Tempat Wisata Pantai Sepi Gunungkidul Terfavorit

Jika Anda berkunjung ke wisata pantai, pasti sering sekali menemukan pantai yang sangat ramai dan padat wisatawan. Selain berisik dan terkadang mengganggu, pantai dengan banyak orang membuat Anda sering tidak kebagian tempat untuk berenang maupun beristirahat. Karena itulah banyak yang mencari pantai sepi Gunungkidul yang sebenarnya banyak tersebar.

Mengenal Pantai Sepi Gunungkidul

Pantai di Gunungkidul banyak menyajikan tempat yang teduh dan sejuk. Jika di pantai lainnya, banyak wisatawan yang datang untuk berfoto. Wisatawan yang datang ke Gunungkidul kebanyakan lebih mementingkan untuk mendapatkan ketenangan. Hal ini bukan tanpa alasan, banyak orang yang menobatkan Gunungkidul sebagai tempat dengan pantai sepi yang banyak digemari.

Selain cantik, pantai sepi Gunungkidul juga memiliki keunggulan lain yaitu tarifnya yang murah. Tidak seperti pantai yang ramai pengunjung namun tidak memiliki akses bebas untuk berwisata dan tarifnya yang lumayan mahal. Di Gunungkidul sendiri, lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung dengan memberikan tarif yang bisa dibilang sangat murah.

Keunggulan lain dari tempat wisata Jogja pantai di Gunungkidul adalah tempatnya yang bersih dan asri. Sebagian pantai yang ramai telah tercemar oleh kecerobohan pengunjung dengan membuang sampah berlebihan dengan asal-asalan. Bahkan tak jarang terdapat tempat khusus di pinggir pantai yang selalu digunakan orang untuk membuang sampah dengan berbagai jenis.

Berwisata ke pantai sepi Gunungkidul tidak semata-mata untuk bersenang-senang tetapi juga untuk membuat pikiran menjadi lebih fresh. Kepenatan yang dialami setiap orang akan langsung terangkat ketika sudah sampai di pilihan pantai sepi yang ada di Gunungkidul. Anda bisa mencoba membuktikan sendiri dengan datang ke salah satu pantainya.

Apalagi menurut data resmi yang ada, terdapat lebih dari 100 pantai yang ada di Gunungkidul. Anda bisa memilih sesuai keinginan Anda. Ada pantai dengan bukit, hutan, tempat makan, maupun bebatuan yang bisa Anda pilih. Terdapat berbagai jenis pemandangan yang bisa dilihat sesuai dengan sudut pandang pantai di Gunungkidul.

Pantai sepi Gunungkidul tidak selalu bertempat di sudut kota ataupun tempat terpencil. Banyak pantai sepi yang terletak dekat dan berjarak beberapa kilometer saja dari jalan raya. Namun akan lebih seru dan sepi jika Anda datang ke pantai dengan tempat yang terpencil. Di sana akan terdapat pemandangan tersembunyi yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Pantai Sepi Terfavorit

Jika Anda kebingungan dan tidak tahu mana tempat wisata dengan pantai yang masih sepi di Gunungkidul, baca beberapa referensi berikut ini. Namun Anda juga bisa memilih pantai dengan tarif yang paling terjangkau dengan pemandangan yang tidak bisa dihargai dengan rupiah oleh siapapun.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Terbaik Jawa Tengah

1. Wisata Pantai Sepi Gunungkidul Pantai Widodaren

Wisata Pantai Sepi Gunungkidul Pantai Widodaren

Tempat wisata ini sangat patut Anda kunjungi. Pantai yang masih sepi dengan suasana teduh dan sejuk ini sangat cocok untuk dijadikan objek wisata menenangkan pikiran. Widodaren yang berarti Bidadari sudah seperti mengistilahkan pantainya yang cantik seperti bidadari. Serta suasananya yang sangat menenangkan seperti bidadari yang menenangkan ketika dipandang.

Pasir pantainya yang putih dan masih bersih. Serta lautnya yang berwarna biru terang dengan tebing di sekitar pantai sangat nyaman untuk dikunjungi. Untuk sampai ke tempat ini pun Anda harus melewati beberapa anak tangga. Kenikmatan dan keindahan alamnya sangat cocok untuk dijadikan objek foto.

Maps :

2. Pantai Sedahan

Pantai sepi Gunungkidul selanjutnya adalah pantai yang berlokasi di Girisubo, Gunungkidul ini yang bernama Pantai Sedahan. Pemandangannya yang sangat elok dengan terdapat bukit kecil di samping pantainya. Karena terdapat dua bukit kecil di sampingnya itu juga membuat ombak yang datang akan terpecah dengan mudah.

Dengan ombak besarnya yang tidak sering datang, pantai ini menjadi sangat aman. Pemandangan yang disajikan juga sangat cocok untuk berfoto. Apalagi tempatnya yang bersih dan air pantainya yang jernih. Pantai ini akan cocok untuk dijuluki sebagai pantai pribadi yang murah dan tersembunyi.

Rute lokasi :

3. Pantai Kesirat

Pantai yang satu ini cukup unik jika disebut sebagai pantai. Alasannya tidak lain karena pantainya yang tidak memiliki pasir pantai. Tapi karena alasan ini pun banyak orang yang tidak tertarik untuk datang. Pantai unik ini juga menjadi pantai sepi Gunungkidul yang jarang dikunjungi bahkan untuk sekedar diketahui.

Walaupun pantai ini kurang populer daripada pantai lainnya, terdapat tebing yang ada di samping lautan. Bisa juga disebut sebagai perbatasan antara daratan dengan tebing dan lautan dengan pantai tanpa pasir. Tebingnya yang besar juga bisa dijadikan tempat duduk untuk menikmati pemandangan laut.

Peta lokasi Pantai Kesirat :

4. Pantai Jungwok

Pantai yang sangat panjang ini juga terletak di Gunungkidul. Pasirnya yang putih dan halus sangat bersih dan sangat cantik. Terdapat juga batu karang yang terletak di sisi pantai dengan ukuran yang sangat besar. Biasanya karang tersebut dijadikan masyarakat atau wisatawan sebagai tempat duduk untuk memancing. Bahkan Anda juga bisa berkemah di pinggir pantai Jungwok.

Rute lokasi :

5. Pantai Greweng

Pantai selanjutnya yang masih sepi pengunjung adalah Pantai Greweng. Pantai ini memiliki pesona indah walaupun belum banyak diketahui orang. Pantai yang bisa dijadikan tempat wisata pribadi ini memiliki beberapa penjual makanan. Anda bisa makan sambil menikmati pemandangan pantai dari gazebo yang disediakan maupun di pinggir pantai langsung.

Anda juga bisa berkemah atau camping di sekitar Pantai Greweng. Pemandangan yang indah terdapat pemandangan tambahan khas pedesaan. Seperti pemandangan ladang dan peternakan. Akan banyak masyarakat yang ada di sana, jadi usahakan untuk tetap bersikap ramah pada penduduk asli Gunungkidul tersebut.

Lokasi :

6. Pantai Ngrawah

Pantai yang tersembunyi ini terletak di Sapto Sari, Gunungkidul. Anda tidak akan menyangka keberadaan pantai ini karena tempatnya yang benar-benar tersembunyi. Alasannya, pantai ini terletak di balik persawahan atau ladang milik warga asli daerah Gunungkidul tersebut. Untuk sampai di pantainya pun tidak terlalu mudah.

Anda perlu melewati beberapa bebatuan dengan Medan yang naik dan turun. Bahkan terdapat beberapa hewan yang khas alam dan beberapa hewan ternak milik penduduk. Melewati perjalanan untuk sampai ke pantai tersebut membuat Anda dapat merasakan sensasi pedesaan yang sebenarnya. Pemandangan yang sangat indah tersebut dapat Anda temui dengan perjalanannya tadi kurang lebih 30 menit.

Peta lokasi Pantai Ngrawah :

7. Pantai Srakung

Pantai Srakung bukan hanya sepi dan jarang dikunjungi. Namun juga tersembunyi dan sulit untuk dikunjungi. Bagaimana tidak? Tempatnya yang terpencil terletak lumayan jauh dari jalan yang bisa dilewati sepeda motor. Jadi Anda perlu berjalan kaki sekitar 1 kilometer untuk mencapai tempat indah tersebut. Akan terdapat perbukitan yang menambah nilai plus pada pemandangan pantai Srakung.

Sesulit apapun medan yang harus dijalani, pantai selalu memberikan pemandangan yang memuaskan hati dan pikiran. Terutama Anda juga akan mendapatkan ketenangan yang baik jika datang ke pantai sepi Gunungkidul yang jarang diketahui. Minimnya wisatawan juga dapat membuat Anda menjadi nyaman.

Peta Lokasi Pantai Srakung :

Beri Penilaian