6 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil

Jika kamu mempertimbangkan untuk memulai bisnis di bidang otomotif, tentunya kamu memiliki banyak pilihan, salah satunya adalah termasuk bisnis rental mobil.

Tapi sebelum itu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjalankan jenis bisnis ini? Ada berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan matang-matang, tetapi jika kamu meluangkan waktu untuk mempersiapkan dan mengikuti pedoman pada artikel berikut, jalan kamu menuju bisnis persewaan mobil yang sukses bisa lebih mulus.

Untuk membantumu mempersiapkan bisnis ini, kami telah membuat panduan tentang cara memulai bisnis persewaan mobil yang benar. Baca sampai akhir untuk mempelajari semua yang perlu kamu lakukan agar berhasil.

1. Pilih Jenis Bisnis Rental Mobil

Sebelum kamu akan memulai bisnis rental mobil, kamu perlu mengetahui jenis bisnis apa yang ingin kamu bangun. Kamu mungkin ingin memiliki waralaba, membangun merek sendiri, membeli bisnis yang sudah ada, atau bekerja sama dengan dealer mobil.

Setiap jenis bisnis rental mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya, kamu hanya perlu menemukan yang tepat sesuai kriteria kamu. Mari kita simak lebih dekat beberapa pilihan yang sesuai dengan kriteria bisnis yang akan kamu rintis.

Baca juga : Jasa Antar Jemput Carter Mobil di Surabaya

Waralaba

Jika kamu memutuskan persewaan mobil sistem waralaba, tentunya kamu harus bermitra untuk menggunakan nama merek dan model bisnis dari bisnis persewaan mobil yang ada. Pilihan untuk waralaba sewa mobil termasuk Gunung Mas, Sumber Kencono, Damai Jaya, dan banyak lagi lainnya. Ada kerugian dan keuntungan dari sistem waralaba yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengambil bisnis waralaba.

Salah satu keuntungan memulai sistem bisnis waralaba adalah kemudahan dalam mendirikan bisnis. Meskipun mungkin ada pengeluaran yang lebih tinggi, kamu akan mendapatkan dukungan tambahan dari nama merek yang terkenal dan sukses, serta panduan saat kamu meluncurkan dan mengembangkan lokasi kamu. Juga, kamu memiliki opsi pembiayaan waralaba untuk membantu meringankan sebagian dari beban pengeluaran ini.

Kekurangan menggunakan waralaba adalah kamu akan kehilangan hak penuh atas bisnis kamu dan mungkin menghadapi biaya yang lebih tinggi. Biaya daftar awal waralaba saja bisa mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu, pemilik waralaba akan memiliki kendali paling tinggi atas keputusan bisnis kamu, karena setiap merk waralaba akan mengikuti peraturan yang sama pada perusahaan induk.

Dealer

Pilihan lain untuk memulai bisnis persewaan mobil adalah membuat perjanjian dengan dealer mobil untuk menawarkan persewaan kepada pelanggan yang membawa mobil mereka untuk diperbaiki.

Model bisnis rental mobil seperti menawarkan kumpulan customer yang sangat terbatas untuk diajak bekerja sama, tetapi itu juga berarti kamu tidak memerlukan armada mobil yang besar untuk memulai, yang dapat menurunkan modal awal untuk memulai bisnismu.

Usaha kecil mandiri

Salah satu keuntungan memulai bisnis usaha kecil mandiri adalah kamu tidak terikat pada siapa pun. Kamu bisa membuat keputusan yang terbaik untuk dirimu dan bisnismu. Dengan tantangan tesedndiri itu, datanglah tanggung jawabmu atas jalannya bisnis usahamu. Jika kamu adalah satu-satunya pemilik bisnismu, kamu juga siap menghadapi masalah apa pun yang sedang dihadapi bisnis tersebut.

Kamu akan berpikir keras untuk membangun merek bisnismu dari bawah ke atas untuk menemukan pelanggan sambil bersaing dengan nama-nama besar (seperti waralaba yang kami sebutkan di atas). Juga, kamu akan membutuhkan banyak modal untuk mendukung pembelian dan operasi awal.

Bisnis Rental Mobil Yang Sudah Ada

Jika Anda tidak ingin membangun bisnis rental mobil dari bawah ke atas, tetapi kamu tidak menyukai batasan yang menyertai waralaba, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli bisnis persewaan mobil yang pemiliknya ingin menjual.

Kelebihan mengakuisi bisnis rental mobil yang sudah berjalan ialah struktur jaringan bisnis dasar yang sudah ada dan kemungkinan ada basis pelanggan setia yang mengikuti bisnismu.

Salah satu poin kekurangan dari membeli bisnis yang sudah ada adalah penelitian yang dibutuhkannya. Juga, kamu harus mencari tahu apakah bisnis tersebut berhasil karena memenuhi kebutuhan pasar di pasar yang tidak terlayani, atau jika keberhasilannya bergantung pada hubungan yang dibangun oleh owner bisnis sebelumnya.

2. Tentukan Target Pelanggan Kamu

Faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan ketika berpikir tentang bagaimana memulai bisnis rental mobil adalah jenis pelanggan yang akan kamu layani.

Target pelanggan dari bisnis rental mobil kamu dapat berupa:

  1. Wisatawan
  2. Peminjam mobil untuk dealer mobil atau montir mobil
  3. Sewa jangka panjang
  4. Penyewaan jangka pendek untuk pebisnis

Memastikan bahwa memang ada kebutuhan pasar untuk bisnismu adalah langkah pertama. Dan di luar itu, kamu dapat menentukan siapa target pasarmu dengan melihat lokasi domisili dan kebutuhan penduduk setempat. Setelah kamu mempertimbangkan terget pasar, Kamu dapat menginformasikan rencana bisnis, upaya pemasaran, dan lainnya dengan lebih baik dan tepat sasaran.

3. Tulis Daftar Rencana Strategi Bisnismu

Sekarang setelah kamu mengetahui jenis bisnis persewaan mobil yang akan kamu mulai dan menentukan target pelangganmu, Kamu siap untuk menulis rencana bisnismu. Rencana bisnis sangat penting bagimu dan calon investor atau mitra yang mungkin bekerja sama dengan bisnis rental mobil kamu.

Saat menulis rencana bisnismu, kamu pasti ingin menyusun rencana tentang bagaimana kamu akan mengubah idemu menjadi perusahaan yang menguntungkan. Ini akan menjadi perincian jenis bisnis sewa mobil yang kamu mulai, produk dan layanan apa saja yang akan kamu tawarkan, tarif apa yang akan kamu kenakan, berapa banyak modal awalmu yang kamu rencanakan untuk dimasukkan ke dalam bisnis, berapa banyak dana yang kamu miliki.

Pastinya, akan membutuhkan, garis besar rencana pemasaran mu, dan proyeksi keuangan untuk beberapa tahun ke depan. Dengan meluangkan waktu untuk memikirkan semua langkah ini, pada dasarnya kamu akan membuat peta jalan yang dapat dikonsultasikan selama fase awal bisnismu untuk membantumu tetap pada pakem yang benar.

4. Daftarkan Dan Lisensikan Bisnis Kamu

Setelah selesai pekerjaan internal ini, saatnya untuk menyelesaikan beberapa proses eksternal untuk membuat perusahaanmu legal secara hukum. Ini juga, termasuk memilih badan usaha dan mendaftarkannya ke Dinas Perdagangan Daerah di mana kamu akan menjalankan bisnis persewaan mobilmu.

Proses pendaftaran Merek akan bervariasi tergantung pada kebijakan Perda di tempatmu, tetapi ini biasanya dapat diselesaikan secara online melalui situs resmi dinas perdagangan atau kamar dagang dengan mengisi formulir yang sesuai dan membayar biaya nominal.

Entitas bisnis umum termasuk kepemilikan tunggal, LLC, dan korporasi. Meskipun kepemilikan tunggal adalah entitas yang paling mudah untuk didirikan (karena tidak perlu didaftarkan sama sekali), ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk bisnis persewaan mobil, karena kamu akan mengekspos aset pribadimu ke tindakan hukum apa pun yang diambil terhadap bisnismu.

LLC atau korporasi akan menurunkan risiko ini dan memisahkan bisnis dan aset pribadimu. Selanjutnya, kamu mungkin perlu mendapatkan lisensi dan izin bisnis yang sesuai melalui dinas perdagangan di tempatmu. Jika kamu belum berkonsultasi dengan notaris, ini saat yang tepat untuk memastikan kamu memiliki lisensi yang tepat untuk menjalankan bisnis rental mobil. Kamu juga harus mendapatkan asuransi bisnis yang sesuai untuk memastikan bisnismu terlindungi jika terjadi kecelakaan, bencana alam, dan lainnya.

5. Pisahkan Keuangan Bisnis

Setelah kamu mempersiapkan pendaftaran bisnismu, untuk medapatkan lisensi yang diperlukan, dan memiliki asuransi dalam pekerjaan, langkah selanjutnya untuk memulai bisnis rental mobil adalah menyiapkan keuangan perusahaan. Langkah pertama adalah memastikan bahwa bisnismu memiliki rekening giro sendiri, sehingga kamu dapat memisahkan keuangan bisnis dan pribadi.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa sangat penting untuk memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Bagaimanapun, bisnis adalah bisnismu, bukan? Yah, ada lebih dari itu. Kamu sangat memerlukan rekening bank bisnis untuk melindungi aset pribadimu. Jika kamu beroperasi sebagai LLC, rekening perbankan bisnis yang terpisah akan mencegah kreditur (dan, dalam hal tindakan hukum, mereka yang menuntutmu) untuk dapat mengejar aset pribadimu dan juga bisnismu. Juga, memiliki akun bisnis terpisah akan memudahkanmu untuk melacak kinerja keuangan perusahaan, membayar pajak, dan melacak keluar masuknya keuangan.

Setelah kamu memiliki rekening bank bisnis, kamu juga harus cari kartu kredit bisnis terbaik untuk kebutuhanmu. Kamu akan menggunakan kartu ini untuk semua pengeluaran terkait bisnismu, dan bergantung pada mana yang akan kamu pilih, kamu juga dapat menerima uang kembali, hadiah perjalanan, APR pengantar 0%, dan lainnya untuk membantu memaksimalkan uangmu.

Pinjaman Modal Bank

Mendapatkan persetujuan untuk pinjaman modal dari Bank bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk dicapai oleh sebagian besar pemilik usaha kecil. Itu tidak berarti bahwa kamu tidak bisa mendapatkan modal dalam hal pembiayaan usaha kecil dari Bank. Pilihan bagus lainnya untuk mengakses dana yang kamu butuhkan untuk membantu memajukan bisnis sewa mobil adalah pinjaman berjangka kredit berjangka usaha mikro.

Pinjaman berjangka memberi peminjam sejumlah uang tunai yang dapat mereka gunakan untuk tujuan bisnis yang sesuai. Bisnismu mungkin menjadi kandidat yang layak selama sudah ada dalam bisnis untuk sementara waktu, lalu kamu dan perusahaanmu memiliki nilai kredit yang baik. Tingkat bunga, persyaratan pembayaran, dan jumlah uang yang diberikan Bank pemberi pinjamanmu.

Kesimpulan

Ada banyak kotak untuk dicentang saat Anda memulai bisnis cuci mobil. Tapi, meluangkan waktu untuk melakukannya dengan benar sangat penting. Anda akan terhindar dari sakit kepala karena melakukan lebih banyak dokumen saat Anda menjalankan operasi sehari-hari, dan akan mempersiapkan diri Anda untuk sukses di masa depan juga.

Mengetahui bagaimana Anda berniat untuk menjalankan bisnis Anda, apa kebutuhan keuangan Anda, dan bagaimana Anda akan memenuhi semuanya dapat menempatkan Anda pada keuntungan yang berbeda.

Beri Penilaian