Merlion ini di Merlion Park. Menyemburkan air dari mulutnya, patung Merlion berdiri setinggi 8,6 meter dan berat 70 ton.

Ikon ini wajib kamu kunjungi apabila berkunjung ke Singapore, mirip dengan ikon penting lainnya yang ada di seluruh dunia lainnya.

Jika kamu turis yang baru saja berkunjung Singapore Merlion, kamu pasti bertanya-tanya mengapa ia ada di sana. Dan pastinya itu sangat aneh.

Dibangun oleh pengrajin lokal Lim Nang Seng, diresmikan pada 15 September 1972 oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew di muara Sungai Singapore, untuk menyambut semua pengunjung ke Singapore.

Patung Merlion di Pindah

patung merlion

Dengan selesainya Jembatan Esplanade pada tahun 1997, patung itu tidak lagi terlihat jelas dari tepi pantai.

Jadi pada tahun 2002, Patung Merlion dipindahkan 120 meter dari posisi semula ke tempatnya berdiri di Taman Merlion saat ini, di depan Hotel Fullerton dan menghadap ke Marina Bay.

Akan tetapi, kamu masih bisa melihat taman ini masih memiliki patung Merlion yang lebih kecil. Dikenal sebagai ‘anak Merlion’, ia berdiri setinggi dua meter dan berat tiga ton.

Patung Merlion asli dan anaknya adalah merlion paling terkenal di antara tujuh patung Merlion yang disetujui di Negara Singapore.

Sejarah Patung Merlion

Patung Merlion Singapore diciptakan pada momen unik dalam sejarah negara itu. Ketika Singapore berhenti menjadi negara bagian kolonial Kerajaan Inggris Raya dan sedang melalui masa peralihan, secara sosial, budaya, dan politik.

Orang Singapore sedang dalam proses mencoba untuk menemukan kembali identitas nasional mereka dan mereka membutuhkan simbol untuk mengingatkan mereka tentang siapa mereka dan ingin menjadi siapa. Patung Merlion asli dirancang pada tahun 1964 oleh Fraser Brunner, pria yang terkenal di balik Akuarium Van Kleef sebagai kuratornya.

Saat itu, Singapore masih menjadi bagian dari Negara Malaysia kemudian memisahkan diri menjadi negara berdaulat pada tahun 1965, yang secara resmi menjadikan simbolnya setahun lebih tua dari negara itu sendiri.

Secara resmi diperkenalkan sebagai logo STB (Dinas Pariwisata Singapura), yang tetap digunakan sebagai logonya dari tahun 1964 hingga 1997 dan juga menjadi merek dagangnya pada tahun 1966.

Meskipun sering muncul di Logo dan suvenir yang disetujui Dinas Pariwisata Singapore, Patung Merlion telah menjalani kehidupannya sendiri dan telah benar-benar menjadi daya tarik pariwisata di Singapore, yang sanggup memukau pengunjung mancanegara dan penduduk lokal.

Bersama dengan patung The Little Mermaid yang terletak di atas batu laut di Kopenhagen, Denmark, referensi ke dongeng populer oleh Hans Christian Andersen, Merlion adalah salah satu representasi paling ikonik dari Singa dan ikan duyung yang digunakan sebagai simbol nasional Singapore.

Ikon Unik Daya Tarik Dunia

Patung Merlion Singapore dengan cepat menjadi sangat daya tarik sendiri bagi wisatawan sehingga dua Merlion dijadikan ikon penting Singapura untuk menikmati ketika liburan di Singapore. Yang paling populer berdiri dengan tinggi 8,6 meter dan berat sekitar 70 ton, disertai dengan yang lebih kecil atau anak Merlion dengan tinggi dua meter dan berat sekitar tiga ton.

Keduanya dibuat oleh Lim Nang Seng, berdasarkan desain oleh Kwan Sai Kheong. Mereka dibuat dan ditempatkan di muara Sungai Singapore pada tanggal 15 September 1972. Ketika Jembatan Esplanade selesai dibangun pada tahun 1997, itu menghalangi pandangan ke patung, yang harus dipindahkan sekitar 100 meter pada tahun 2002.

Saat ini berdiri di depan Fullerton Hotel, di tempat yang sekarang dikenal sebagai Waterboat House Garden, tepat di atas Marina Bay.

Bisnis lokal dengan basis pelanggan global, seperti Marina Bay Sands, hotel berbintang dan kasino terbesar di Singapore yang dibuka pada tahun 2006, telah memasukkan patung Merlion sebagai atraksi kota yang paling penting dalam upaya meningkatkan daya turis asing.

Ini juga merupakan salah satu tempat wisata wajib yang harus kamu kunjungi saat liburan ke Negara Singapore.

Biasanya, sebagian besar penyedia Jasa Traveling, mulai dari hotel Marina Bay Sands yang mewah hingga Apartemen Lucky Plaza yang lebih terjangkau, memasukkan Merlion dalam daftar saran mereka dan sering memberikan petunjuk kepada pengunjung tentang cara menuju ke sana dari tempat tersebut.

Meskipun patung setinggi 8,6 meter adalah yang paling menonjol, ada tujuh Patung Merlion lain yang disetujui secara resmi yang menggambarkan Merlion. Akan tetapi, yang paling menonjol adalah versi raksasa yang menghadap ke Pulau Sentosa.

Patung ini berdiri setinggi 37 meter dan merupakan rumah bagi dua galeri dari mana kamu dapat melihat panorama Singapore, satu terletak di lantai 9 di mulut Merlion dan satu lagi di kepala patung.

Gigi Merlion raksasa masing-masing mewakili salah satu dari berbagai kelompok etnis yang membentuk bagian dari Singapore, Melayu, India, Cina, dan Eurasia. Dengan begitu, Merlion tetap teguh pada statusnya sebagai simbol persatuan dan kebanggaan identitas Negara Singapore.

Beri Penilaian